Rabu, 29 April 2015

6 Objek Wisata di Bukittinggi Padang Sumatera Barat Terpopuler Yang Wajib Dikunjungi

6 Objek Wisata di Bukittinggi Padang Sumatera Barat Terpopuler Yang Wajib Dikunjungi. Bagi masyarakat Indonesia khususnya yang gemar berwisata atau dikenal sebagai traveler, tentu nama Bukittinggi tak lagi asing di telinga.


Ya, kota Bukittingi merupakan kawasan wisata yang cukup populer dan selalu ramai dikunjungi wisatawan. Selain karena memiliki banyak objek wisata alam dan sejarah, Bukittingi juga pernah menorehkan sejarah Indonesia dengan tampil sebagai ibukota negara Indonesia pada saat Pemerintahan Darurat Republik Indonesia.
 
Nah, apabila kebetulan Anda hendak merencanakan berlibur ke Bukittingi, Padang Sumatera Barat, maka beberapa tempat wisata di Padang, Sumatera Barat berikut ini sangat sayang untuk dilewatkan.

1. Jam Gadang

Jam Gadang

Jam berukuran sangat besar ini sering disebut sebagai “Big Ben Indonesia” dan merupakan landmark Kota Bukittinggi. Letak Jam Gadang yang berada di pusat Kota Bukittinggi membuat jam ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama pada malam minggu. Bila Anda teliti terhadap penampilan jam ini, Anda akan menemukan ornament unik pada Jam Gadang yakni penulisan Huruf Romawi yang berbeda dari seharusnya.

Jam Gadang menuliskan angka yang seharusnya IV dengan IIII. Namun setelah ditelusuri, ternyata bukan hanya Jam Gadang yang seperti itu. Beberapa jam raksasa seperti Jam Gadang juga menggunakan penulisan angka Romawi yang sama. Telusuri Jam Gadang hingga ke atasnya. Dari atas menara, Anda dapat melihat panorama Bukittinggi yang dipenuhi bangunan, bukit, dan lembah.

2. Benteng Fort De Kock


Benteng peninggalan Belanda ini merupakan satu-satunya yang dijadikan sebagai tempat pertahanan Belanda saat Perang Paderi berlangsung. Bangunan Benteng Fort De Kock setinggi 20 meter ini bercat putih hijau dan dilengkapi dengan meriam kecil di setiap sudutnya. Saat ini kawasan Benteng Fort De Kock telah dijadikan Taman Burung Tropis dan Taman Kota Bukittinggi.

Suasananya benar-benar sejuk karena dihuni pepohonan rindang. Benteng Fort De Kock berada satu kawasan dengan Kebun Binatang Bukittinggi dan Museum Rumah Adat Baanjuang, dimana museum dan kebun binatang di sebelah kanan, sedangkan benteng di bukit sebelah kiri.

3. Air Terjun Lembah Anai

Air Terjun Lembah Anai

Di sepanjang jalan lintas Padang-Bukittinggi, Anda akan menemukan Air Terjun Lembah Anai yang juga menjadi ikon wisata Sumatera Barat. Airnya sendiri berasal dari Gunung Singgalang yang mengalir melewati bukit, lereng, Cagar Alam Lembah Anai, tebing, hingga terjun ke dasar lembah setinggi 50 meter. Air yang terjun secara cepat dan memercikkan kabut air membentuk gugusan warna-warni saat terkena sinar matahari.

4. Lobang Jepang

Lobang Jepang


Lobang Jepang Di Bukittinggi cukup terkenal. Pasalnya lobang ini merupakan peninggalan Jepang pada zaman Perang Dunia ke II. Letak Lobang Jepang ini sendiri tidak jauh dari Sungai Sianok. Untuk dapat memasuki lobang, wisatawan harus terlebih dahulu menuruni 132 anak tangga, kemudian barulah akan menemukan banyak lorong dan ruangan.

Selain dijadikan markas pertahanan, Lobang Jepang juga digunakan sebagai tempat interogasi para tawanan. Pembangunan Lobang Jepang dilakukan oleh masyarakat lokal yang dibawa dari Pulau Jawa, Pulau Kalimantan, dan Pulau Sulawesi. Di dalam lobang yang menyerupai sebuah gua ini Anda akan merasakan suasana yang benar-benar mistis.

Menarik lainnya: #Lokasi objek wisata gua unik yang ada di Indonesia

5. Ngarai Sianok

Ngarai Sianok

Ngarai Sianok yang berada dekat dengan Lobang Jepang merupakan lembah curam yang kerap menjadi ikon dari kota Bukittinggi. Di ngarai inilah, Anda dapat menyaksikan hamparan padi dan sungai secara langsung atau melihatnya dari Taman Panorama Bukittinggi. Dikarenakan berada di ketinggian, ngarai Sianok memiliki panorama sunrise dan sunset yang begitu indah.

Oleh sebab itulah, banyak wisatawan yang sering mengunjungi tempat wisata paling populer di Padang, Sumatera Barat ini saat pagi menjelang matahari terbit dan sore hari saat matahari akan terbenam. Keindahan Ngarai Sianok juga sering diabadikan oleh para pelukis dan fotografer.

6. Museum Rumah Adat Baanjuang

Museum Rumah Adat Baanjuang

Museum dengan bangunan tradisional didirikan oleh warga Belanda bernama Mondelar Countrolleur pada tahun 1935. Bangunan Museum Baanjuang mmeiliki anjuang kiri dan kanan, dinding dan lantai yang terbuat dari kayu, dan atap menggunakan ijuk. Museum ini menyimpan berbagai koleksi etografika, numismatika, dan fauna yang diawetkan.

Uniknya museum ini mengawetkan fauna yang tidak terlahir normal seperti kambing bermuka dua, kerbau berkepala dua, dan kerbau berkepala delapan. Fauna tidak normal tidak mampu bertahan dalam waktu lama. Setelah mati, fauna-fauna ini segera diawetkan di dalam museum. Selain itu, Museum Rumah Adat Baanjuang juga memiliki koleksi lainnya seperti miniature rumah gadang, surau, dan rumah makan tradisional. Mengingat bangunan-bangunan ini sudah semakin jarang ditemukan di Ranah Minang, maka itu miniaturnya di dalam Museum Rumah Adat Baanjuang sangat menarik perhatian.

6 Objek Wisata di Bukittinggi Padang Sumatera Barat Terpopuler Yang Wajib Dikunjungi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tri Haryadi

0 komentar:

Tentang GudangAlamat.Com

Selamat datang di gudangalamat.com situs penyedia pencarian alamat dan objek wisata di Indonesia dan dunia. Untuk mencari data alamat perusahaan maupun alamat lain yang ingin Anda cari, gunakanlah kolom pencarian alamat pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

Gudangalamat.com menyediakan direktori alamat perusahaan/kantor, database email dan nomor telpon penting di Indonesia, cari alamat perusahaan, cari nomer telepon, cari peta alamat dan lain sebagainya yang terangkum dalam database direktori alamat yang ada di gudangalamat.com