Selasa, 23 Juni 2015

10 Pasar Oleh-Oleh Populer Di Seluruh Indonesia


10 Pasar Oleh-Oleh Populer Di Seluruh Indonesia Kemanapun Anda berlibur, pastinya tidak akan lengkap bila tidak membawa oleh-oleh untuk diri sendiri maupun handai taulan. Indonesia memiliki banyak pasar oleh-oleh. Jika Anda berkunjung ke beberapa daerah ini, pastikan Anda mampir dan membawa oleh-oleh dari 10 pasar oleh-oleh berikut.

1. Pasar Atas, Bukittinggi

Pasar Atas, Bukittinggi

Bukan hanya Jam Gadang yang terkenal di kota ini, tapi juga Pasar Atas yang merupakan sentra songket dan souvenir khas Minang. Di pasar ini, Anda dapat menemukan banyak patung, kain sulaman aneka warna, songket,

kerajinan kayu, gantungan kunci, dan kuliner khas Sumatera Barat. Untuk songket sendiri terdiri dari empat jenis kain yaitu kain songket benag satu, dua, tiga, dan empat. Kain songket empat merupakan yang termurah dengan harga sekitar Rp 700.000 dan kain songket satu adalah yang termahal dengan harga sekitar Rp 2.000.000. Semakin tinggi tingkat kesulitan pembuatan songket, maka akan semakin mahal harganya. Belum puas menjelajahi Pasar Atas? Lanjutkan saja menuju Pasar Lereng dan Pasar Bawah.

2. Pasar Mangga Dua, Jakarta

Pasar Mangga Dua, Jakarta

Siapa yang tidak kenal dengan Pasar Mangga Dua. Pasar yang tidak kalah populer dengan Pasar Tanah Abang ini memang terkenal lengkap, mulai dari makanan, pakaian, pernak-pernik, hingga barang elektronik. Yang lebih enaknya lagi, harga-harga barang di Mangga Dua sangat kompetitif. Karena itulah, banyak pedagang dari dalam maupun luar kota yang membeli barang dari Mangga Dua untuk dijual kembali.


3. Pasar Pagi Cirebon

Pasar Pagi Cirebon

Meskipun disebut Pasar Pagi, pasar yang berlokasi di Jl. Siliwangi, Cirebon ini tidak hanya buka di pagi hari, melainkan hingga sore hari. Di pasar ini, Anda dapat menemukan berbagai kuliner khas Cirebon seperti abon udang, rengginang udang, terasi, petis, gapit, kerupuk melarat, kerupuk rambak, ikan asin sambal, dan sirup Campolay yang legendaris.

4. Pasar Klewer, Solo


Pasar Klewer, Solo

Pasar Klewer merupakan sentra tekstil Solo. Di pasar ini Anda dapat menemukan batik tulis, batik cab, dan berbagai kebaya dari setiap tempat di Jawa. Selain menjual batik, pasar ini juga menghadirkan penjahit yang semakin memantapkan citra Pasar Klewer sebagai pasar tekstil terbesar di Kota Solo. 

5. Pasar Triwindu, Solo

Pasar Triwindu, Solo

Ada Pasar Klewer yang menjadi pusatnya tekstil. Ada juga Pasar Triwindu yang merupakan pusat barang antik. Memasuki pasar ini, Anda akan merasa berada di zaman puluhan tahun lalu. Bangunan Pasar Triwindu yang dibuat dari kayu juga semakin menajamkan kesan kuno, etnik, dan unik. Di pasar ini, Anda dapat menemukan berbagai barang antic seperti telepon kuno, batik kuno, lukisan kuno, kerajinan logam, dan gramofon Eropa.

Di lantai dasar pasar Anda akan menemukan banyak pedagang aksesoris, buku langka, barang etnik, uang dan koin kuno, serta alat elektronik kuno. Sementara lantai dua pasar diisi oleh barang antic berukuran besar seperti sepeda ontel, alat otomotif edisi lama, tempat tidur, lemari, dan meja. Bila beruntung, Anda dapat menemukan benda-benda pusaka yang memiliki nilai sejarah tinggi.

6. Pasar Beringharjo, Yogyakarta

Pasar Beringharjo, Yogyakarta

Selain Malioboro, banyak wisatawan yang suka berbelanja di Pasar Beringharjo yang lokasinya memang berdekatan dengan Malioboro. Sesuai dengan nama belakangnya “Harjo” yang berarti kesejahteraan, Pasar Beringharjo merupakan sumber kesejahteraan bagi masyarakat yang berjualan di sana. Di pasar ini,

Anda dapat menemukan berbagai kain batik, pakaian batik, T-shirt, daster, gaun, celana longgar, dan sebagainya hampir sama dengan pasar Malioboro yang membedakannya koleksi batik di pasar Beringharjo lebih lengkap seperti batik Jogja, Solo, Pekalongan, Bantul, Lasem, dan Madura. Selain itu, masih ada berbagai tas anyaman eceng gondok yang modern, barang antik, pernik dapur, berbagai macam jamu, dan panganan.

7. Pasar Sukawati, Bali
Pasar Sukawati, Bali

Pasar seni yang berlokasi di Jl. Raya Guwang, Sukawati ini sering disambangi oleh wisatawan domestic maupun mancanegara. Di pasar seni ini Anda dapat menemukan berbagai baju khas Bali, lukisan, aksesoris, gantungan kunci, dan masih banyak lagi dengan harga murah. Tak perlu merogoh kocek dalam untuk berbelanja disini asal Anda pintar menawarnya. Pasar Sukawati ini sangat luas, Anda dapat bebas menjelajahinya hingga ke ujung pasar.

8. Kebun Sajoek, Pontianak
Kebun Sajoek, Pontianak

Pusat oleh-oleh yang berlokasi di Jl. Pattimura ini menjual aneka oleh-oleh khas Pontianak, mulai dari makanan, T-shirt, dan souvenir lainnya. Di tempat inilah Anda dapat menemukan berbagai olahan ikan, barang bermotif tribal, tombak, dan mandau.

9. Somba Opu, Makassar
Somba Opu, Makassar

Saat hendak pulang dari Makassar, jangan lupa mampir ke pusat oleh-olehnya yang bernama Somba Opu. Di sini Anda dapat menemukan kacang disko, minyak gosok cap Tawon, balsam cap Tawon, kain tenun Makassar, dan madu khas Makassar. Selain sebagai pusat oleh-oleh, Somba Opu juga diisi oleh pedagang aksesoris dan emas. Bila berminat, Anda dapat mampir ke sana.

10. Pasar Wamena
Pasar Wamena

Memang Pasar Wamen bukan pasar oleh-oleh, melainkan sebuah pasar tradisional yang menjual aneka kebutuhan pokok. Meskipun begitu, Anda tetap dapat menemukan souvenir khas Wamena di Pasar Wamena seperti kalung taring binatang dan noken.


Jika Anda berlibur ke daerah-daerah tersebut dan ingin membeli oleh-oleh ciri khas dari daerah-daerah tersebut dengan mudah? jangan lupa untuk mampir ke pasar atau pusat oleh-oleh di tiap daerah yang dikunjungi. Selamat berkunjung dan selamat berbelanja tentunya !!!!













10 Pasar Oleh-Oleh Populer Di Seluruh Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Julli Dellia

0 komentar:

Tentang GudangAlamat.Com

Selamat datang di gudangalamat.com situs penyedia pencarian alamat dan objek wisata di Indonesia dan dunia. Untuk mencari data alamat perusahaan maupun alamat lain yang ingin Anda cari, gunakanlah kolom pencarian alamat pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

Gudangalamat.com menyediakan direktori alamat perusahaan/kantor, database email dan nomor telpon penting di Indonesia, cari alamat perusahaan, cari nomer telepon, cari peta alamat dan lain sebagainya yang terangkum dalam database direktori alamat yang ada di gudangalamat.com