Rabu, 22 April 2015

8 tempat tujuan wisata religi populer yang ada di Indonesia

8 tempat tujuan wisata religi populer yang ada di Indonesia. Indonesia merupakan salah satu negeri yang multi-kultural yang dimana negara kepulauan ini dihuni oleh banyak penduduk dengan beragam agama.

Maka tidaklah heran apabila kita bisa melihat banyak tempat ibadah yang berbeda-beda dalam suatu wilayah, bahkan beberapa diantara juga ada yang berdekatan satu sama lainnya. Nah, dari sekian banyak tempat ibadah di Indonesia terdapat beberapa yang populer yang kerap dikunjungi oleh wisatawan. Apa sajakah itu? Yuk simak ulasan berikut dari situs info tempat wisata gudangalamat.com.

1. Masjid Istiqlal Jakarta
Siapa yang tidak kenal dengan masjid ini? Setiap hari raya Idul Fitri, masjid ini selalu hadir di seluruh TV nasional yang menayangkan liputan sholat Ied. Masjid Istiqlal Jakarta juga didaulat sebagai yang terbesar di Asia Tenggara karena dapat menampung ratusan ribu jamaah. Nama Istiqlal sendiri diambil dari bahasa Arab yang berarti merdeka. Masjid Istiqlal memang diprakarsai oleh Tjokroaminoto dan KH. Wahid Hasyim dengan tujuan mengenang jasa para pahlawan yang mayoritas beragama Islam.

Masjid Istiqlal Jakarta


2. Masjid Cheng Hoo Surabaya
Berbeda dari masjid pada umumnya, Masjid Cheng Hoo Surabaya terlihat seperti kelenteng. Nama Cheng Hoo dipilih sebagai wujud terima kasih dari umat muslim Surabaya kepada Laksmana Cheng Hoo yang turut menyebarkan agama Islam di Indonesia. Laksmana Cheng Hoo juga dikabarkan menjalin persahabatan dengan dengan Sunan Bonang. Masjid Cheng Hoo sangat terbuka bagi siapapun, sehingga tidak jarang orang non-muslim pun mengunjungi masjid ini.

Masjid Cheng Hoo Surabaya


3. Masjid Agung Jawa Tengah
Sekilas dilihat bangunan masjid ini terlihat seperti Masjid Nabawi di Madinah. Uniknya bangunan ini merupakan perpaduan asitektur Jawa, Arab, dan Roma. Masjid Agung ini juga memiliki menara Asmaul Husna setinggi 99 meter dengan teropong pandang sehingga pengunjung dapat menikmati lanskap Kota Semarang dan lalu-lalang kapal di Pelabuhan Tanjung Emas. Selain itu, masjid ini juga memiliki Al-Quran raksasa buah karya H. Hayatuddin.

Masjid Agung Jawa Tengah


4. Gua Maria Lourdes Kediri
Gua ini merupakan Gua Maria Lourdes mini dari versi aslinya yang ada di Prancis. Dibangun pada tahun 1998, Gua Maria yang berlokasi di Desa Puh Sarang, Kediri ini memiliki diorama jalan salib yang megah. Rindangnya pepohonan dan keasrian lingkungan gua maria membuat perjalanan salib yang begitu panjang tidak terasa. Selain gua, terdapat juga 12 pancuran yang melambangkan 12 murid Yesus. Konon, air pancuran ini berkhasiat memberikan kesehatan dan keberuntungan bagi yang meminumnya.

Gua Maria Lourdes Kediri


5. Gereja Blenduk Semarang
Salah satu landmark Kota Semarang yang berlokasi di Kawasan Kota Lama Semarang adalah Gereja Blenduk yang bernama asli Koepelkerk. Lalu mengapa dikenal dengan nama Blenduk? Karena bangunan gereja ini memiliki kubah cembung yang dalam bahasa Jawa disebut “Blenduk”. Ruangan Gereja Blenduk juga memiliki interior yang cantik, dimana ada banyak lampu gantung Kristal dan bangku-bangku ala Belanda yang semuanya masih asli. Hingga kini, gereja yang bergaya neoklasik ini masih digunakan sebagai tempat ibadah dengan nama GPIB Immanuel.

Gereja Blenduk Semarang


6. Klenteng Kwan Sing Bio Tuban
Klenteng yang disebut sebagai yang terbesar di Asia Tenggara ini dibangun pada tahun 1928 dan tidak pernah sepi pengunjung. Selain ramai oleh wisatawan domestik, Klenteng Kwan Sing Bio juga diramaikan oleh wisatawan mancanegara yang ingin berdoa atau menikmati suasana klenteng. Di pintu masuk klenteng terdapat simbol kepiting yang menjadi keunikan Klenteng Kwan Sing Bio, karena klenteng pada umumnya justru menggunakan ornamen naga pada pintu masuk. Klenteng Kwan Sing Bio sering dijadikan tempat ritual Fungshen yaitu ritual membuang kesialan. Bagi pengunjung yang ingin menginap, telah disediakan tempat bermalam gratis.

Klenteng Kwan Sing Bio Tuban


7. Vihara Maitreya Medan
Vihara dengan arsitektur cantik dan sederhana di Medan ini merupakan yang terbesar di Indonesia. Dengan berhiaskan taman burung dan kolam ikan koi, Vihara Maitreya terasa begitu nyaman dan juga cocok sebagai lokasi agrowisata. Siapapun yang berkunjung pasti betah berlama-lama menghabiskan waktu menelusuri vihara ini. Sesuai dengan namanya, Vihara Maitreya sangat kental dengan ajaran Maitreya yang erat dengan cinta kasih terhadap sesama. Meskipun suhu Kota Medan cenderung panas, suhu di dalam vihara sangatlah sejuk. Sesekali akan terlihat para biksu yang beribadah dalam keheningan. Sungguh suasana yang syahdu.

Menarik lainnya: #5 tempat agrowisata di Indonesia

Vihara Maitreya Medan


8. Pura Tanah Lot Bali
Salah satu tujuan wisata terkenal di Bali adalah Pura Tanah Lot di Kabupaten Tabanan. Selain bernuansa religi, pura ini juga memiliki panorama yang indah. Di atas batu besar di tengah laut, Pura Tanah Lot berdiri sebagai tempat pemujaan kepada para dewa penjaga lautan. Di hari biasa, pura ini selalu diramaikan wisatawan. Jika ingin mengikuti ritual ibadah Hindu, datanglah pada Hari Raya Kuningan dan Galungan.

Menarik lainnya: #7 tempat nongkrong asyik di Legian, Bali

Pura Tanah Lot Bali

8 tempat tujuan wisata religi populer yang ada di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tri Haryadi

0 komentar:

Tentang GudangAlamat.Com

Selamat datang di gudangalamat.com situs penyedia pencarian alamat dan objek wisata di Indonesia dan dunia. Untuk mencari data alamat perusahaan maupun alamat lain yang ingin Anda cari, gunakanlah kolom pencarian alamat pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

Gudangalamat.com menyediakan direktori alamat perusahaan/kantor, database email dan nomor telpon penting di Indonesia, cari alamat perusahaan, cari nomer telepon, cari peta alamat dan lain sebagainya yang terangkum dalam database direktori alamat yang ada di gudangalamat.com