Jumat, 29 Mei 2015

6 Museum Dengan Koleksi Islami Terbaik Di Dunia

6 Museum Dengan Koleksi Islami Terbaik Di Dunia. Perkembangan peradaban Islam yang besar di dunia telah menghasilkan banyak karya seni, mulai dari bentuk-bentuk kaligrafi, bangunan hingga keramik. Karya-karya seni ini dapat ditemukan pada bangunan masjid atau pun museum-museum Islam. Dan beberapa negara yang memiliki museum dengan koleksi Islami terlengkap diantaranya seperti Qatar, Indonesia, Malaysia, dan Turki.


Namun selain negara-negara yang berlatarkan masyarakat muslim, ternyata ada juga beberapa negara dengan mayoritas non muslim yang memiliki museum serupa, diantaranya adalah Australia dan Kanada. Seperti apakah isi dari keenam museum ini? Yuk simak ulasan berikut.

1. Museum of Islamic Art, Qatar

Museum of Islamic Art, Qatar


Museum yang berlokasi di Doha, Qatar ini memiliki banyak artefak seni Islam yang mengundang decak kagum para wisatawan. Museum of Islamic Art merupakan museum Islam pertama di Teluk Persia yang memiliki banyak koleksi. Sejak dibuka pada tahun 2008 silam, museum ini telah menampilkan banyak koleksi Islami dari berbagai belahan dunia, seperti Iran, Irak, Turki, Mesir, Asia Tengah, India, dan Spanyol. Ada satu koleksi terbaiknya yang harus anda saksikan yaitu lukisan Laila Majnun yang diadaptasi dari kisah cinta klasik karya Nizami Ganjavi, seorang penyair Persia.

2. Bayt Al Quran & Museum Istiqlal, Indonesia

Bayt Al Quran & Museum Istiqlal, Indonesia


Museum Islam di Indonesia ini terletak di Taman Mini Indonesia Indah, Kota Jakarta. Museum yang diresmikan pada 20 April 1997 oleh Presiden Soeharto ini menyimpan banyak koleksi karya intelektual Muslim Nusantara dan para ulama. Sesuai dengan namanya, Bayt Al Quran ini memiliki aneka koleksi mushaf Al Quran seperti Mushaf Istiqlal dari Festival Istiqlal tahun 1995, Mushaf Sunda dan Malaysia yang dihiasi cantik, dan Mushaf Wonosobo yang berukuran sangat besar. Sementara itu, Museum Istiqlal menyimpan benda seni dan aneka artefak peninggalan peradaban Islam di Nusantara.

3. Islamic Arts Museum, Malaysia

Islamic Arts Museum, Malaysia


Museum Islam keren satu ini berlokasi di Jalan Lembah Perdana, Kuala Lumpur. Mueum dengan 4 latai ini menyimpan berbagai koleksi benda warisan peradaban Islam seperti senjata, baju besi, perhiasan, tekstil, koin, kayu, keramik, kerajinan logam, dan manuskrip Al Quran. Sementara itu, dari segi budaya, Islamic Arts Museum memiliki tema dunia Melayu, India, dan Cina yang mewakili 3 etnis utama Malaysia.

4. Topkapi Museum, Turki

Topkapi Museum, Turki


Museum yang dulunya merupakan istana megah di Kota Tua Istanbul ini memiliki ruangan berkubah yang menyimpan jubah dan pedang Nabi Muhammad SAW. Jubah ini disimpan dengan apik di dalam kotak emas. Selain itu, terdapat juga jenggot, jejak kaki, dan surat kuno milik Nabi Muhammad SAW. Masih di ruangan yang sama, anda juga dapat menyaksikan salah satu manuskrip Al Quran paling tua di dunia. Semua koleksi Islami di Topkapi Museum masih tersimpan dengan baik dan utuh.

5. Islamic Museum of Australia, Australia

5. Islamic Museum of Australia, Australia


Australia yang bukan negara Islam ternyata memiliki Museum Islam yang luar biasa. Bahkan museum ini pernah mendapatkan penghargaan sebagai salah satu yang terbaik di Australia dalam Museums & Galleries National Award 2014. Museum yang berlokasi di 15 A Anderson Road, Thornbury, Victoria ini berdiri pada Mei 2010 sebagai wadah pertunjukan warisan seni dan sejarah Islam di Australia, dengan menampilkan banyak artefak sejarah dan karya seni. Islamic Museum of Australia memiliki berbagai koleksi lukisan, kaligrafi, arsitektur, keramik, kaca, dan tekstil yang berasal dari berbagai wilayah di dunia. Museum Islam Australia ini terbagi atas beberapa ruangan dengan tema yang berbeda yaitu seni, sejarah, arsitektur, ajaran Islam, sejarah Muslim Australia, dan kontribusi Islam untuk peradaban.

6. Aga Khan Museum, Kanada

Aga Khan Museum, Kanada


Aga Khan Museum yang berlokasi di Toronto disebut sebagai Museum Islam termegah di Amerika Utara. Museum yang dibangun oleh Aga Khan (jutawan Muslim) ini diresmikan pada 18 September 2014 lalu. Arsiteknya sendiri adalah Fumihiko Maki yang pernah meraih penghargaan internasional. Sang arsitek merancang museum ini dengan gaya kontemporer modern dimana tembok luar menggunakan batu granit Brasil. Aga Khan Museum memiliki 2 ruangan pameran, ruangan benda seni, dan ruang teater berkapasitas 350 tempat duduk. Koleksi museum ini juga tidak kalah keren, dimana terdapat kaligrafi, arsitektur, keramik, kerajinan logam, barang mewah tempo dulu, ilmu Al Quran dan pengetahuan Islam, lukisan, dan manuskrip.

6 Museum Dengan Koleksi Islami Terbaik Di Dunia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tri Haryadi

0 komentar:

Tentang GudangAlamat.Com

Selamat datang di gudangalamat.com situs penyedia pencarian alamat dan objek wisata di Indonesia dan dunia. Untuk mencari data alamat perusahaan maupun alamat lain yang ingin Anda cari, gunakanlah kolom pencarian alamat pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

Gudangalamat.com menyediakan direktori alamat perusahaan/kantor, database email dan nomor telpon penting di Indonesia, cari alamat perusahaan, cari nomer telepon, cari peta alamat dan lain sebagainya yang terangkum dalam database direktori alamat yang ada di gudangalamat.com