Senin, 22 Juni 2015

7 Tempat Menarik di Kota Tua Jakarta Yang Wajib Dikunjungi

7 Tempat Menarik di Kota Tua Jakarta Yang Wajib Dikunjungi. Bosan ke mall pada hari libur? Mau cari suasana yang berbeda? Yuk ke Museum di Kota Tua Jakarta. Tentu tidak terdengar asing lagi bagi kalangan wisatawan, semakin hari Kota Tua semakin populer dan semakin ramai, bahkan telah tercantum dalam nominasi Situs Warisan Dunia. Hebat bukan? Sebagaimana yang kita ketahui, Kota Tua merupakan salah satu bukti kedatangan Bangsa Belanda ke Indonesia. Di kawasan ini, atmosfer kolonial benar-benar terasa, seperti bangunan-bangunannya yang bergaya Eropa.

Pada masa lampau, Kota Tua adalah kawasan penting yang mencakup wilayah Pelabuhan Sunda Kelapa hingga Museum Bank Indonesia. Dulunya, Pelabuhan Sunda Kelapa merupakan pelabuhan tersibuk dalam perdagangan internasional. Sementara Museum Bank Indonesia bersama dengan Museum Fatahillah menjadi pusat pemerintahan kolonial. Meskipun Indonesia telah merdeka dan penjajah Belanda telah hengkang, bukan berarti bangunan-bangunan Kota Tua ikut mati. Beberapa bangunan beralih fungsi menjadi tujuan wisata tanpa mengubah bentuk bangunan lama. Lalu, apa saja yang ada di Kota Tua? Berikut ulasannya.

1. Museum Fatahillah

Museum Fatahillah

Museum yang juga dikenal sebagai Museum Sejarah Jakarta ini menyimpan banyak koleksi bersejarah, seperti prasasti, meriam, keramik, furniture, koleksi foto, dan artefak lainnya yang turut menyertai perkembangan Jakarta hingga saat ini. Sebelum dijadikan museum, gedung ini merupakan balai kota yang juga dijadikan sebagai pengadilan. Di bagian belakang museum, Anda dapat melihat penjara bawah tanah, tempat para tahanan dieksekusi. Selain penjara bawah tanah, terdapat juga meriam berukuran besar.

2. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia

Dulunya bangunan ini merupakan Binnen Hospital, yang kemudian berubah menjadi De Javasche Bank (cikal bakal Bank Indonesia). Di dalam museum ini, Anda dapat mengetahui peran Bank Indonesia dalam catatan perjalanan Bangsa Indonesia, mulai dari sebelum kedatangan bangsa barat ke Indonesia sampai terbentuknya Bank Indonesia. Semua informasi tersaji dengan menarik dengan memanfaatkan diorama, televisi plasma, dan display elektronik.

3. Museum Bank Mandiri


Museum Bank Mandiri

Pada awalnya, gedung museum ini merupakan gedung perusahaan dagang Belanda yang selanjutnya berkembang menjadi perusahaan perbankan. Di dalam Museum Bank Mandiri ini Anda akan menjumpai banyak koleksi perbankan, seperti perlengkapan operasional bank, koleksi uang numismatic, mesin hitung uang, surat berharga, dan buku besar. Semua koleksi ini dapat Anda nikmati di ruang pameran yang didesain menarik yang akan membuat Anda merasakan atmosfer nuansa perbankan masa lampau.

4. Museum Wayang

Museum Wayang

Pada tahun 1640, gedung ini dibangun sebagai Gereja Lama Belanda, kemudian pada tahun 1732 diperbaiki dan diganti menjadi Gereja Baru Belanda sampai tahun 1808. Di tahun yang sama, gereja ini hancur akibat gempa bumi dan di atas tanah reruntuhan itulah didirikan gedung museum wayang. Di Museum Wayang ini, dipamerkan berbagai wayang dari seluruh Nusantara, baik itu wayang kayu, wayang kulit, maupun wayang dari bahan lain. Tidak hanya wayang Indonesia, wayang mancanegara juga ikut dipamerkan, seperti wayang Kamboja dan Tiongkok. Selain menampilkan aneka wayang, Museum Wayang juga menampilkan topeng, boneka Eropa dan Asia, dan gamelan.

5. Museum Seni Rupa dan Keramik

Museum Seni Rupa dan Keramik

Awalnya gedung museum ini merupakan Kantor Dewan Kehakiman pada zaman Pemerintahan Hindia Belanda dan menjadi asrama militer TNI pada masa perjuangan kemerdekaan. Selanjutnya, pada tahun 1990 bangunan ini dijadikan sebagai Museum Seni Rupa dan Keramik. Di dalam museum ini, disajikan karya-karya para seniman Indonesia mulai dari era 1800-an hingga sekarang. Koleksi seni lukis dibagi menjadi tujuh ruangan yaitu ruang masa Raden Saleh, Hindia Jelita, Persagi, Masa Pendudukan Jepang, Pendirian Sanggar, Sekitar Kelahiran Akademis Realisme, dan Seni Rupa Baru Indonesia. Koleksi seni rupa menampilkan aneka patung, sementara koleksi keramik menampilkan aneka keramik dari Nusantara dan mancanegara.

6. Toko Merah

Toko Merah

Toko bercat warna merah ini didirikan oleh penggagas bangunan Istana Bogor, Baron Van Imhoff. Memasuki Toko Merah, Anda akan mendapati suasana kolonial dengan aneka perabotan kolonial yang masih terjaga keasliannya. Sayangnya, untuk memasuki Toko Merah, pengunjung tidak bisa masuk sesukanya seperti memasuki tempat lainnya di Kota Tua. Untuk memasuki Toko Merah, Anda harus mendapatkan izin dari pihak berwajib. Biasanya Toko Merah ini digunakan untuk wokshop fotografi atau di sewa untuk foto pre-wedding

7. Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan Sunda Kelapa

Inilah pelabuhan kuno di kawasan Kota Tua yang dulunya menjadi pelabuhan perdagangan internasional. Di pelabuhan bersejarah ini, Anda dapat berkeliling meniti perjalanan sejarah, seperti menyaksikan Galangan Kapal dan gedung-gedung VOC di sisi selatan pelabuhan. Bagi Anda yang ingin mengunjungi Pelabuhan Sunda Kelapa, sebaiknya datanglah pada pagi dan sore hari untuk mendapatkan momen berfoto yang cantik dengan latar belakang kapal-kapal besar dan langit cerah saat pagi dan oranye saat sore. Cuaca pelabuhan ini relatif panas, jadi pastikan Anda mengenakan pakaian yang nyaman ya!

Itulah 7 tempat menarik di Kota Tua Jakarta yang wajib Anda kunjungi. Jika ingin lebih menikmati, sebaiknya Anda tidak datang pada akhir pekan karena sangat ramai pengunjung. Selain berwisata sejarah, Anda juga bisa menambah koleksi foto dengan latar bangunan-bangunan kolonial yang eksotis.

7 Tempat Menarik di Kota Tua Jakarta Yang Wajib Dikunjungi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nanda f gustian

0 komentar:

Tentang GudangAlamat.Com

Selamat datang di gudangalamat.com situs penyedia pencarian alamat dan objek wisata di Indonesia dan dunia. Untuk mencari data alamat perusahaan maupun alamat lain yang ingin Anda cari, gunakanlah kolom pencarian alamat pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

Gudangalamat.com menyediakan direktori alamat perusahaan/kantor, database email dan nomor telpon penting di Indonesia, cari alamat perusahaan, cari nomer telepon, cari peta alamat dan lain sebagainya yang terangkum dalam database direktori alamat yang ada di gudangalamat.com