Senin, 27 April 2015

Tempat Destinasi Obyek Wisata Budaya Dengan Suasana Desa Dekat Jakarta

Tempat Destinasi Obyek Wisata Budaya Dengan Suasana Desa Dekat Jakarta. Semakin hari Indonesia semakin membenahi diri dalam hal pariwisata. Tidak hanya kota yang memang identik dengan hiburan, desa yang jauh dari keramaian pun turut serta berkontribusi dalam pelestarian pariwisata Indonesia. Di desa, anda dapat merasakan bagaimana kehidupan masyarakat yang menyelaraskan diri dengan alam dan tetap mempertahankan kearifan lokal.

Selama ini banyak wisatawan yang mengira bahwa desa wisata hanya terdapat di Jawa Tengah, Jogjakarta, Bali, Lombok, dan Papua, padahal kenyataannya desa wisata juga terdapat di sekitar Jakarta yang ramai.

Untuk anda yang tinggal di sekitar Jakarta, sesekali mengunjungi desa wisata yang masih alami tampaknya dapat mengurangi kepenatan anda. Berikut ini adalah 4 desa wisata budaya terdekat dari Jakarta dengan suasana desa yang menawan dari blog info tempat wisata gudangalamat.com selengkapnya.


1. Desa Kanekes, Banten



Suku Baduy yang mendiami Desa Kanekes merupakan salah satu suku di Indonesia yang mudah diingat karena kelestarian adat-istiadatnya hingga kini. Untuk mencapai desa ini, anda dapat memulai perjalanan dari Kota Rangkasbitung, Banten dengan waktu tempuh 1,5 jam perjalanan. Di Desa Kanekes, anda dapat merasakan bagaimana kehidupan yang selaras dengan alam. Adapun Suku Baduy terdiri dari dua bagian yaitu Baduy Dalam dan Baduy Luar.

Suku Baduy Luar mulai menerima budaya luar, sedangkan Suku Baduy Dalam tetap menjaga adat-istiadatnya secara ketat. Untuk dapat mengenal masyarakat Baduy lebih dekat, anda dapat menginap di rumah mana saja asalkan telah melapor kepada kepala desa. Semakin ke dalam, panorama yang akan anda temui semakin indah seperti hutan dan ladang di Kampung Balingbing. Selama menginap di Desa Kanekes, anda akan jadi tahu bagaimana rasanya menjalani hidup tanpa kecanggihan seperti mandi di sungai, makan seadanya, dan tidur tanpa listrik.

2. Desa Citorek, Banten



Masih di Banten, desa berikutnya yang dapat dikunjungi adalah tempat wisata budaya berlokasi di Desa Citorek di Kecamatan Beber. Meskipun sebagian besar penduduk Desa Citorek bermatapencaharian sebagai petani, namun mereka telah memiliki rumah lengkap dengan perabotan modern bahkan tidak jarang mereka memiliki motor dan mobil. Meskipun telah akrab dengan teknologi, namun penduduk di desa ini tetap mempertahankan tradisi yang sudah ada sejak dulu.

Seperti penampilan pria dewasa yang selalu mengenakan ikat kepala dari kain batik yang menandakan bahwa mereka terikat dengan adat setempat, para petani yang hanya diperbolehkan menanam padi satu kali saja dalam setahun kemudian sawah dialihfungsikan sebagai kolam ikan. Jika penanaman dilakukan lebih dari satu kali dalam setahun, maka padi tidak akan tumbuh dengan baik. Begitulah kepercayaan masyarakat Desa Citorek.

3. Desa Cisungsang, Banten



Di kaki Gunung Halimun, Banten terdapat sebuah desa wisata bernama Cisungsang yang melakukan proses wangsit untuk memilih kepala adat. Sama halnya dengan Desa Citorek, masyarakat Desa Cisungsang juga telah terbuka dengan budaya luar, namun tetap mempertahankan nilai luhur budaya mereka. Letaknya yang berada di kaki gunung membuat desa ini memiliki panorama yang indah dengan tampilan persawahan dan perbukitan. Bagi anda yang ingin mengenal Desa Cisungsang lebih dekat, anda bisa menyewa homestay.

Menarik lainnya: #Tempat wisata gua unik yang ada di Indonesia

4. Desa Sarongge, Cianjur



Satu lagi desa wisata di sekitar Jakarta yang berada di kaki gunung yaitu Desa Carongge. Desa di Cianjur ini berada di kaki Gunung Gede Pangrango. Sesuai dengan letaknya yang berada di kaki gunung, Desa Sarongge didominasi oleh perkebunan teh dan sayur. Selama mengunjungi Desa Sarongge, anda dapat melakukan banyak aktivitas seperti mempelajari budidaya ulat sutera dan lebah muda, berternak kambing dan domba, melihat proses produksi sereh wangi, mengikuti adopsi pohon dalam rangka rehabilitasi Taman Nasional Gede Pangrango, dan membeli sayuran organik secara langsung dari petani, tentunya dengan harga yang lebih murah daripada harga supermarket.

Menarik lainnya: #Lokasi obyek agrowisata terbaik di Indonesia

Anda juga dapat bermalam di Camping Ground Sarongge yang berada di areal perkebunan sayur. Tidak perlu khawatir dengan fasilitasnya, karena pihak pengelola telah menyediakan rumah pohon, tenda, dapur, toilet, dan aula. Selain itu, anda juga dapat trekking menuju Hutan Sarongge untuk menemukan Pohon Ki Hujan dan Air Terjun Ciheulang. Anda yang hendak menginap dapat menyewa homestay.

Tempat Destinasi Obyek Wisata Budaya Dengan Suasana Desa Dekat Jakarta Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tri Haryadi

0 komentar:

Tentang GudangAlamat.Com

Selamat datang di gudangalamat.com situs penyedia pencarian alamat dan objek wisata di Indonesia dan dunia. Untuk mencari data alamat perusahaan maupun alamat lain yang ingin Anda cari, gunakanlah kolom pencarian alamat pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

Gudangalamat.com menyediakan direktori alamat perusahaan/kantor, database email dan nomor telpon penting di Indonesia, cari alamat perusahaan, cari nomer telepon, cari peta alamat dan lain sebagainya yang terangkum dalam database direktori alamat yang ada di gudangalamat.com