Sabtu, 28 Maret 2015

5 tempat wisata di Aceh yang wajib di kunjungi oleh wisatawan

5 tempat wisata di Aceh yang wajib di kunjungi oleh para wisatawan. Pulau Sumatera memiliki begitu banyak tujuan wisata yang dapat dikunjungi oleh para turis. Sebut saja Danau Toba di Sumatera Utara, Jam Gadang di Sumatera Barat, Sungai Musi di Sumatera Selatan atau Teluk Kiluan yang berlokasi di Lampung.

Namun selain tujuan-tujuan wisata yang terdapat di pulau Andalas ini, pulau ini juga masih memiliki pesona wisata lainnya yang juga tak kalah cantik, yaitu Aceh. Aceh merupakan sebuah wilayah yang memiliki masyarakat yang sangat religius sehingga kerap dijuluki sebagai Kota Serambi Mekkah. Tak hanya menjadi tujuan wisata religi, Aceh juga memiliki keragaman wisata alam dan pantai yang begitu elok dan memikat. Setidaknya ada 5 tujuan wisata menarik yang sayang untuk Anda lewatkan saat berkunjung ke Aceh, diantaranya sebagai berikut:

1. Pesona wisata Pulau Weh yang sekaligus menjadi pulau terluar Indonesia bagian barat

Pulau yang terletak di ujung barat Indonesia ini begitu sangat digemari oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Mengunjungi Pulau Weh, berarti Anda juga harus mengunjungi Tugu Nol Kilometer. Memiliki pengalaman menginjakkan kaki di ujung paling barat Indonesia tentu akan memberikan kesan yang mendalam, terlebih lagi setelah mendapatkan sertifikat dari pihak pengelola Tugu Nol Kilometer yang menandakan bahwa Anda pernah menginjakkan kaki di ujung barat Indonesia, tentu hal ini akan menjadi pengalaman yang berharga dalam hidup Anda.

Di Pulau Weh, Anda juga dapat mengujungi Kota Sabang yang terkenal karena terdapat di dalam lirik lagu nasional "Dari Sabang Sampai Merauke". Selain Tugu Nol Kilometer, wisatawan juga masih memiliki banyak tujuan wisata lainnya yang dapat dikunjungi ditempat ini. Diantaranya seperti Pantai Anoi Itam yang berada tidak jauh dari Pelabuhan Balohan. Sesuai namanya, pantai ini memiliki pasir hitam serta situs peninggalan benteng Jepang yang masih dalam keadaan kokoh dan lestari. Sedangkan bagi wisatawan yang gemar dengan olahraga menyelam atau snorkeling, Pantai Gapang adalah spot terbaik. Ditempat ini juga terdapat sebuah pantai bernama pantai Iboih dan  Pantai Sumur Tiga yang memiliki air jernih yang berpasir putih. Berada tidak jauh dari Pantai Iboih, terdapat Pulau Rubiah yang memiliki alam bawah laut nan cantik untuk di jelajahi.

Menarik lainnya: #Tempat wisata di Indonesia yang berhubungan dengan mitos awet muda



2. Pantai Iboih, pantai dengan daya tarik pasir putih dan alam bawah laut yang menakjubkan

Meskipun pantai ini termasuk ke dalam wilayah Pulau Weh, Pantai Iboih seakan memiliki penggemar tersendiri. Dibanding ketiga pantai lainnya, Pantai Iboih memang yang paling digemari sekaligus paling banyak dikunjungi wisatawan. Pantai ini terkenal dengan pasir putih, alam bawah laut hingga pemandangan matahari terbit dan terbenam yang begitu indah saat cuaca sedang cerah.

Untuk menikmatinya, tentu wisatawan harus bermalam. Oleh karena itu, ambillah penginapan dengan posisi menghadap ke pantai. Cukup dengan membuka jendela kamar, wisatawan telah dapat menikmati cantiknya matahari terbit di Iboih. Bangunlah pada pukul 05.00-06.00 agar tidak ketinggalan matahari terbit. Setelah itu, nikmatilah air Pantai Iboih yang jernih di pagi hari sambil melakukan berbagai aktivitas pantai yang menyenangkan.



3. Taman Nasional Gunung Leuser dengan hamparan pemandangan hijau yang membentang luas

Taman nasional yang terletak di Aceh dan Sumatera Utara ini memiliki pemandangan alam yang serba hijau dan aktivitas arung jeram yang begitu menantang. Selama berada di Taman Nasional Gunung Leuser, wisatawan dapat menikmati wisata alam sembari menjelajahi setiap detilnya termasuk mengunjungi habitat orangutan yang masih sangat asri, melihat penampakan tanaman Kantong Semar,  melakukan arung jeram di Sungai Alas serta mampir ke Bukit Cinta. Pemandangan yang indah dan suasana yang sejuk membuat lokasi yang disebut Bukit Cinta ini sangat cocok untuk dikunjungi oleh pasangan kekasih untuk diabadikan.



4. Masjid Raya Baiturrahman salah satu masjid yang lolos dari bencana Tsunami Aceh 2014

Siapa yang tidak kenal dengan masjid ini?. Kejadian Tsunami di tahun 2004 yang lalu telah membuat Masjid Raya Baiturrahman menjadi tersohor karena tetap berdiri kokoh meskipun telah diterjang hantaman bencana tsunami. Selain karena peristiwa itu, bentuk bangunan masjid juga membuat masjid ini menjadi salah satu masjid terbesar di ASEAN. Di halaman depan masjid, wisatawan dapat menyaksikan pohon kurma dan kolam besar. Saat mengunjungi Masjid Raya Baiturrahman, pastikan Anda mengenakan busana yang sopan dan pantas yaitu pria dapat mengenakan celana panjang sedangkan bagi yang wanita mengenakan pakaian tertutup dan hijab.



5. Museum Tsunami Aceh, wisata kenangan bencana tsunami yang meluluhlantakkan Aceh

Bangunan megah dan modern yang dikenal sebagai Museum Tsunami Aceh ini menampilkan banyak kenangan dan diorama mengenai bencana Tsunami yang terjadi di Aceh sebelas tahun lalu yang telah meluluhlantakkan Kota Serambi Mekkah ini. Di dekat pintu masuk, wisatawan dapat menyaksikan helikopter Polda Aceh yang rusak parah akibat dihantam gelombang tsunami.

Menelusuri lorong museum, wisatawan akan mendapati suasana yang gelap, suara jeritan kepedihan dan air yang mengucur dari tembok yang sangat mengejutkan. Suasana ini menggambarkan betapa kejadian tsunami yang dulu terjadi begitu memilukan hati sehingga wisatawan diajak untuk merasakan kepanikan dan ketakutan yang dirasakan oleh masyarakat Aceh saat Tsunami melanda.

Tempat wisata menarik lainnya: #Tempat wisata di Bali yang wajib untuk di kunjungi

Memasuki bagian dalam museum, wisatawan dapat menyaksikan Memorial Hall dan  The Light of God yang merupakan ruangan untuk berdoa. Sedangkan di lantai dua terdapat ruang dokumentasi dan cafe. Menapaki lantai ketiga terdapat ruangan multimedia. Perlu untuk diketahui, sang arsitek museum ini adalah Bapak Ridwan Kamil yang kini menjabat sebagai Walikota Bandung. Museum ini seakan menjadi pertanda nyata bahwa sesungguhnya Indonesia memiliki anak bangsa yang mampu menghasilkan karya yang luar biasa mengagumkan.



Demikianlah ulasan mengenai tempat wisata di Aceh yang wajib di kunjungi oleh para wisatawan. Pastikan Anda mengunjungi spot-spot wisata tersebut agar liburan Anda di Aceh semakin lengkap.

5 tempat wisata di Aceh yang wajib di kunjungi oleh wisatawan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tri Haryadi

0 komentar:

Tentang GudangAlamat.Com

Selamat datang di gudangalamat.com situs penyedia pencarian alamat dan objek wisata di Indonesia dan dunia. Untuk mencari data alamat perusahaan maupun alamat lain yang ingin Anda cari, gunakanlah kolom pencarian alamat pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

Gudangalamat.com menyediakan direktori alamat perusahaan/kantor, database email dan nomor telpon penting di Indonesia, cari alamat perusahaan, cari nomer telepon, cari peta alamat dan lain sebagainya yang terangkum dalam database direktori alamat yang ada di gudangalamat.com