Selasa, 23 Juni 2015

Menyambangi 6 Warung Kopi Legendaris Di Indonesia


Menyambangi 6 Warung Kopi Legendaris Di Indonesia Kopi, siapa yang tidak mengenal minuman berwarna hitam ini? Minuman yang membuat mata melek jika rasa kantuk melanda, berwarna hitam ini tak asing untuk semua kalangan dan kopi adalah minuman yang digemari oleh semua orang, seiring dengan modernitas banyak kawula muda yang mulai menggilai kopi dengan campuran bahan-bahan tertentu, seperti white coffee, mocca, espresso, macchiato, vanilla coffee, dan sebagainya, dimana mereka kemudian berkumpul dan membentuk komunitas pecinta kopi.

Meskipun saat ini telah banyak varian kopi, tetap saja ada kesan yang berbeda saat menyeruput kopi tradisional yang telah ada sejak dulu. Di beberapa tempat di Indonesia terdapat warung-warung kopi legendaries yang telah berdiri sejak lama. Di sinilah kopi tidak hanya berperan sebagai pengusir rasa kantuk, tapi juga penjalin persahabatan antar pengunjung tak heran jika kopi juga-lah yang mempertemukan orang-orang yang sebelumnya tidak saling mengenal berujung pada perkenalan dan minum kopi bersama.

Tidaklah heran bila warung-warung kopi legendaris ini tetap bertahan hingga sekarang dan tetap dikunjungi oleh mereka yang selalu rindu bernostalgia. Berikut beberapa warung kopi legendaries di Indonesia yang patut anda sambangi.

1. Warung Kopi Tung Tau, Pangkal Pinang

Warung Kopi Tung Tau, Pangkal Pinang

Warung kopi yang didirikan pada tahun 1938 ini kini telah dikelola oleh generasi ketiga Fung Tung Tau. Yang terkenal dari warung kopi ini adalah penyajian kopi bersama kue semprong buatan sendiri. Warung kopi yang pertama kali hanya berlokasi di Sungai Liat ini kini telah memiliki tiga gerai yakni di Soekarno-Hatta, Toniwen, dan Semabung. Selain menyajikan kopi dan kue semprong, Warung Kopi Tung Tau juga menyajikan roti bakar aneka rasa.

2. Kedai Kopi Ake, Tanjung Pandan

Kedai Kopi Ake, Tanjung Pandan

Kedai kopi ini disebut sebagai yang tertua di Tanjung Pandan yakni sejak tahun 1922. Hampir 1 abad sejak kedai ini berdiri, namun peralatan yang digunakan tetap sama, mulai dari gentong, alat penyulingan air, hingga ketel, dimana sebagian besar perkakas ini terbuat dari tembaga yang jika rusak akan mudah diperbaiki.


Dulunya Kedai Kopi Ake ramai dikunjungi pekerja timah. Kedai Kopi Ake menempati bangunan tua dengan kursi-kursi kayu rumahan dan meja bundar besar yang terbuat dari semen yang sudah berusia tua.

3. Kedai Kopi Kok Tong di Pematangsiantar


Kedai Kopi Kok Tong Do Pematangsiantar

Kedai kopi tertua di Pematangsiantar ini teah ada sejak tahun 1925. Kedai kopi ini hanya menyediakan dua menu kopi yaitu kopi hitam dan kopi susu yang bisa disajikan dalam suhu panas maupun dingin. Penampilan kopi susu dinginnya sangat menggiurkan dengan adanya busa kopi yang menyerupai bir. Di kedai ini, kaum wanita dan remaja lebih suka membeli kopi susu, sedangkan kaum pria lebih suka membeli kopi O.

4. Kopi Es Tak Kie, Glodok


Kopi Es Tak Kie, Glodok

Warung kopi es ini telah berdiri sejak tahun 1927, namun pada masa itu bukan kopi yang menjadi primadona dagangannya, melainkan teh. Lambat laun kopi pun mulai disukai dan mendominasi. Di masa lalu segelas kopi di warung kopi ini menjadi teman cakwe yang dicelupkan ke dalam kopi. Selain cakwe, dulunya Tak Kie juga menjual roti srikaya. Namun seiring berjalannya waktu, menu-menu kuliner Tak Kie mulai berubah. Kini, Tak Kie hanya menyajikan es kopi hitam, kopi hitam, es kopi susu, dan kopi susu.

5. Warung Kopi Suka Hati, Pontianak


Warung Kopi Suka Hati, Pontianak

Tidak ada yang istimewa dari bangunan warung kopi yang telah berdiri sejak tahun 1942 ini. Yang istimewa tentu saja kopinya yang terasa pahit dengan sedikit sentuhan rasa manis. Dalam peracikan kopi, sang barista memasukkan gula setelah bubuk kopi dicampurkan dengan air mendidih, agar rasa dan panasnya tidak berkurang.

Selain kopinya, Warung Suka Hati juga terkenal karena panganannya berupa roti, pisang goreng, dan talas yang dilumuri selai sari kaya buatan sendiri.

6. Kedai Kopi Phoenam, Makassar


Kedai Kopi Phoenam, Makassar

Kedai kopi yang telah buka sejak tahun 1946 ini berlokasi di Kawasan Chinatown, Makassar. Di kedai kopi ini, anda dapat mencicipi aneka jenis kopi Sulawesi seperti Kopi Toraja. Selain menikmati kopi hitam, Kedai Kopi Phoenam juga menyajikan Es Kopi Hitam, Teh Tarik, Es Soda Gembira, roti, dan mi instan. Adapun bangunan kedai kopi ini masih sama seperti saat pertama kali dibuka. 


pecinta kopi? Jika Anda pecinta kopi dan penasaran dengan rasa kopi hitam dari jaman ke jaman tak berubah, silahkan datang saja langsung ke tempat-tempat kopi legendaris ini. Selamat mencoba dan menikmati























Menyambangi 6 Warung Kopi Legendaris Di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Julli Dellia

0 komentar:

Tentang GudangAlamat.Com

Selamat datang di gudangalamat.com situs penyedia pencarian alamat dan objek wisata di Indonesia dan dunia. Untuk mencari data alamat perusahaan maupun alamat lain yang ingin Anda cari, gunakanlah kolom pencarian alamat pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

Gudangalamat.com menyediakan direktori alamat perusahaan/kantor, database email dan nomor telpon penting di Indonesia, cari alamat perusahaan, cari nomer telepon, cari peta alamat dan lain sebagainya yang terangkum dalam database direktori alamat yang ada di gudangalamat.com