Kamis, 25 Juni 2015

4 Desa Wisata Di Ciwidey Yang Asri, Sejuk Dan Produktif

4 Desa Wisata Di Ciwidey Yang Asri, Sejuk, dan Produktif. Mengunjungi Bandung belum lengkap rasanya jika hanya berbelanja dan mencicipi makanan-makanannya. Sesekali cobalah mengunjungi desa wisata yang tersebar di berbagai sudut Bandung, dimana salah satu daya tariknya adalah Ciwidey yang berlokasi di selatan Bandung. Anda tentu mengenal Kawah Putih yang pernah menjadi latar Film Heart dan Film Falling In Love atau pernah melihatnya menjadi latar foto prawedding, FTV, dan video klip. Sepanjang perjalanan menuju Ciwidey, rimbunnya perkebunan teh, sayuran, dan stroberi akan menyegarkan “mata” Anda.

Ditambah lagi udara sejuknya yang menambah semangat untuk menjelajah. Ciwidey memang nyaman dan membuat Anda akan merasa rileks, lepas dari stres, dan betah. Mengunjungi desa wisata tentu menjadi pengalaman wisata yang unik dan tak terlupakan dibandingkan hanya berbelanja dan berburu makanan. Ada sekitar 10 desa wisata yang tersebar di Ciwidey, dimana masing-masing desa memiliki karakter yang berbeda namun tetap menghadirkan tradisi Sunda. Ada empat desa wisata di Ciwidey yang dapat Anda kunjungi:

1. Desa Alam Endah

Kawah Putih
Desa ini memiliki tiga objek wisata yang populer yaitu Taman Wisata Alam Kawah Putih, Bumi Perkemahan Rancaupas, dan Pemandian Cimanggu. Di desa seluas 555,55 ha ini, Anda bisa melihat hamparan kebun sayuran, stroberi, dan blackberry. Menyaksikan hamparan kebun stoberi tentu membuat tangan ini gatal untuk memetiknya. Namun jangan khawatir, Anda diperbolehkan untuk memetik buahnya langsung dari pohonnya. Selain itu, Anda juga dapat mempelajari cara pembudidayaan stoberi. Desa Alam Endah memiliki banyak produk unggulan makanan olahan stoberi seperti permen stroberi, selai, dodol, sambal stoberi, dan kerajinan tangan. Semua ini merupakan hasil olahan sejumlah industri rumah tangga. Bagi Anda yang ingin menginap, Anda bisa menyewa tempat tinggal warga dengan kisaran harga Rp 200.000 hingga Rp 500.000 per malam. Selain itu, Anda juga dapat menyantap kuliner khas setempat sambil menyaksikan anak-anak bermain outbond. Untuk sampai ke Desa Alam Endah, Anda bisa menggunakan rute Jakarta-Leuwi Panjang-Soreang-Ciwidey.

2. Desa Lebak Muncang




Desa ini sangat khas dengan produksi kopi luwaknya yakni kopi yang terbuat dari biji kopi yang keluar bersama kotoran luwak. Sama dengan Desa Alam Endah, Desa Lebakmuncang juga memiliki hamparan perkebunan stroberi. Selain stroberi, ada juga perkebunan daun bawang seledri, selada, dan engkol. Memang mayoritas penduduk desa ini berprofesi sebagai petani sehingga tidaklah heran jika melihat dimanapun terdapat kebun yang menyegarkan mata. Bagi Anda yang ingin mengenal lebih jauh Desa Lebakmuncang dan lebih puas menjelajahinya, sebaiknya Anda mengambil paket wisata dengan fasilitas trekking mengitari Desa Lebakmuncang, ilmu bercocok tanam, proses pembuatan kopi dan teh, dan homestay 1 malam dengan 3 kali makan.

3. Desa Rawabogo

Situs Gunung Padang
Desa ini terkenal dengan produksi terong belanda, kuliner tradisional, perkebunan, dan seni budaya. Di desa Rawabogo, Anda bisa membeli aneka makanan olahan terong belanda seperti puding terong dan dodol terong. Selain itu, Anda juga bisa membeli hasil produksi lainnya seperti keripik pisang, peuyeum, keripik nanas, alat musik kerinding, lukisan pelepah daun pisang, dan lukisan pasir laut. Desa Rawabogo juga terkenal dengan Situs Gunung Padang yang menyimpan banyak koleksi Megalitikum.

4. Desa Panundaan

Handycraft
Desa satu ini sangat unggul di bidang peternakan kelinci, perikanan, pertanian, dan kerajinan tangan. Mengunjungi desa ini, mata Anda akan segar saat melihat hamparan perkebunan stroberi, seledri, kol, brokoli, bawang, tomat, dan sayuran lainnya. Di desa ini juga Anda bisa mengikuti paket wisata yang meliputi pelajaran bercocok tanam, memanen sayuran, dan mengolah hasil pertanian. Bagi Anda yang ingin menginap, bisa menyewa homestay dengan kisaran harga Rp 200.000-Rp 300.000 per malam.


Menjelajahi desa-desa wisata akan memberikan pengalaman tersendiri yang tak terlupakan. Anda berkesempatan bertemu dengan orang-orang baru, mengenal budaya lokal setempat, menambah pengetahuan bercocok tanam secara langsung, dan membantu masyarakat lokal mengembangakan perekonomiannya dengan menanfaatkan potensi wisata dan sumber daya alam yang ada.

4 Desa Wisata Di Ciwidey Yang Asri, Sejuk Dan Produktif Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nanda f gustian

0 komentar:

Tentang GudangAlamat.Com

Selamat datang di gudangalamat.com situs penyedia pencarian alamat dan objek wisata di Indonesia dan dunia. Untuk mencari data alamat perusahaan maupun alamat lain yang ingin Anda cari, gunakanlah kolom pencarian alamat pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

Gudangalamat.com menyediakan direktori alamat perusahaan/kantor, database email dan nomor telpon penting di Indonesia, cari alamat perusahaan, cari nomer telepon, cari peta alamat dan lain sebagainya yang terangkum dalam database direktori alamat yang ada di gudangalamat.com