Senin, 27 April 2015

6 Obyek Wisata Pantai di Gunung Kidul Yogyakarta Yang Luar Biasa Cantik

6 Obyek Wisata Pantai di Gunung Kidul Yogyakarta Yang Luar Biasa Cantik. Gunung Kidul merupakan salah satu kawasan tandus yang berada di Jawa Tengah, tepatnya di wilayah Jogjakarta.


Meskipun tempat ini memiliki iklim yang panas dan kering, namun ternyata Gunung Kidul sangat terkenal dengan objek wisata pantainya yang begitu elok dan cantik. Beberapa pantai-pantai tersebut bahkan telah mendunia dan begitu populer bagi wisatawan mancanegara.

Oleh sebab itu maka tidaklah heran bila semakin hari jumlah kunjungan wisata ke Gunungkidul semakin meningkat. Setiap pantai di Gunungkidul memiliki kekhasan yang berbeda satu sama lain. Dari banyaknya pantai yang ada, setidaknya terdapat 6 pantai cantik yang paling terkenal di Gunung Kidul Jogjakarta dari website info tempat wisata Indonesia gudangalamat.com. Diantaranya adalah berikut. 

1. Pantai Sundak


Di antara deretan pantai lainnya, Pantai Sundak merupakan yang paling populer. Pantai Sundak di Desa Sidoharjo ini menampilkan pasir pantai yang putih, air laut yang biru jernih, dan batu karang, yang membuat pemandangan pantai semakin dramatis. Berjalanlah sejauh 30 meter dari bibir pantai. Di sana Anda akan melihat batu-batu karang kecil tempat bersembunyinya biota-biota laut. Saat sore hari, jangan lewatkan romantisnya matahari terbenam. Sementara saat malam hari, Anda dapat menghabiskan waktu dengan membakar ikan bersama sahabat. Bagi yang penasaran dengan sejarah Pantai Sundak dapat menemui Mbah Arjasangku dan Mbah Tugiman. Pantai Sundak yang berlokasi di Wonogiri ini dapat dicapai dari Kota Jogja dalam tempo 2 jam.

2. Pantai Indrayanti


Pantai yang sebenarnya bernama Pantai Pulang Syawal ini tidak hanya menawarkan keindahan alamnya saja, tapi juga kemeriahan. Di samping berpasir putih dan berair jernih, penampilan Pantai Indrayanti sangat semarak dengan hadirnya deretan café, restoran, gazebo, dan payung warna-warni di tepi pantai. Anda dapat berbagai menu di restoran dan café yang menghadap ke pantai ini, mulai dari makanan laut hingga nasi goreng. Suasana semakin romantis saat malam tiba, dimana Anda dapat menikmati santapan malam ditemani debur ombak dan desau angin. Meskipun ramai, Pantai Indrayanti tergolong bersih dan bebas dari sampah. Pasalnya, pihak pengelola menerapkan tilang bagi pengunjung yang sembarangan membuang sampah. Suasana ramai Pantai Indrayanti membuat pantai ini sering disebut sebagai Kuta-nya Jogjakarta.

3. Pantai Krakal


Dibandingkan Pantai Indrayanti yang selalu ramai, Pantai Krakal memang tidak terlalu ramai. Meskipun begitu pemandangan Krakal tidak kalah indah. Memang Pantai Krakal berombak normal, namun sesekali ombaknya dapat menjadi kencang. Hal inilah yang membuat banyak peselancar pemula belajar berselancar di Pantai Krakal. Di sepanjang perjalanan menuju Krakal, Anda akan melihat pemandangan bukit-bukit kapur yang diselingi teras-teras batu karang. Di dalam batu karang itu sendiri, masih banyak fosil yang ditemukan. Di antara deretan pantai yang membentang di Jawa, Pantai Krakal ialah yang terindah dengan pasir putihnya, tebing-tebing, ombak besar, dan buihnya yang putih. Mengingat berselancar bukan olahraga yang populer bagi masyarakat setempat, maka Anda yang ingin berselancar harus menyediakan papan surfing sendiri.

4. Pantai Ngandong


Pantai yang berlokasi di sisi barat Pantai Sundak ini cukup sulit dicapai, karena harus melewati jalanan berbatu dan pepohonan besar di kiri dan kanan jalan. Akan tetapi, rasa lelah selama perjalanan akan terbayarkan setibanya di Pantai Ngandong yang berpasir putih. Lautan biru dengan ombak tenang akan membuat Anda tidak sabar untuk bermain di dalamnya. Di kiri dan kanan pantai, membentang perbukitan batu karst yang indah dengan warna hijaunya, menciptakan perpasuan yang cantik dengan lautan biru dan pasir putih. Pantai Ngandong juga merupakan tempat tinggal para nelayan setempat. Untuk berlayar di sekitar pantai, Anda dapat menyewa perahu nelayan tersebut. Terakhir, jangan lewatkan pemandangan matahari terbenamnya yang sangat cantik sambil menikmati makan malam romantis di pinggir pantai saat malam tiba.

Menarik lainnya: #Tempat makan enak dan unik di Jogjakarta

5. Pantai Ngobaran


Melihat Pantai Ngobaran tak ubahnya melihat Tanah Lot, karena di pantai ini ada banyak pura dan patung khas Hindu. Bedanya, Pantai Ngobaran tidak berpasir putih. Meskipun begitu, Ngobaran tetap indah dengan tebing dan bebatuan karangnya. Saat Anda mengunjungi pantai ini, jangan lewatkan mencicipi kuliner khas Ngobaran. Selain mencoba sajian ini, jangan lupa membawa rumput laut sebagai oleh-oleh yang bisa Anda peroleh dengan harga relatif murah.

Menarik lainnya: #Daftar obyek wisata di Jogjakarta terlengkap

6. Pantai Kukup


Selain Ngobaran, Kukup juga disebut sebagai sandingan Tanah Lot di Bali. Pasalnya, Pantai Kukup memiliki pulau karang di tengah laut seperti halnya di Tanah Lot. Bedanya bangunan di atas karang Tanah Lot adalah pura, sedangkan bangunan di atas karang Pantai Kukup adalah pendopo biasa yang sengaja dibangun sebagai tempat berteduh pengunjung dan menambah keelokan Pantai Kukup. Dari atas pendopo ini, pengunjung dapat leluasa melihat laut biru dan ombak Kukup yang cukup kencang.

6 Obyek Wisata Pantai di Gunung Kidul Yogyakarta Yang Luar Biasa Cantik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tri Haryadi

0 komentar:

Tentang GudangAlamat.Com

Selamat datang di gudangalamat.com situs penyedia pencarian alamat dan objek wisata di Indonesia dan dunia. Untuk mencari data alamat perusahaan maupun alamat lain yang ingin Anda cari, gunakanlah kolom pencarian alamat pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

Gudangalamat.com menyediakan direktori alamat perusahaan/kantor, database email dan nomor telpon penting di Indonesia, cari alamat perusahaan, cari nomer telepon, cari peta alamat dan lain sebagainya yang terangkum dalam database direktori alamat yang ada di gudangalamat.com