Selasa, 23 Juni 2015

6 Pantai Di Malang Yang Wajib Dikunjungi

6 Pantai Di Malang Yang Wajib Dikunjungi. Selama ini Kota Malang dikenal sebagai daerah pegunungan yang sejuk yang membuatnya didominasi oleh tempat wisata seperti perkebunan buah, pemandian, dan air terjun. Padahal Kota Malang tidak hanya soal tempat-tempat berhawa sejuk saja. Tahukah Anda bahwa Malang juga memiliki pantai yang tidak kalah cantik dengan pantai di Yogya, Bali, dan Lombok? Bagi Anda yang hendak berwisata ke Malang dan ingin merasakan suasana pantai, datanglah ke 6 pantai berikut.

1. Pantai Balekambang

Pantai Balekambang

Pantai di kawasan Malang Selatan ini memiliki ombak yang ganas, sehingga tidak memungkinkan untuk berenang terlalu jauh. Bisa dibilang kondisi Pantai Balekambang ini mirip dengan Pantai Tanah Lot, dimana terdapat pulau karang bernama Pulau Ismoyo yang lengkap dengan Pura Luhur Amertha Jati. Terdapat sebuah jembatan yang menghubungkan Pantai Balekambang dengan Pulau Ismoyo, namun wisatawan dilarang memasuki lokasi pura.

2. Pantai Goa Cina

Pantai Goa Cina

Pantai yang berlokasi di Malang ini ditemukan oleh pertapa keturunan Cina pada tahun 1950. Pertapa tersebut juga menemukan sejumlah goa di sekitar Pantai Goa Cina. Dan kabarnya, hingga kini goa-goa tersebut masih digunakan untuk bermeditasi. Jika dilihat sekilas, permukaan laut pantai ini tampak tenang. Padahal sebenarnya arus bawah lautnya cukup kuat, bahkan terdapat jurang di dasarnya. Oleh karena itulah, pengunjung dilarang untuk berenang di Pantai Goa Cina. Meskipun begitu, Anda tidak perlu kecewa, karena Anda tetap dapat menikmati keindahan pantainya.

3. Pantai Bajul Mati

Pantai Bajul Mati

Sekitar 10 menit berkendara dari Pantai Goa Cina terdapat Pantai Bajulmati. Bajul sendiri berarti buaya. Jangan berpikiran bahwa pantai ini memiliki buaya. Sama sekali tidak. Pantai Bajulmati dikelilingi oleh gugusan bukit yang terlihat seperti buaya. Itulah asal nama Pantai Bajulmati ini. Pantai Bajulmati sendiri memiliki banyak batu karang yang dapat memecah ombak secara alami, sehingga relatif aman. Meskipun begitu, pengunjung tetap dilarang berenang karena pantai ini sebenarnya memiliki ombak laut khas pantai selatan yang besar.

Jika Anda ingin berenang, pergilah ke sebelah barat. Di sana Anda bisa bermain air sepuasnya. Pantai Bajulmati juga memiliki Camping Ground. Jadi Anda dapat mendirikan tenda dan berkemah di sana. Bila memiliki waktu luang, datanglah pada bulan Agustus. Pada bulan itu, diadakan prosesi Larung Ketupat yang membuat Pantai Bajulmati ramai pengunjung. Adapun ritual ini ditujukan sebagai bentuk pembelajaran kepada manusia agar tetap mengingat dirinya yang menjadi bagian dari alam.

4. Pantai Licin

Pantai Licin

Anda penyuka pemandangan matahari terbit wajib datang ke Pantai Licin yang terletak di Dusun Lebakharji, Ampelgading. Berbeda dari pantai-pantai kebanyakan yang berpasir putih, Pantai Licin memiliki pasir berwarna hitam. Konon, pasir hitam ini berasal dari lahar letusan Gunung Semeru pada masa lampau. Yang pasti, Pantai Licin merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati pemandangan matahari terbit. Oh ya, dari pantai ini juga Anda dapat melihat Pulau Nusa Barung.

5. Pantai Sipelot

Pantai Sipelot

Pantai ini biasa dikenal dengan Pantai Pujiharjo karena letaknya yang berada di Desa Pujiharjo. Meskipun indah, pantai ini cukup sepi. Pantai Sipelot berbentuk teluk dengan pasir pantainya yang berwarna cokelat. Sungguh paduan yang indah dengan air lautnya yang biru jernih. Namun, ombaknya yang cukup besar tidak memperbolehkan Anda untuk berenang.

Keindahan Pantai Sipelot tidak berhenti sampai di situ saja. Masih ada air terjun kecil bernama Coban Sipelot yang dapat dilihat dari bibir pantai. Sayangnya, akses menuju Coban Sipelot cukup terjal sehingga sulit dilalui. Sepanjang perjalanan menuju Pantai Sipelot, Anda akan disuguhi pemandangan indah berupa pepohonan rindang di kiri kanan jalan.

6. Pantai Kondang Merak

Pantai Kondang Merak

Masih di Malang Selatan, terdapat pantai di kawasan Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur yaitu Pantai Kondang Merak. Lokasi pantai ini tidak jauh dari Pantai Balekembang. Dan dinamai Kondang Merak karena pantai ini memiliki kondang (muara) yang dulunya dihuni oleh Burung Merak. Dibandingkan dengan Pantai Balekembang, Pantai Kondang Merak masih tergolong sepi. Suasananya sangat cocok untuk Anda yang menyukai suasana tenang.

Pemandangan matahari terbit Pantai Kondang Merak tidak kalah cantik dengan pantai-pantai populer lainnya, begitu juga dengan pemandangan matahari terbenamnya. Anda juga dapat berkemah di pantai ini dan bangunlah saat menjelang pukul 3 pagi. Saat itu, suasana Pantai Kondang Merak akan dipenuhi cahaya lampu milik para pencari ikan.

Itulah 6 pantai di Malang yang wajib Anda kunjungi, walaupun Anda tidak boleh berenang tetapi ke 6 pantai diatas cocok untuk Anda yang suka ketenangan apa lagi bagi Anda yang suka fotografi. Malang tidak hanya soal pegunungan dan kesejukan udaranya.

Oleh karena itu, jangan lupa kunjungi pantai-pantainya ya!

6 Pantai Di Malang Yang Wajib Dikunjungi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nanda f gustian

0 komentar:

Tentang GudangAlamat.Com

Selamat datang di gudangalamat.com situs penyedia pencarian alamat dan objek wisata di Indonesia dan dunia. Untuk mencari data alamat perusahaan maupun alamat lain yang ingin Anda cari, gunakanlah kolom pencarian alamat pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

Gudangalamat.com menyediakan direktori alamat perusahaan/kantor, database email dan nomor telpon penting di Indonesia, cari alamat perusahaan, cari nomer telepon, cari peta alamat dan lain sebagainya yang terangkum dalam database direktori alamat yang ada di gudangalamat.com