Selasa, 28 April 2015

6 Danau (Setu) di Jakarta Tempat Rekreasi Alternatif Murah Meriah Saat Akhir Pekan

6 Danau atau Setu Yang Ada di Jakarta Sebagai Tempat Rekreasi Murah Saat Akhir Pekan. Kota Jakarta yang kosmopolit dan ramai ternyata tidak selamanya mencerminkan suasana panas dan kering.


Buktinya kota metropolitan ini masih tetap memiliki sisi keasrian. Sisi keasrian tersebut dapat dilihat dari banyaknya taman-taman yang menghiasi sudut-sudut kota. Selain memiliki banyak taman kota, Jakarta juga memiliki beberapa danau atau situ cantik laksana oase sejuk ditengah kota.

Nah, bagi Anda yang hendak berakhir pekan tanpa harus mengeluarkan banyak biaya apalagi harus keluar Jabodetabek, Anda dapat merasakan sisi keasrian Jakarta dengan mengunjungi 6 danau cantik yang tersebar di kota Jakarta berikut ini.

1. Waduk Pluit


Setelah pemerintahan Joko Widodo, nama Waduk Pluit semakin mencuat. Padahal awalnya kawasan waduk ini hanyalah permukiman kumuh dengan rumah-rumahnya yang berdiri liar. Namun beberapa tahun belakangan, Waduk Pluit kembali difungsikan sebagai daerah resapan air. Selain itu, areal Waduk Pluit juga difungsikan sebagai ruang publik dengan diisi oleh banyak fasilitas pendukung seperti jogging track, area bersepeda, dan kursi-kursi taman. Saat ini, Waduk Pluit sudah tidak kumuh lagi. Bahkan suasananya sangat nyaman. Buktinya, banyak pengunjung yang betah berlama-lama di areal Waduk Pluit.

2. Waduk Ria-Rio


Ada Waduk Pluit, ada juga Waduk Ria-Rio yang sempat tidak terurus, namun telah kembali cantik. Saat ini, di sekitar Waduk Ria-Rio telah hadir taman yang indah, pepohonan palem yang rindang, tanaman hias, bangku-bangku untuk pengunjung dapat bersantai, jalan setapak yang juga dapat digunakan sebagai jogging track, dan wifi. Kini, Waduk Ria-Rio yang tidak lagi kumuh sudah menjadi tujuan wisata murah-meriah untuk warga Jakarta. Hal yang paling menarik dari taman ini adalah kehadiran beberapa batang pohon baobab yang di impor langsung dari Afrika. Di habitat aslinya pohon yang ketinggiannya bisa mencapai 25 meter dan berdiameter 5 meter ini dapat hidup hingga 750 tahun serta menyerap dan menyimpan air sampai 120.000 liter.

3. Danau Setu Lembang


Taman Situ Lembang memiliki pemandangan yang cantik. Di tengah-tengah taman, ada sebuah danau cantik yang dilengkapi oleh teratai dan aneka burung di atasnya. Jika cuacan sedang cerah dan udara sedang sejuk, anda yang merasa penat dapat menyegarkan pikiran dengan duduk di tepi Danau Situ Lembang dan menikmati kesejukannya. Selain hanya duduk-duduk saja, anda juga bisa memancing di danau ini. Pasalnya, di dalam Danau Situ Lembang terdapat banyak ikan, seperti ikan lele, ikan mujair, dan ikan gabus. Tidak perlu khawatir soal biaya, karena anda tidak akan dipungut biaya untuk masuk ke dalam lokasi danau. Ditambah lagi, ikan hasil tangkapan dapat dibawa pulang.

4. Danau Universitas Indonesia (UI)


Terkenal sebagai kampus paling bonafit di Indonesia, Universitas Indonesia juga memiliki kawasan asri yaitu hutan kota dan danau-danau cantik. Anda dapat menemukan enam danau di sini yaitu Danau Kenanga, Danau Aghatis, Danau Mahoni, Danau Puspa, dan Danau Salam. Danau Kenanga merupakan yang terfavorit di kampus ini. Letaknya berada di antara Balairung UI, Masjid UI, dan perpustakaan UI. Danau Kenanga yang dibangun pada tahun 1992 ini memiliki luas 28.000 m2. Di danau ini, anda dapat bersantai memandangi panorama di sekitar danau. Anda dapat memilih, ingin duduk di rumput atau di bangku depan perpustakaan, karena keduanya sama-sama nyaman. Perlu diketahui setiap hari Sabtu dan Minggu, Danau UI selalu dipadati pengunjung yang ingin memancing.

5. Danau Setu Babakan


Ingin merasakan bagaimana kehidupan Betawi? Cobalah datang ke Perkampungan Betawi Situ Babakan yang berada di Jagakarsa, Jakarta Selatan. Situ Babakan ini memiliki danau yang asri, dimana pengunjung dapat memanfaatkan perahu bebek untuk mengitari danau. Anda juga dapat bersantai di tepian danau sambil berfoto menikmati keindahan panorama di sekitar. Tidak perlu khawatir soal kuliner karena ada banyak warung makan yang dapat anda kunjungi di Situ Babakan. Yang pasti karena ini merupakan perkampungan Betawi, pasti anda akan menemukan Kerak Telor, Tauge Goreng, Laksa, dan Bir Pletok. Sebagai oleh-oleh, jangan lupa membeli arumanis dan dodol Betawi. Setu Babakan selalu ramai dikunjungi pada akhir pekan dan hari libur. Oleh sebab itu, pastikan anda mengunjungi Danau Situ Babakan saat hari biasa agar dapat merasakan suasana tenang.

Di tengah hiruk-pikuknya, Jakarta Utara masih memiliki oase yaitu Danau Sunter. Danau yang merupakan ajang latihan dayung dan ski para atlit ini juga merupakan tujuan wisata murah-meriah di Jakarta. Di Danau Sunter, anda dapat bersantai dengan memancing, sementara anak-anak dapat menikmati wahana permainan air seperti menyusuri danau dengan perahu bebek. Anda dapat menyewa perahu bebek ini mulai dari pukul 07.00 hingga pukul 23.00. Hadirnya perahu bebek telah menarik banyak kunjungan. Tidaklah heran bila setiap sore hari, tempat rekreasi keluarga di Jakarta ini selalu ramai dikunjungi.

6 Danau (Setu) di Jakarta Tempat Rekreasi Alternatif Murah Meriah Saat Akhir Pekan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tri Haryadi

0 komentar:

Tentang GudangAlamat.Com

Selamat datang di gudangalamat.com situs penyedia pencarian alamat dan objek wisata di Indonesia dan dunia. Untuk mencari data alamat perusahaan maupun alamat lain yang ingin Anda cari, gunakanlah kolom pencarian alamat pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

Gudangalamat.com menyediakan direktori alamat perusahaan/kantor, database email dan nomor telpon penting di Indonesia, cari alamat perusahaan, cari nomer telepon, cari peta alamat dan lain sebagainya yang terangkum dalam database direktori alamat yang ada di gudangalamat.com