Jumat, 24 April 2015

5 Tempat Makan Enak Sekaligus Unik Di Jogjakarta

5 Tempat Makan Enak Sekaligus Unik Di Jogjakarta. Jogja yang istimewa tidak hanya kuat dalam keramahan, tempat-tempat bersejarah, pusat perbelanjaan, wisata alam dan angkringannya saja. Lebih dari itu, Jogja memiliki tujuan wisata kuliner yang unik dan berbeda dari biasanya.

Saat Anda berada di Jogja, cobalah untuk mendatangi tempat-tempat makan uniknya juga. Ada yang kental dengan budaya dan kesederhanaaan khas Jogja. Ada juga yang mewah namun tetap unik. Berikut 6 tempat makan unik yang harus kamu sambangi saat di Jogja.

1. House of Raminten
Tempat ini merupakan salah satu ikon wisata Jogja. Sesampainya di tempat, atmosfer Jawa yang kental akan menyambut Anda, seperti bau dupa dan alunan gendang Jawa. Adapun sebagian besar menu House of Raminten adalah menu-menu Angkringan seperti nasi kucing dan aneka sate. Hanya bedanya, penyajian House of Raminten lebih elegan, dimana semua makanan  disajikan di atas piring.

Selain menu khas Angkringan, House of Raminten juga menyajikan makanan dan minuman lainnya seperti nasi liwet, ayam koteka, es kelapa muda, dan wedang uwuh. Perlu diketahui, House of Raminten ini hanya dapat ditemukan di Jogjakarta, karena niat sang pemilik adalah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Jogjakarta. House of Raminten dapat Anda temukan di tiga tempat yaitu di Kotabaru, Jalan Magelang, dan Jalan Kaliurang.

House of Raminten Jogja


2. Kedai Rumah Pohon 
Ingin merasakan sensasi makan di ketinggian? Cobalah mengunjungi Kedai Rumah Pohon Mas Dewo di Blunyahrejo. Kedai Rumah Pohon ini berupa bangunan bambu berlantai dua yang artistic dan menyerupai rumah pohon. Di kedai ini, Anda dapat menyantap makanan-makanan berat seperti Iga Bakar, Iga Brongkos, Brongkos Keraton, Gurameh Bakar, Nasi Guendheng, Gulai Goreng, Jamur Tiram Tepung, Penyetan, Sate Udang Bakar, Sambal Leak, Es Teller 21, Jus Buah, dan Wedang.

Selain menampilkan keunikan dari segi arsitektur, Kedai Rumah Pohon Mas Dewo juga menghadirkan Gardu Pandang. Dari Gardu Pandang ini, Anda dapat menikmati keindahan Gunung Merapi dari kejauhan, namun waktunya hanya terbatas hingga sore hari.

Menarik lainnya: #Daftar obyek wisata lengkap di Jogjakarta 

Kedai Rumah Pohon Jogja


3. Kedai Rakjat Djelata
Sekilas dari namanya, pikiran Anda pasti akan tertuju pada suasana rumah makan yang benar-benar jelata. Dan memang benar, suasana Kedai Rakjat Djelata seperti warung makan tempo dulu dimana penyajian makanannya dilakukan di atas piring kaleng. Uniknya lagi, para pegawai kedai ini mengenakan pakaian khas Jawa yaitu kaos singlet putih, training batik, dan blangkon. Tembok kedai ini hanya diplester, di dindingnya terdapat aneka uang kertas palsu zaman dulu, dan tulisan pada menunya bergaya lampau.

Di Kedai Rakyat Djelata ini, Anda dapat menyantap sajian khas Jawa seperti oseng-oseng mercon, sayur oseng, dan aneka sate khas Angkringan. Setiap hari Kedai Rakjat Djelata menghadirkan menu yang berbeda. Namun roti bakar dan es selalu ada setiap hari. Dua makanan favorit di kedai ini adalah Roti Bakar Stroberi Keju yang menggunakan Gula Jawa sebagai pemanis utama dan Es Kembang Desa yang mencampurkan kolang-kaling, buah sawo, dan gula batu. Untuk merasakan sensasi makan tempo dulu, Anda dapat mengunjungi Kedai Rakjat Djelata di Jl. Dr. Sutomo 54.

Kedai Rakjat Djelata Jogja


4. Kampung Arab
Merasakan suasana Arab di tengah Kota Jogja? Tentu bisa. Anda dapat mengunjungi Kampung Arab. Interior bangunannya didominasi oleh warna merah dan hitam dan kubah-kubah Timur Tengah. Di sini Anda dapat memilih ingin duduk di kursi atau duduk lesehan di karpet dengan ditemani guling khas Arab. Kampung Arab menyediakan menu khas Timur Tengah seperti nasi kebuli, nasi campur, nasi goreng kambing, pastel daging cabe ijo, sate sapi, kebab, dan roti kering isi telur dan bawang Bombay.

Kampung Arab Jogja


5. Bong Kopitown
Nah ini yang menarik, kafe dengan suasana penjara bernama Bong Kopitown. Kafe penjara ini menghadirkan para pelayan yang mengenakan pakaian khas Narapidana, sipir penjaga meja kasir, dan peralatan makan berbahan aluminium. Begitu duduk, pelayan akan mendatangi Anda dengan memberikan koran yang berisi menu makanan.

Bong Kopitown sendiri menyajikan menu khas peranakan Cina seperti nasi dan sayur cap cay, sapo tahu, mi medan, rendang dengan 8 level kepedasan. Ada juga menu Pontianak Crab Noodle, dimana mi-nya diambil langsung dari Pontianak. Selain itu, Bong Kopitown juga menyajikan menu santai seperti rujak Singkawang, kopi tetes, dan Ice Lychee Tea. Datanglah ke Jalan Sagan 3 dan jadilah narapidana berbahagia di sana.



Nah, itulah beberapa lokasi tempat makan enak dan sekaligus unik yang ada di Jogjakarta. Selain di Jogja, hampir setiap daerah juga memiliki tempat wisata kuliner atau tempat nongkrong yang asyik, beberapa diantaranya juga terdapat di Bali.

Menarik lainnya: #7 tempat nongkrong asyik di Bali

Anda juga bisa menyambangi beberapa tempat nongkrong yang asyik di Pulau Dewata. Jika Anda liburan kesana, jangan lupa untuk menyinggahi tempat-tempat tersebut dan merasakan sensasinya.

5 Tempat Makan Enak Sekaligus Unik Di Jogjakarta Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tri Haryadi

0 komentar:

Tentang GudangAlamat.Com

Selamat datang di gudangalamat.com situs penyedia pencarian alamat dan objek wisata di Indonesia dan dunia. Untuk mencari data alamat perusahaan maupun alamat lain yang ingin Anda cari, gunakanlah kolom pencarian alamat pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

Gudangalamat.com menyediakan direktori alamat perusahaan/kantor, database email dan nomor telpon penting di Indonesia, cari alamat perusahaan, cari nomer telepon, cari peta alamat dan lain sebagainya yang terangkum dalam database direktori alamat yang ada di gudangalamat.com