Rabu, 20 Mei 2015

6 Taman Nasional Di Pulau Sumatera Yang Bisa Dijadikan Tujuan Wisata

6 Taman Nasional Di Pulau Sumatera Yang Bisa Dijadikan Tujuan Wisata. Bagi Anda yang tengah merencanakan liburan ke Pulau Sumatera, maka setidaknya ada 6 Taman Nasional di pulau ini yang dijadikan kawasan pelestarian alam. Selain menjadi cagar alam, Taman Nasional ini juga sering dimanfaatkan sebagai tempat untuk penelitian, konservasi, ilmu pengetahuan, pembudidayaan tanaman untuk hutan dan sebagai sarana rekreasi/tempat wisata tentunya.

Negara kepulauan Indonesia sendiri saat ini memiliki setidaknya sekitar 50 taman nasional yang pengelolaannya dilakukan di bawah pengawasan Kementerian Kehutanan Republik Indonesia. Nah, dari sekian banyaknya Taman Nasional yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, setidaknya terdapat beberapa Taman Nasional populer yang terdapat di Pulau Sumatera. Oleh sebab itu bagi Anda yang hendak melakukan perjalanan wisata ke beberapa tempat ini bisa langsung mengajukan permohonan izin masuk ke Departemen Kehutanan setempat.

Berikut ini adalah beberapa taman nasional populer yang ada di Pulau Sumatera:

1. Taman Nasional Gunung Leuser


Taman Nasional Gunung Leuser


Taman nasional di Aceh ini merupakan tipe ekosistem hutan hujan tropika, hutan pantai, dataran rendah, dan pegunungan. Taman Nasional Gunung Leuser menjadi rumah bagi tumbuhan langka seperti bunga raflesia, daun payung raksasa, tumbuhan pencekik, serta satwa langka seperti orangutan, siamang, gajah Sumatera, badak Sumatera, harimau Sumatera, rusa sambar, kambing hutan, dan kucing hutan.

Istimewanya, Taman Nasional Gunung Leuser juga ditetapkan sebagai Cagar Biosfir oleh UNESCO dan Sister Park oleh Malaysia. Selain melihat aneka flora dan fauna langka, anda juga dapat mengunjungi sejumlah objek menarik di Taman Nasional Gunung Leuser seperti tempat perkemahan Sekundur, pusat penelitian primate Ketambe dan Suak, Sungai Alas, tempat rehabilitasi orang utan Bohorok, dan Gunung Leuser bagi anda para pendaki gunung.

2. Taman Nasional Kerinci Seblat

Taman Nasional Kerinci Seblat


Hutan taman nasional di Kerinci ini menjadi rumah bagi sejumlah tumbuhan langka seperti bunga bangka, bunga raflesia, kayu pacat, dan pinus kerinci, serta rumah bagi 139 jenis burung, 37 jenis mamalia, 10 jenis reptile, 8 jenis primata, dan 6 jenis amfibi. Hal lainnya yang sangat menarik dari taman nasional ini adalah adanya kucing emas yang misterius, suara tawa histeris burung gading, dan satwa primata yang dapat berjalan tegak dan menghilang dengan cepat.

Masyarakat setempat menamakan satwa ini "Orang Pendek". Sejumlah objek lainnya yang dapat dikunjungi di Taman Nasional Kerinci Seblat di antaranya Gunung Kerinci, Danau Gunung Tujuh, Rawa Ladeh Panjang, dan Goa Napal Licin.

3. Taman Nasional Bukit Dua Belas

Taman Nasional Bukit Dua Belas


Di taman nasional ini, anda dapat menemukan berbagai jenis tumbuhan, seperti bulian, meranti, kempas, jernang, jelutung, damar, dan rotan, serta satwa langka seperti siamang, beruk, kijang, meong cangkok, elang ular bido, kelinci Sumatera, dan lutra Sumatera. Tidak hanya bagi tumbuhan dan satwa langka, taman nasional di Jambi ini juga menjadi rumah bagi Orang Rimba selama puluhan tahun.

Mereka menyebut hutan ini sebagai tempat dimana mereka dapat berinteraksi dengan alam, saling memelihara, memberi, dan menghidupi. Untuk dapat bertahan hidup, Orang Rimba mencari ikan, berburu babi, menyadap karet untuk dijual, dan mencari madu.

Menarik lainnya: #Beberapa Lokasi Agro Wisata Terbaik

4. Taman Nasional Sembilang

Taman Nasional Sembilang


Taman nasional di Sumatera Selatan ini merupakan perwakilan hutan tepian sungai, hutan rawa gambut, dan hutan rawa air tawar. Di sini, anda dapat menemukan tumbuhan paku gajah, cemara laut, waru laut, gelam tikus, jelutung, menggeris, dan pandan, serta satwa seperti gajah Sumatera, tapir, siamang, kucing mas, rusa sambar, buaya, biawak, ikan sembilang, lumba-lumba air tawar, labi-labi besar, dan pastinya berbagai jenis burung.

Di Taman Nasional Sembilang inilah puluhan ribu burung asal Siberia dapat dilihat hingga bulan Oktober. Beberapa burung tersebut di antaranya blekok Asia, trinil tutul, undan putih, bluwok putih, bangau tongtong, dan dara laut sayap putih. Selain itu, anda dapat menelusuri objek lainnya di Sembilang seperti Semenanjung Banyuasin, Pulau Betet, Teluk Sekanak, dan Teluk Benawan.

5. Taman Nasional Bukit Barisan Selatan

Taman Nasional Bukit Barisan Selatan


Taman nasional di Provinsi Lampung ini merupakan rumah bagi aneka tumbuhan seperti nipah, pidada, cemara laut, pandan, meranti, keruing, mersawa, rotan, damar, bunga raflesia, bunga bangkai raksasa, bunga bangkai jangkung, dan anggrek raksasa, serta bagi satwa-satwa seperti beruang madu, badak Sumatera, harimau Sumatera, siamang, kancil, ungko, dan penyu sisik.

Di taman nasional inilah terdapat Danau Menjukut yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Sejumlah objek menarik yang dapat dikunjungi di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan di antaranya Hutan Sukaraja Atas, Way Sleman, dan Kubu Perahu.

6. Taman Nasional Way Kambas

Taman Nasional Way Kambas


Satu lagi taman nasional populer di Sumatera adalah Way Kambas. Taman nasional ini menjadi rumah bagi tumbuhan-tumbuhan seperti cemara laut, meranti, puspa, ketapang, gelam, nipah, pidada, dan api-api, serta aneka satwa seperti gajah Sumatera, harimau Sumatera, badak Sumatera, anjing hutan, siamang, bangau tong-tong, bangau sandang lawe, bebek hutan, ikan, insekta, amfibia, dan reptil.

Taman Nasional Way Kambas juga dikenal sebagai pusat latihan gajah. Di sinilah anda dapat menyaksikan atraksi gajah mulai dari berjabat tangan, hormat, bermain bola, menari, berenang, dan masih banyak lagi.

6 Taman Nasional Di Pulau Sumatera Yang Bisa Dijadikan Tujuan Wisata Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tri Haryadi

0 komentar:

Tentang GudangAlamat.Com

Selamat datang di gudangalamat.com situs penyedia pencarian alamat dan objek wisata di Indonesia dan dunia. Untuk mencari data alamat perusahaan maupun alamat lain yang ingin Anda cari, gunakanlah kolom pencarian alamat pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

Gudangalamat.com menyediakan direktori alamat perusahaan/kantor, database email dan nomor telpon penting di Indonesia, cari alamat perusahaan, cari nomer telepon, cari peta alamat dan lain sebagainya yang terangkum dalam database direktori alamat yang ada di gudangalamat.com