Senin, 27 Mei 2013

PT Astra Honda Motor (AHM)


Sejarah singkat PT Astra Honda Motor (AHM):

PT Astra Honda Motor (AHM) merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dibidang otomotif dan sekaligus menjadi salah satu perusahaan pelopor industri sepeda motor di Indonesia. PT Astra Honda Motor mengawali kiprahnya di bidang industri otomotif sepeda motor semenjak 11 Juni tahun 1971. Sebelum menggunakan nama Astra Honda Motor, perusahaan yang kepemilikan saham terbesarnya dikuasai oleh PT Astra Internasional ini bernama PT Federal Motor.

Mengawali bisnis dengan hanya merakit komponen, Federal Motor saat ini berkembang dan bergabung bersama dengan beberapa anak perusahaan dan kemudian tergabung dalam PT Astra Honda Motor atau yang disingkat menjadi AHM. Perusahaan-perusahaan tersebut kemudian dibagi lagi menjadi beberapa perusahaan dengan spesifikasi serta produksi komponen yang lebih spesifik seperti PT Honda Federal yang khusus memproduksi komponen dasar seperti roda, knalpot, rangka motor dan beberapa komponen lainnya, kemudian PT Honda Astra Engine Manufacturing yang memproduksi mesin, PT Showa Manufacturing Indonesia yang hanya memproduksi shockbreaker system atau peredam kejut dan yang terakhir adalah PT Federal Izumi Manufacturing yang detail spesifikasi produknya hanya berupa piston.

Debut Honda sebagai salah satu pelopor sepeda motor dengan nama S90Z merupakan sepeda motor yang pertama kali di produksi oleh Honda dan menggunakan mesin dengan tipe 4 langkah atau yang dikenal 4 TAK dengan kapasitas silinder 90cc yang laku terjual hanya 1500 (Q2) dan langsung meningkat hingga
Tipe sepeda motor yang pertama kali di produksi Honda adalah tipe bisnis, S 90 Z bermesin 4 tak dengan kapasitas 90cc. Jumlah produksi pada tahun pertama selama satu tahun hanya 1500 unit, namun melonjak menjadi sekitar 30 ribu pada tahun dan terus berkembang hingga saat ini. Sepeda motor terus berkembang dan menjadi salah satu moda transportasi andalan di Indonesia.

Saat ini kepemilikan saham PT Astra Honda Motor dikuasai sebanyak 50% oleh Honda Motor Co Japan dan 50% lainnya dimiliki oleh PT Astra International Tbk. Hingga saat ini, perusahaan penghasil sepeda motor terbesar di Indonesia ini terhitung telah memiliki karyawan yang kurang lebih berjumlah hingga 500.000 orang yang terbagi menjadi 15.000 karyawan PT Astra Honda Motor dan selebihnya dipekerjakan oleh 130 pabrik lainnya yang masih memiliki ikatan kerjasama dengan AHM dengan perkiraan rata-rata produksi mencapai hingga 4.200.000 unit sepeda motor pertahun.

Alamat PT Astra Honda Motor:

Jalan Yos Sudarso Sunter I - Jakarta Utara 14350
Telpon: 021 - 651 8080, 3041 8080 (Hunting)
Fax: 021 - 6503331

Peta alamat PT Astra Honda Motor:


Referensikan alamat ini ke teman?


Alamat lainnya yang terkait:



Tips blog