Selasa, 23 Juni 2015

Mencicipi Kuliner Lokal Indonesia Di 7 Festival Kuliner Ini


Mencicipi Kuliner Lokal IndonesiaDi 7 Festival Kuliner Ini Mau mencicipi kuliner khas setiap kota di Indonesia, tapi bingung mau mencari kemana? Kamu bisa menemukannya di festival-festival kuliner yang berlangsung di setiap kota. Setidaknya terdapat 7 festival kuliner di Indonesia. 


1. Festival Rendang di Padang
Festival Rendang Di Padang

Tidak asing dengan makanan khas yang satu ini olahan daging sapi yang dibaluri dengan bumbu-bumbu khasnya dengan ciri rasa sedikit pedas berwarna merah kecoklatan siapa lagi kalau bukan Rendang, berasal dari Padang, Sumatera Barat. Di Padang, Sumatera Barat terdapat Festival Rendang atau marandang pertama kali dilakukan pada tahun 2011 atas dinobatkannya rendang sebagai peringkat pertama dalam nominasi World’s 50 Most Delicious Food.

Setiap tahunnya, pihak penyelenggara menghabiskan sekitar 100 kg daging sapi dengan melibatkan puluhan kelompok untuk berlomba mengolah rendang yang berhadiah jutaan rupiah. Untuk kamu yang belum ingin mencicipi rendang di tempat asalnya, datang saja ke Festival Rendang di Padang, Sumatera Barat yang biasanya digelar setiap akhir tahun.

2. Jakarta Fashion and Food Festival di Jakarta
Jakarta Fashion Anda Food Festival Di Jakarta

Kamu yang ingin bernostalgia dengan jajanan masa kecil bisa datang ke Jakarta Fashion Food Festival. Pasalnya festival kuliner satu ini menghadirkan Kampung Tempoe Doeloe yang menyajikan jajanan Betawi tempo dulu seperti roti buaya, gulali kacang, kembang tahu, tahu gejrot, kue pisang udang, apem kinca duren, dan tauge goreng.

Selain jajanan tempo dulu, ada juga makanan berat seperti ayam kodok, mie kangkung, tahu gunting Surabaya, dan pempek panggang. Tidak hanya Kampoeng Tempoe Doeloe, JFFF juga menghadirkan Wine and Cheese Expo yang menyajikan menu wine, keju, dan cokelat dari Australia, New Zealand, Italia, Prancis, Jerman, dan Portugal. 

3. Festival Seni Budaya Betawi Hutan Kota Srengseng di Jakarta Barat
Festival Seni Budaya Betawi Hutan Kota Srengseng Di Jakarta Barat

Festival yang telah digelar sepuluh kali ini diikuti oleh banyak warga Jakarta. Dalam festival ini, pengunjung dapat menikmati berbagai kuliner khas Betawi seperti soto Betawi, asinan, bakso, dan aneka kuliner lainnya. Selain berwisata kuliner, pengunjung juga dihibur dengan pagelaran kesenian seperti ondel-ondel, gambang, kromong, palang pintu, dan marawis.

Festival satu ini memang beda dari festival pada umumnya karena diselenggarakan di hutan kota yang sejuk. Dalam festival ini disediakan beberapa bazaar seperti bazaar kuliner Betawi dan produk unggulan. Tidak hanya itu, Festival Seni Budaya Betawi ini juga mengadakan lomba memancing, panjat pinang, lomba olahraga tradisional Betawi, dan lomba memasak kuliner khas Betawi.

4. Braga Culinary Festival di Bandung
Braga Culinary Festival Di Bandung

Acara kuliner ini merupakan yang pertama kali diselenggarakan di Bandung pada tahun 2014. Dalam festival ini, dihadirkan berbagai macam makanan dan minuman mulai yang termurah seperti gorengan dan nasi goreng, harga sedang seperti sushi, hingga yang termahal seperti steak.

5. Festival Rujak Uleg di Surabaya
Festival Rujak Uleg Di Surabaya

Setiap tahun Surabaya menggelar Festival Rujak Uleg. Rujak Uleg sendiri merupakan jenis rujak yang disirami saus dari campuran kacang, petis, cabe, dan bawang putih. Terdapat 2 jenis Rujak Uleg yaitu Rujak Uleg Sayur dan Buah. Uniknya, peserta festival ini mengenakan kostum unik dan mereka membuat rujak sambil berjoget. Benar-benar unik, lucu, dan penuh tawa. Biasanya Festival Rujak Uleg ini diselenggarakan di pertengahan tahun. Pastikan kamu mengikuti festival tahun ini ya.

6. Festival Banyuwangi
Festival Banyuwangi

Festival Banyuwangi pertama kali digelar pada tahun 2014 dengan tema “Rujak Soto”. Dalam festival kuliner ini, pengunjung disuguhi kuliner khas Banyuwnagi yaitu Rujak Soto yang mencampurkan rujak sayur dan soto. Sebanyak ratusan peserta mengikuti festival ini, mulai dari masyarakat umum, penjual rujak soto kaki lima hingga koki restoran hotel. Semua berlomba-lomba membuat rujak soto yang lezat dengan bahan-bahan seperti tauge, sayur kangkung, tahu, tempe, emping melinjo, udang, kacang, petis, gula merah, garam, dan kuah soto.

Selain rujak soto, disuguhkan juga kuliner khas lainnya seperti sayur lompong using, bakso using, pecel rawon, sego gepuk remuk, sego tempong, dan tahu petis gandrung. Berbeda dengan tahun 2014, kabarnya tahun 2015 ini temanya berganti menjadi “Sego Tempong” yakni kuliner Banyuwangi yang terkenal pedas. Sego Tempong ini terdiri dari nasi, tahu, tempe, dadar jagung, ikan asin, terong rebus, sayur bayam, sayur sawi, dan selada air. Penasaran dengan kuliner khas Banyuwangi? Datang saja ke Festival Banyuwangi yang pada tahun ini bertema “Festival Sego Tempong”.

7 . Festival Teluk Jailolo di Halmahera Barat
Festival Teluk Jailolo Di Halmahera Barat

Halmahera Barat memiliki festival yang biasa diselenggarakan pada bulan Mei setiap tahunnya. Dalam festival ini, pengunjung akan disuguhkan kuliner khas Jailolo seperti sate jantung pisang, papeda, ikan bakar rica, sogili touuw yaitu belut masak bumbu, dan goreng pisang mulut bebek yang dimakan dengan sambal terasi.

Tertarik mencicipi satu per satu kuliner lokal Indonesia? Kamu cukup mengunjungi festival kuliner yang diselenggarakan di setiap kota.

Mencicipi Kuliner Lokal Indonesia Di 7 Festival Kuliner Ini Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Julli Dellia

0 komentar:

Tentang GudangAlamat.Com

Selamat datang di gudangalamat.com situs penyedia pencarian alamat dan objek wisata di Indonesia dan dunia. Untuk mencari data alamat perusahaan maupun alamat lain yang ingin Anda cari, gunakanlah kolom pencarian alamat pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

Gudangalamat.com menyediakan direktori alamat perusahaan/kantor, database email dan nomor telpon penting di Indonesia, cari alamat perusahaan, cari nomer telepon, cari peta alamat dan lain sebagainya yang terangkum dalam database direktori alamat yang ada di gudangalamat.com