Minggu, 03 Mei 2015

Objek Wisata Yang Cocok Untuk Fotografi Suasana Tempo Dulu (Vintage)

Objek Wisata Yang Cocok Untuk Penggemar Fotografi Suasana Tempo Dulu (Vintage). Bagi sejumlah orang, foto merupakan oleh-oleh perjalanan yang kekal karena tidak akan lekang oleh waktu. Bahkan ada yang sampai ke suatu tempat demi mewujudkan konsep foto idamannya.


Mereka yang menyukai alam biasanya akan memburu pemandangan matahari terbit dan matahari terbenam di atas puncak gunung untuk jadi latar fotonya. Mereka yang gemar snorkeling akan berburu alam bawah laut terindah dan berfoto di sana bersama terumbu karang dan para ikan. Sementara yang gemar bernostalgia atau menyukai suasana vintage, pastinya akan memburu tempat-tempat yang hingga kini tetap terlihat jadul.

Memangnya ada tempat seperti itu? Tentu saja ada. Meskipun modernitas telah mengubah sebagian besar tatanan tempat di Indonesia, masih tersisa beberapa bagian yang dibiarkan seperti konsep awal karena dianggap indah. Berikut 5 tempat wisata di Indonesia untuk Anda yang ingin berfoto dengan nuansa kuno yang vintage.

1. Kota Tua Jakarta

Suasana Kota Tua Jakarta

Kota Tua yang kini telah terdaftar sebagai situs warisan budaya dunia merupakan salah satu tempat yang cocok untuk Anda yang ingin berfoto dengan nuansa vintage. Bagaimana tidak? Sejumlah bangunan di Kota Tua bergaya neoklasik khas Belanda. Saat berada di Kota Tua, jangan lewatkan kesempatan mengendarai sepeda ontel dengan mengenakan topi khas Bangsawan Belanda. Berawal dari alun-alun Kota Tua, Anda akan diarahkan menuju Menara Syahbandar yang pernah menjadi titik nol kilometer, lalu Museum Bahari yang menyimpan banyak ikan asli Nusantara yang telah diawetkan, Jembatan Raden Intan, Toko Merah, lalu kembali ke alun-alun Kota Tua.


Setidaknya terdapat 4 titik populer untuk berfoto di Kota Tua, yaitu bagian depan Museum Bank Indonesia dan Museum Bank Mandiri, Taman Fatahillah, lorong-lorong Kota Tua, dan Bar Bar Shop. Akan lebih baik lagi jika kamu menyelesaikannya hingga sore hari, karena bangunan-bangunan klasik ini akan memantulkan cahaya keemasan yang akan membuat foto Anda seolah berjiwa.

2. Jalan Braga Bandung

Jalan Braga Bandung

Bandung yang terkenal dengan taman-taman kotanya juga memiliki nuansa klasik tepat di jantung kotanya yaitu Kawasan Braga. Di kawasan yang berdekatan dengan Jl. Asia-Afrika ini Anda dapat melihat deretan bangunan tua yang menjadi saksi bisu perkembangan Kota Bandung di masa lalu.

Jalan Braga yang selalu hidup selama 24 jam dapat Anda susuri dengan berjalan kaki sambil Anda memotret setiap sudut keindahan bangunan kolonialnya. Anda juga dapat mengunjungi Toko Buku Djawa 79 yang tidak menghilangkan sisi kekunoannya hingga sekarang, Restoran Braga Permai yang menyajikan banyak menu makanan legendaries sejak zaman kolonial, dan Rumah Makan Sumber Hidangan yang berinterior klasik dan menyajikan es krim legendaris sejak tahun 1929.


3. Kota Lama dan Toko Oen Semarang

Toko Oen Semarang

Kota Lama Semarang dijuluki Little Netherland. Tidak heran memang, pasalnya berada di kawasan ini seolah membawa kita kepada masa pendudukan Belanda. Kawasan Kota Lama didominasi oleh bangunan bergaya Eropa. Bahkan kanal kecil di Kota Lama ini seperti kanal kecil di Amsterdam, Belanda. Bentuk jalanan hingga tanaman yang tumbuh di tepian jalan semakin memperkental suasana Eropa. Salah satu bangunannya yang menjadi landmark Kota Semarang adalah Gereja Blenduk yang bernama asli Nederlandsch Indische Kerk.

Hingga kini, Gereja Blenduk yang telah berganti nama menjadi GPIB Immanuel tetap digunakan sebagai tempat ibadah umat Kristiani. Setidaknya terdapat sekitar 50 bangunan kuno di Kota Lama yang akan membuat foto Anda semakin apik, seperti Stasiun Temarang Tawang, Gedung Kantor Pos, Taman Sri Gunting, dan Pabrik Rokok Praoe Lajar.

Oh ya, selain Kota Lama, Anda juga dapat mengunjungi Toko Oen yang menjual berbagai panganan khas tempo dulu, seperti Kaastangel, Kattetonge, Lidah Kucing, dan Es Krim Oen's Symphony. Semua makanan ini dibuat sesuai resep yang digunakan pada saat Toko Oen pertama kali dibuka pada tahun 1936. Hingga kini, Toko Oen kerap dikunjungi oleh oma-opa dari Belanda dan wilayah lain yang ingin bernostalgia. Bagi Anda yang kebetulan ingin membuat foto-foto prewedding, maka objek wisata di Semarang ini adalah lokasi yang sangat cocok bagi Anda dan pasangan.


Stasiun Solojebres Solo

Kota Solo yang merupakan salah satu pusat kebudayaan Jawa juga memiliki sisi klasik. Jangan lewatkan kesempatan berfoto di depan rumah dinas Walikota Solo, Gedung Bank Indonesia, Gereja Purbayan, Balai Kota, dan Benteng Vastenburg. Kemegahan Keraton Kasunanan Surakarta juga tidak boleh terlewatkan. Setiap sudutnya memperlihatkan kesan klasik Jawa yang megah namun sederhana.

5. Kota Tua Surabaya

Gedung tua samping Polrestabes Surabaya

Di masa lalu Surabaya pernah menjadi kota penting. Tidaklah heran bila banyak bangunan bergaya kolonial yang masih berdiri di kota ini. Sebut saja bangunan Gedung Tua yang ada di samping Polrestabes Surabaya, Hotel Majapahit, Hotel Ibis Surabaya, Bank Mandiri, Kantor PTPN, Kantor Bappeda, Kantor Pos Besar, dan Kantor Gubernur. Ingin menjelajahi lebih jauh? Ikuti saja tur mini Surabaya Heritage Track yang diadakan gratis oleh Museum House of Sampoerna. Dijamin, foto-foto Anda akan terlihat apik dengan latar bangunan-bangunan ini.

Objek Wisata Yang Cocok Untuk Fotografi Suasana Tempo Dulu (Vintage) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tri Haryadi

0 komentar:

Tentang GudangAlamat.Com

Selamat datang di gudangalamat.com situs penyedia pencarian alamat dan objek wisata di Indonesia dan dunia. Untuk mencari data alamat perusahaan maupun alamat lain yang ingin Anda cari, gunakanlah kolom pencarian alamat pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

Gudangalamat.com menyediakan direktori alamat perusahaan/kantor, database email dan nomor telpon penting di Indonesia, cari alamat perusahaan, cari nomer telepon, cari peta alamat dan lain sebagainya yang terangkum dalam database direktori alamat yang ada di gudangalamat.com