Senin, 11 Maret 2013

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero


Sejarah singkat PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero:
PT Kereta Api Indonesia adalah salah satu perusahaan transportasi darat tertua di Indonesia. Berdiri semenjak 17 Juni 1864 yang diprakarsai oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Mr. L.A.J Baron Sloet van den Beele.

Seiring perkembangannya, kini PT Kereta Api Indonesia menjadi salah satu perusahaan transportasi darat yang telah menjadi bagian dari kehidupan serta mobilitas masyarakat Indonesia, khususnya yang berada di Pulau Jawa dan Sumatra. Rangkaian kereta api yang disediakan oleh PT Kereta Api Indonesia terbagi menjadi 2 jenis, yaitu komersil dan non komersil yang masing-masing rangkaian tersebut melayani jasa angkutan di dua pulau seperti yang telah disebutkan diatas, yaitu terdiri dari:
- KA api eksekutif
- KA api ekonomi
- KA campuran (ekonomi dan eksekutif)
- KA ekonomi AC
- KA Lokal dan
- KA Listrik (Ekonomi AC dan Express)

Hingga kini PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero telah memiliki 6 anak perusahaan yang berkenaan dengan beberapa aspek penting pelayanan yang diberikan oleh KAI seperti restorasi, pelayanan cafe, kebersihan, pengembangan dan pengelolaan stasiun, pariwisata, jasa angkutan barang, pembangunan properti kereta api dan lain sebagainya. Anak perusahaan tersebut antara lain adalah:
PT. Reska Multi Usaha, PT. Railink, PT. KAI Commuter Jabodetabek, PT. KA Pariwisata, PT. KA Logistik dan PT. KA Property Management.

Pada saat ini aset dari PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero terdiri dari 343 lokomotif, 100 KRD (Kereta Diesel), 432 kereta listrik (KRL), 1.363 kereta serta 3.794 rangkaian gerbong. Dengan visi dan misi menjadi salah satu perusahaan penyedia jasa perkeretaapian yang memberikan pelayan terbaik bagi masyarakat, seiring waktu PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero pun berkembang menjadi perusahaan jasa layanan angkutan darat miliki negara yang kehadirannya begitu penting bagi masyarakat.

Alamat PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero:
Alamat Kantor: Jalan Perintis Kemerdekaan No. 1 Bandung 40117
Telepon: 022-4230031, 4230039, 4230054
Teleks: 28263, 28358
Fax: 022-4203342, Toka 10039
Pos: PO Box 1163 Bandung 40000
Website : www.kereta-api.co.id
Email : kontak_pelanggan@kereta-api.co.id

Lihat peta alamat PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero:

Lihat Peta Lebih Besar

Alamat lainnya yang terkait:



Tips blog