Jumat, 24 April 2015

5 Tempat Wisata Gua Unik di Indonesia

5 Tempat Wisata Gua Unik di Indonesia. Keindahan negeri ini memang sudah tak diragukan lagi bahkan sudah sangat terkenal di berbagai belahan dunia. Indonesia sangat kaya akan keindahan alam yang tidak ada duanya di daerah mana pun di dunia, diantaranya seperti gunung-gunung, danau dan hutan tropis.


Selain itu, tahukah kamu bahwa gua-gua di Indonesia tidak kalah menakjubkan? Letaknya yang berada di perut bumi, akan membuatmu dapat menyaksikan keindahan alami seperti stalaktit dan stalakmit. Jika selama ini gua selalu identik dengan tempat menyeramkan, percayalah pandanganmu akan berubah setelah menyusuri ke-5 gua ini. Berikut adalah 5 gua unik dan indah di Indonesia.

1. Gua Jomblang di Yogyakarta

Yogyakarta memiliki satu gua yang populer yang berlokasi di Desa Jetis, Kabupaten Gunung Kidul. Untuk dapat menyusuri Gua Jomblang, kamu harus menyediakan caving gua single rope. Namun jangan khawatir, kamu yang masih pemula tetap dapat menyusuri gua dengan panduan dari instruktur berpengalaman yang akan menjamin keselamatanmu. Memang aktivitas caving gua cukup mendebarkan untuk para pendaki pemula.

Namun setibanya di dasar gua, perjuangan yang mendebarkan itu akan terbayarkan oleh pemandangan hutan purba yang indah di dalam gua. Masuknya cahaya matahari lewat atap gua menciptakan suasana yang dramatis. Tidaklah mengherankan bila banyak caver yang menyebutnya sebagai Cahaya Surga.

Gua Jomblang di Yogyakarta


2. Gua Gong di Pacitan, Jawa Timur

Jawa Timur memiliki banyak gua. Salah satu yang populer adalah Gua Gong di Pacitan. Gua Gong ini berlokasi di Dusun Pale, di Desa Bromo atau berjarak sekitar 37 kilometer dari Pacitan. Untuk dapat sampai ke Gua Gong, kamu dapat menggunakan mobil ataupun sepeda motor. Ada satu keunikan Gua Gong, yaitu munculnya bunyi seperti gong gamelan dari stalaktit dan stalakmit yang dipukul. Itulah mengapa gua ini dinamakan Gua Gong.

Konon, karena sering mengeluarkan bunyi gong dan gamelan, gua ini sempat dianggap angker. Meskipun ada jalur khusus yang disediakan untuk menyusuri gua, sebaiknya kamu tetap berhati-hati karena masih ada beberapa jalur yang licin. Selain itu, suhu dan kelembaban gua juga dapat membuat kamu kegerahan. Oleh karena itu, pastikan kamu mengenakan pakaian dan sepatu yang nyaman.

Gua Gong di Pacitan, Jawa Timur


3. Gua Tabuhan di Pacitan, Jawa Timur

Masih berlokasi di Pacitan, ada satu gua lagi yang tidak kalah populer dan letaknya pun tidak jauh dari Gua Gong, namanya Gua Tabuhan. Nama Tabuhan sendiri berasal dari kata “Tabuh” yang artinya membunyikan alat musik pukul. Di Gua Tabuhan inilah, kamu dapat menyaksikan penyanyi sinden dan para seniman gamelan memperdengarkan alunan musik gamelan dengan memukul stalaktit gua, mereka hadir di sana untuk menyuguhkan musik Jawa kepada para pengunjung. Kamu akan dibuat terheran dengan penampilan para sinden dan seniman gamelan ini.

Bagaimana bisa alunan musik gamelan muncul dari stalaktit yang dipukul. Namun memang begitulah adanya. Selain terkenal dengan penampilan musiknya, Gua Tabuhan juga diduga sebagai rumah manusia purba sekitar 50 ribu tahun lalu. Terbukti dari banyaknya temuan moluska, bekas penggalian arkeologi, fosil gigi manusia, dan jejak bengkel alat batu.

Gua Tabuhan di Pacitan, Jawa Timur


4. Gua Maharani di Lamongan, Jawa Timur

Dari Pacitan, mari beranjak menuju Lamongan. Di sana terdapat Gua Maharani yang memiliki stalaktit dan stalakmit yang masih terus tumbuh sekitar 1 cm setiap 10 tahun. Selain itu, bila terkena cahaya matahari, stalaktit dan stalakmit ini akan memancarkan cahaya warna-warni yang indah. Di antara banyaknya stalakmit dan stalaktit, ada dua batuan yang selalu menarik perhatian pengunjung, yaitu Yoni Pratiwi yang menyerupai organ reproduksi milik wanita dan Lingga Pratala yang menyerupai organ reproduksi pria.

Konon Gua Maharani juga masih menyimpan cerita mitos lain yaitu penampakan sosok Roro Ayu Mantili dari Kerajaan Madangkara. Namun kamu tidak perlu khawatir, sosok ini tidak akan menganggu.


Gua Maharani di Lamongan, Jawa Timur


5. Gua Gajah di Bali

Jika kebanyakan gua menawarkan keindahan perut bumi. Tidak sama halnya dengan Gua Gajah di Gianyar yang menawarkan keelokan rupa luarnya. Meskipun dinamakan Gajah, di dalam gua ini tidak ada hewan gajah sama sekali. Penamaan Gajah didasarkan pada keberadaan beberapa patung Dewa Ganesha yang merupakan Dewa Pengetahuan bagi umat Hindu.

Selain patung Dewa Ganesha, ada juga patung-patung yang mengeluarkan air dari perutnya yang digunakan dalam upacara agama Hindu dan Buddha. Jika sedang tidak diadakan upacara, lokasi ini digunakan sebagai pemandian. Gua Gajah sangat terlihat menarik oleh adanya ukiran pada dinding luar gua.

Gua Gajah di Bali


Nah, travelers, itulah beberapa tempat wisata gua unik di Indonesia yang bisa kamu kunjungi. Selamat liburan dan keep safety!

5 Tempat Wisata Gua Unik di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tri Haryadi

0 komentar:

Tentang GudangAlamat.Com

Selamat datang di gudangalamat.com situs penyedia pencarian alamat dan objek wisata di Indonesia dan dunia. Untuk mencari data alamat perusahaan maupun alamat lain yang ingin Anda cari, gunakanlah kolom pencarian alamat pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

Gudangalamat.com menyediakan direktori alamat perusahaan/kantor, database email dan nomor telpon penting di Indonesia, cari alamat perusahaan, cari nomer telepon, cari peta alamat dan lain sebagainya yang terangkum dalam database direktori alamat yang ada di gudangalamat.com