Selasa, 21 April 2015

5 lokasi tempat liburan agrowisata di Indonesia

5 lokasi tempat liburan agrowisata di Indonesia. Berwisata tidak hanya soal berjalan dan membuang penat, tapi juga memperkaya pengalaman dan pengetahuan. Itulah yang seharusnya menjadi konsep berwisata para pelancong.

Agrowisata adalah salah satu konsep wisata yang memadukan hiburan dan edukasi dengan mengajak para wisatawan untuk berjalan mengelilingi perkebunan dan mengenalkan beragam flora umum dan langka. Memang Indonesia tidak memiliki banyak wisata berbasis perkebunan, namun anda tetap dapat mempelajari keragaman flora dengan mengunjungi beberapa agrowisata berikut.

1. Agrowisata Gunung Mas Puncak
Agrowisata ini merupakan milik PTPN di Jalan Raya Puncak. Di dalamnya, anda dapat mengikuti beberapa kegiatan dengan ditemani oleh pemandu, seperti tea walk yaitu perjalanan mengelilingi kebun teh hijau dan melihat bagaimana cara memetik daun teh yang tepat. Anda dapat memilih salah satu dari 3 rute yang disediakan yaitu 4, 6, dan 8 kilometer. Selain itu, anda juga dapat berkuda mengelilingi kebun teh atau melakukan terbang layang.

Satu yang tidak boleh terlewatkan adalah mengunjungi pabrik teh, dimana anda dapat mempelajari proses pembuatan teh mulai dari pemetikan daun hingga menjadi teh yang siap dinikmati. Anda tahu Teh Walini?. Di sinilah teh itu diproduksi. Puasa menjelajahi pabrik teh, anda dapat bersantai di tea café yang menjual teh dan makanan.



2. Agrowisata Turi Sleman
Sleman yang dikenal sebagai sentra salak pondoh memiliki agrowisata bernama Turi. Di agrowisata ini anda dapat memetik salak pondoh secara langsung dari pohonnya dengan peraturan, setiap orang hanya boleh memetik 5 buah untuk langsung dimakan di dalam kebun. Sambil menikmati kenikmatan buahnya, pemandu akan memaparkan seluj-beluk salak pondoh, seperti macam salak yang dibudidayakan, morfologi salak tersebut, jenis salak, dan rasa salak mana yang lebih enak.

Pemandu juga akan mengajarkan cara memetik salak yang tepat yaitu dengan memutirnya secara perlahan. Jangan menarik buah salak dengan kasar karena buah akan cepat membusuk. Sayangnya Agrowisata Turi tidak melayani pembelian salak, sehingga anda harus membelinya di sekitar kawasan agrowisata, tentunya dengan harga yang relatif murah.



3. Agrowisata Kusuma Malang
Berdiri pada tahun 1991, Agrowisata Kusuma menjadi salah satu pionir agrowisata Indonesia. Di sini, anda dapat mengelilingi kebun buah dengan ditemani pemandu. Ada banyak buah bebas pestisida di agrowisata ini, seperti apel, buah naga, stroberi, jeruk, jambu merah, dan sayur hidroponik. Sama seperti di Agrowisata Turi, pemandu Agrowisata Kusuma juga akan memaparkan proses budidaya tanaman-tanaman di agrowisata dan hal-hal terkait lainnya. Berada di ketinggian 1000 meter dpl, kawasan ini berudara sejuk dan segar.

Menarik lainnya: #7 tempat nongkrong paling asyik di Bali

Selain dapat memetik buah secara langsung dari pohonnya, anda juga dapat menikmati aktivitas lain seperti bermain flying fox, mini train, high ropes games, fun fishing, dan air softgun battle atau dapat juga bermain air di waterpark kusuma. Sepuasnya bermain, jangan lupa bersantap saji di kedai-kedai Agrowisata Kusuma yang masing-masingnya memiliki kekhasan, yaitu Kedai Alamanda yang menyajikan makanan-minuman umum, Kedai Stroberi yang menyajikan makanan-minuman serba stroberi, dan Kedai Apel yang menyajikan makanan-minuman serba apel.



4. Agrowisata Kebun Teh Wonosari
Berada di ketinggian 1250 meter dpl, kawasan Agrowisata Kebun Teh Wonosari bersuhu sejuk. Agrowisata ini sangat cocok untuk anda yang ingin menghabiskan waktu akhir pekan bersama keluarga. Di sini, anda dapat berjalan kaki menikmati keindahan perkebunan teh sambil menghirup udara segar, menyaksikan aktivitas pemetik the, dan mempelajari bagaimana pengolahan pucuk-pucuk teh tersebut hingga menjadi teh yang siap dikonsumsi.

Selain itu, masih ada aktivitas lainnya yang dapat dicoba di Agrowisata Kebun Teh Wonosari yaitu berkuda, bersepeda, bermain sepakbola, tenis, voli, berenang, dan melakukan outbond. Bagi anak-anak juga tersedia Taman Bermain, Kereta Mini, dan Kebun Binatang Mini.



5. Agrowisata Lembah Napu Poso
Agrowisata tidak hanya di Pulau Jawa. Di Sulawesi Tengah, anda dapat menemukan Agrowisata Lembah Napu yang ditanami banyak sayuran dan buah. Dengan udaranya yang sejuk, dijamin anda akan betah berlama-lama mengelilingi tempat wisata dengan hamparan kebun sayur dan buah ini. Selain itu, anda juga dapat menikmati keindahan hamparan padang rumput dan berkemah di Danau Tambing.


Demikianlah beberapa lokasi agrowisata di Indonesia yang bisa menjadi pilihan anda saat berwisata berkeliling Indonesia. Selamat berwisata dan semoga liburan anda menyenangkan!.

5 lokasi tempat liburan agrowisata di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tri Haryadi

0 komentar:

Tentang GudangAlamat.Com

Selamat datang di gudangalamat.com situs penyedia pencarian alamat dan objek wisata di Indonesia dan dunia. Untuk mencari data alamat perusahaan maupun alamat lain yang ingin Anda cari, gunakanlah kolom pencarian alamat pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

Gudangalamat.com menyediakan direktori alamat perusahaan/kantor, database email dan nomor telpon penting di Indonesia, cari alamat perusahaan, cari nomer telepon, cari peta alamat dan lain sebagainya yang terangkum dalam database direktori alamat yang ada di gudangalamat.com