Senin, 26 Januari 2015

Makanan dan minuman yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi ibu hamil

Makanan dan minuman yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi ibu hamil. Saat-saat hamil merupakan momen yang menyenangkan sekaligus berharga karena pada saat ini sang ibu akan segera mendapatkan seorang buah hati yang sudah di idam-idamkan kehadirannya.

Selain disambut dengan penuh rasa suka cita, masa kehamilan juga kerap diliputi rasa kekhawatiran terutama dari sang bunda yang belum memiliki pengalaman seputar makanan-makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi selama masa kehamilan.

Sebenarnya tak banyak makanan dan minuman yang sebaiknya tidak di konsumsi oleh orang hamil karena pada dasarnya, ibu hamil memerlukan 300 kalori lebih banyak dibanding masa-masa normal sebelum kehamilan. Nah untuk meningkatkan kalori ini bukan berarti sang bunda bisa memakan segala jenis makanan dengan sepuasnya karena faktanya justru ibu hamil sangat dianjurkan untuk memperhatikan kualitas makanan yang dikonsumsinya, baik dari segi nilai gizi maupun jumlahnya.

Guna mendukung asupan gizi bagi sang ibu, berikut ini adalah beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi di masa kehamilan.

Makanan dan minuman yang baik dan boleh dikonsumsi ibu hamil

1. Makanan yang banyak mengandung serat tinggi, mineral dan vitamin seperti sereal, buah-buahan, sayur-sayuran hijau, roti gandung, pasta dan makanan berserat lainnya.

2. Minum dan makan produk yang mengandung susu yang kaya akan kalsium untuk mendukung kebutuhan kalsium harian untuk ibu hamil dengan jumlah rata-rata 1000-1300 miligram.

3. Konsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi. Misalnya daging tanpa lemak, sereal, ayam, bayam, kacang-kacangan untuk mendapatkan asupan zat besi harian dengan jumlah 27 miligram.

4. Mengkonsumsi makanan yang mengandung zat yodium dengan jumlah sebesar 250 mikrogram per hari sebagai zat yang berperan aktif membantu perkembangan otak dan sistem saraf sang bayi. Zat yodium banyak terdapat pada makanan seperti keju, kentang panggang, yogurt, ikan salmon dan udang.

5. Mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung 70 miligram vitamin C setiap hari. Vitamin C ini bisa Anda dapatkan dari berbagai jenis buah-buahan dan sayuran diantaranya seperti jeruk, strawberry, melon, anggur, pepaya, brokoli, paprika hijau, kembang kol, tomat, kubis dan sawi.

6. Ingin anak Anda cerdas?. Maka konsumsilah makanan yang mengandung zat folat dengan kadar asupan harian sebesar 0,4 miligram. Makanan yang menjadi sumber zat folat banyak terdapat pada sayur-sayuran dengan warna daun hijau gelap serta serta kacang-kacangan (kacang hitam, kacang lima, kacang polong dan buncis).

7. Mengkonsumsi makanan harian yang banyak mengandung vitamin A setiap hari. Beberapa bahan makanan yang bisa menjadi sumber vitamin A diantaranya seperti wortel, ubi jalar, labu parang, labu air, melon, aprikot dan lobak hijau.

Makanan dan minuman yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi saat sedang hamil
Makanan untuk orang hamil (image credits:pasarkpop.com)

Selain makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, ada juga makanan yang memang dilarang untuk dikonsumsi untuk ibu hamil, diantara adalah sebagai berikut:

Makanan dan minuman yang tidak baik dan sebaiknya dihindari ibu hamil

1. Jangan konsumsi alkohol karena akan berbahaya bagi perkembangan sang janin. Bahaya alkohol bagi ibu hamil diantaranya bisa menyebabkan kelahiran prematur pada bayi, keterbelakangan mental atau cacat fisik pada bayi.

2. Anda boleh mengkonsumsi teh atau kopi selama batas kafein tidak melebihi 300 miligram per harinya.

Menarik untuk dibaca: #Minuman kopi latte

3. Jangan mengkonsumsi makanan atau minuman yang menggunakan pemanis buatan karena zat yang terdapat pada pemanis buatan dikhawatirkan dapat menempel pada jaringan janin.

4. Sebaiknya Anda membatasi asupan kolesterol dengan batas toleransi harian maksimal 300 miligram.

5. Sebaiknya menghindari makanan yang mengandung kadar merkuri yang tinggi seperti ikan todak, kakap putih atau kerang terutama yang berasal dari perairan laut Jakarta yang tinggi kadar merkurinya.

6. Jangan mengkonsumsi ikan mentah atau kerang jenis tiram yang masih mentah karena dikhawatirkan masih mengandung bakteri atau mikro-organisme hidup yang berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya.

7. Jangan mengkonsumsi sembarang obat saat sedang sakit. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu kepada bidan atau dokter kandungan

Makanan dan minuman yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi ibu hamil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tri Haryadi

Tentang GudangAlamat.Com

Selamat datang di gudangalamat.com situs penyedia pencarian alamat dan objek wisata di Indonesia dan dunia. Untuk mencari data alamat perusahaan maupun alamat lain yang ingin Anda cari, gunakanlah kolom pencarian alamat pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

Gudangalamat.com menyediakan direktori alamat perusahaan/kantor, database email dan nomor telpon penting di Indonesia, cari alamat perusahaan, cari nomer telepon, cari peta alamat dan lain sebagainya yang terangkum dalam database direktori alamat yang ada di gudangalamat.com