Selasa, 24 Maret 2015

6 tempat wisata di Indonesia yang berhubungan dengan mitos awet muda

6 tempat wisata di Indonesia yang berhubungan dengan mitos awet muda. Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya dan serta terkenal dengan kearifan lokalnya. Bahkan nama Indonesia saat ini telah menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup populer di dunia. Namun kepopuleran Indonesia ternyata bukan hanya karena wisata pantainya yang eksotis atau pun wisata alam yang indah saja. Indonesia juga terkenal dengan spot-spot wisata yang berhubungan dengan mitos. Bagi sebagian besar orang Indonesia, wisata yang berhubungan dengan mitos tentu sudah bukan hal yang asing lagi.

Bahkan sebagian besar masyarakat berusaha mengunjungi tempat-tempat yang erat kaitannya dengan mitos. Salah satu tempat yang menarik untuk para pencari ini adalah tempat yang konon dapat membuat awet muda. Boleh percaya boleh tidak, namun biasanya tempat-tempat seperti ini memiliki air yang dapat digunakan untuk membasuh wajah ataupun diminum yang konon dapat membuat seseorang jadi awet muda. Lalu, dimana sajakah tempat-tempat itu? Ini dia ulasannya.

1. Museum Ullen Sentalu di Yogyakarta

Di Yogyakarta, tepatnya di kawasan wisata Kaliurang terdapat sebuah museum bernama Museum Ullen Sentalu. Museum ini menyajikan pengetahuan mengenai seni dan budaya Jawa. Memang di sini tidak terdapat mata air seperti di sendang ataupun air terjun, namun di sini para wisatawan dapat menikmati segelas minuman spesial bernama Ratu Mas

Sepuasnya menjelajahi Museum Ullen Sentalu, wisatawan akan disuguhi minuman Ratu Mas yang terbuat dari 7 bahan alami yang dipercaya dapat memberikan kesehatan dan membuat awet muda. Bagaimana, ingin mencobanya?.



2. Gua Pindul di Yogyakarta

Selain terkenal dengan pantai-pantai cantiknya. Yogyakarta juga memiliki wisata gua yakni Gua Pindul yang berlokasi di Desa Bejiharjo, Gunung Kidul. Di gua ini wisatawan diajak untuk menyusuri gua bawah tanah yang dialiri sungai, merasakan terangnya cahaya matahari di dalam gua lewat atap gua yang terbuka dan menikmati keindahan stalaktit dan stalakmit yang terdapat pada pinggir-pinggir gua.


Selain menawarkan keseruan menyusuri gua, Gua Pindul juga menawarkan tetesan air yang konon dapat membuat seseorang menjadi awet muda. Tetesan air ini berasal dari salah satu stalaktit yang bernama Ceruk Mini. Konon siapa pun wanita yang meminum tetesan air Ceruk Mini ini bisa menjadi awet muda.



3. Pemandian Wendit di Malang, Jawa Timur

Pemandian yang berlokasi di Malang ini selalu ramai dikunjungi wisatawan terutama setiap bulan Syawal dalam Kalender Islam. Di lokasi pemandian ini wisatawan dapat bermain bersama beberapa ekor kera yang jinak dan atraktif. Kehadiran kera-kera ini tentu bisa memberikan sensasi yang berbeda bagi para wisatawan.

Lanskap hijau yang terdapat di Wendit membuat pemandian ini memiliki "hiasan alam" yang cantik dan membuat suasana mandi terasa jauh lebih enak. Penduduk lokal sangat percaya bahwa siapapun yang mandi di Pemandian Wendit kelak akan berumur panjang, awet muda, sembuh dari penyakit, murah rezeki dan enteng jodoh. Atas semua mitos berkah ini, Pemandian Wendit pun kini selalu ramai dikunjungi wisatawan.



4. Candi Belahan Sumber Tete di Malang, Jawa Timur

Masih di Jawa Timur, sebuah candi di lereng timur Gunung Penanggungan menarik perhatian. Candi ini disebut Candi Belahan atau Candi Sumber Tete'. Namanya memang cukup gimana gitu, namun masyarakat menyebutnya karena candi tersebut memiliki arca Dewi Laksmi yang mengeluarkan air di dadanya yang langsung turun dan jatuh ke kolam yang terdapat di bawahnya.

Konon, kolam ini merupakan pemandian para istri dan selir Prabu Airlangga dan dipercaya dapat membuat awet muda. Maka itu, tidak jarang wisatawan yang datang dengan tujuan utama mandi di kolam pemandian ini dan acara berfoto bersama arca Dewi Laksmi pun menjadi hal yang wajib dilakukan.



5. Air Terjun Sedudo di Nganjuk, Jawa Timur

Air terjun yang berlokasi di Nganjuk ini memang tidak pernah sepi pengunjung. Masyarakat setempat meyakini bahwa Air Terjun Sedudo memiliki kekuatan supranatural, dimana setiap bulan Suro akan membawa berkah dan menjadikan seseorang awet muda. Oleh karena itulah, setiap bulan Suro wisatawan selalu memadati Air Terjun Sedudo guna melakukan ritual mandi. Selain itu, air terjun ini juga digunakan sebagai tempat upacara pemandian arca dalam ritual Parna Prahista.



6. Taman Narmada di Nusa Tenggara Barat

Puas menjelajahi situs-situs “Awet muda” di Jawa, mari beranjak menuju Nusa Tenggara Barat. Di sana terdapat Taman Narmada yang berlokasi di Desa Lembuah, Lombok Barat. Konon pada jaman dahulu kala di lokasi ini Anak Agung Ngurah Karangasem selaku Raja Mataram Lombok membangun taman ini sebagai tempat alternatif dilangsungkannya acara Pakelem setiap purnama kelima pada Tahun Caka.

Selain sejarahnya dan lanskap cantiknya, Taman Narmada juga memiliki satu kolam yang dipercaya dapat menjadikan awet muda dan mengencangkan kembali kulit yang telah kendur. Selain itu, air Taman Narmada mengandung mineral yang tinggi sehingga sangat menyegarkan. Namun tidak semua wisatawan dapat langsung menikmati airnya.

Sebelumnya, wisatawan harus menjalani beberapa ritual terlebih dahulu. Dari Taman Narmada, wisatawan dapat melihat pemandangan Gunung Rinjani dengan jelas. Sungguh membuat taman Narmada memiliki lanskap yang cantik dan sempurna. Bahkan bisa di ibaratkan jika Taman Narmada ini merupakan Taman Sari versi Lombok Barat.


Nah, itulah 6 tempat wisata di Indonesia yang berhubungan dengan mitos awet muda yang bisa Anda kunjungi saat liburan. Tempat-tempat wisata ini sebagian besar adalah legenda cerita rakyat yang kemudian menjadi salah satu kearifan budaya lokal yang terus ada hingga kini.

Sebagai manusia yang beriman dan memiliki kepercayaan terhadap Sang Pencipta, tentu mitos-mitos semacam ini bukanlah sesuatu yang harus dipercayai karena sejatinya semua terjadi atas kehendak-Nya.

6 tempat wisata di Indonesia yang berhubungan dengan mitos awet muda Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tri Haryadi

Tentang GudangAlamat.Com

Selamat datang di gudangalamat.com situs penyedia pencarian alamat dan objek wisata di Indonesia dan dunia. Untuk mencari data alamat perusahaan maupun alamat lain yang ingin Anda cari, gunakanlah kolom pencarian alamat pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

Gudangalamat.com menyediakan direktori alamat perusahaan/kantor, database email dan nomor telpon penting di Indonesia, cari alamat perusahaan, cari nomer telepon, cari peta alamat dan lain sebagainya yang terangkum dalam database direktori alamat yang ada di gudangalamat.com