Selasa, 23 Juni 2015

7 Tempat Wisata Di Jakarta Utara Selain Taman Impian Jaya Ancol

7 Tempat Wisata Di Jakarta Utara Selain Taman Impian Jaya Ancol Jakarta, kota metropolitan yang sibuk. Itu bisa dilihat dari banyaknya gedung besar dan kemacetan di setiap ruas jalan. Meskipun begitu, sebagai ibukota negara, Jakarta memiliki banyak tempat wisata yang mengundang kedatangan banyak orang, tidak hanya dari sekitar Jakarta. Tapi juga dari luar Jakarta. Salah satu bagian Jakarta yang memiliki banyak tempat wisata adalah Jakarta Utara. Selain memiliki banyak mall, Jakarta Utara juga memiliki banyak tempat wisata. Salah satunya yang sangat terkenal adalah Taman Impian Jaya Ancol.


Di kawasan wisata terpadu ini terdapat banyak objek yang dapat dikunjungi seperti Dunia Fantasi, Atlantis Water Adventure, Sea World, Gelanggang Samudera, Padang Golf, marina, pantai, pasar seni, kereta gantung, kios souvenir dan kuliner. Yang pasti, Ancol menjadi menarik minat banyak orang karena banyaknya permainan seru yang dihadirkan. Selain Ancol, masih banyak tempat wisata lainnya yang tidak kalah menarik. Berikut ulasannya.

1. Pelabuhan Sunda Kelapa
Pelabuhan Sunda Kelapa

Pelabuhan inilah yang menjadi awal mula terbentuknya Jakarta. Sebagaimana pelabuhan pada umumnya, Anda dapat melihat banyak kapal besar yang sebagian besar merupakan kapal pinisi. Kawasan pelabuhan ini menawarkan keindahan masa lampau dengan banyaknya bangunan peninggalan sejarah di sekitarnya. Jika Anda ingin berfoto-foto, lebih baik datanglah pada saat menjelang matahari terbenam. Dengan warna langit berwarna oranye dan berlatarkan kapal-kapal besar, foto Anda akan terlihat sangat cantik.

2. Museum Bahari
Museum Bahari

Museum yang terletak di depan Pelabuhan Sunda Kelapa ini menyimpan berbagai koleksi benda yang berkaitan dengan dunia pelayaran. Sebelumnya bangunan Museum Bahari merupakan gudang penyimpanan rempah-rempah yang akan dijual VOC ke Eropa. Beberapa koleksi yang dapat dilihat di Museum Bahari antara lain miniature kapal zaman dahulu dan sekarang, jangkar, teropong, perlengkapan pelayaran, data jenis ikan, koleksi lagu dan cerita para nelayan. 

3. Kampunng Luar Batang

Kampung Luar Batang

Di belakang Museum Bahari terdapat Kampung Luar Batang yang merupakan peninggalan sejarah. Kampung Luar Batang yang telah berdiri sejak 1630 ini diyakini sebagai pemukiman paling tua di Jakarta. Satu yang paling populer dari Kampung Luar Batang adalah bangunan masjidnya yang didalamnya terdapat Makam Habib Husein. Banyak sekali orang yang datang berziarah ke Makam Habib Husein ini. Tidak hanya masyarakat lokal, wisatawan mancanegara pun datang untuk berziarah. Kampung Luar Batang sangat cocok didatangi oleh Anda penggemar wisata sejarah dan religi.

4. Jakarta Islamic Center
Jakarta Islamic Center

Di Jalan Kramat Raya terdapat sebuah tempat pembelajaran agama Islam yang disebut Jakarta Islamic Centre. Sebelumnya lokasi ini merupakan tempat hiburan malam. Istimewanya, sekarang lokasi yang sama dijadikan sebagai pusat pendidikan agama Islam kebanggaan warga Jakarta. Di Jakarta Islamic Centre ini, Anda tidak hanya akan menemukan masjid tapi juga perpustakaan yang akan menambah pengetahuan dan wawasan Anda mengenai Islam. Jakarta Islamic Centre sangat cocok untuk Anda penggemar wisata religi.

5. Kampung Marunda
Kampung Marunda

Sebuah pemukiman nelayan dengan suasana tenang dan damai, itulah Kampung Marunda yang cocok menjadi pelarian dari penatnya Jakarta yang sibuk. Di kampung ini, masyarakat bekerja dari lahan tambak berukuran besar secara turun-temurun. Anda dapat menyewa alat pancing untuk memancing di tambak tersebut. Bahkan Anda juga bisa menyantap hidangan berbahan dasar hasil tambak di warung-warung sekitar tambak.

6. Kampung Tugu
Kampung Tugu

Di pinggiran Jakarta Utara terdapat tempat wisata sejarah bernama Kampung Tugu. Bila Kota Tua merupakan peninggalan sejarah Belanda, maka Kampung Tugu merupakan peninggalan sejarah Portugis. Memasuki kawasan ini, Anda akan disambut oleh pemakaman orang-orang Tugu yaitu keturunan Portugis. Selain makam, Anda juga dapat melihat Gereja Tugu yang berdiri pada tahun 1678 dan masih ada hingga sekarang.

7. Suaka Margasatwa Muara Angke

Suaka Margasatwa Muara Angke

Inilah satu-satunya hutan di Jakarta yang dilindungi pemerintah. Suaka Margasatwa Muara Angke merupakan hutan bakau yang berada tepat di depan perumahan Pantai Indah Kapuk. Di taman suaka margasatwa ini, Anda dapat melihat banyak pepohonan dan satwa seperti monyet, biawak, dan burung. Untuk menelusuri hutan ini, Anda bisa menelusuri jembatan kayu sepanjang 800-an meter atau menggunakan perahu.


Selain tujuh di atas, masih ada Sentra Perikanan Muara Angke, dimana Anda dapat membeli ikan-ikan segar dari nelayan yang baru menepi dengan harga murah. Selain membeli ikan segar, Anda juga dapat menyantap hidangan ikan bakar di tempat ini. Itulah 7 tempat wisata di Jakarta Utara selain Taman Impian Jaya Ancol yang sangat variatif. Pastikan Anda tidak lupa mengunjunginya ya!



7 Tempat Wisata Di Jakarta Utara Selain Taman Impian Jaya Ancol Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Julli Dellia

0 komentar:

Tentang GudangAlamat.Com

Selamat datang di gudangalamat.com situs penyedia pencarian alamat dan objek wisata di Indonesia dan dunia. Untuk mencari data alamat perusahaan maupun alamat lain yang ingin Anda cari, gunakanlah kolom pencarian alamat pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

Gudangalamat.com menyediakan direktori alamat perusahaan/kantor, database email dan nomor telpon penting di Indonesia, cari alamat perusahaan, cari nomer telepon, cari peta alamat dan lain sebagainya yang terangkum dalam database direktori alamat yang ada di gudangalamat.com