Rabu, 24 Juni 2015

Taman Kyai Langgeng, Paduan Wisata dan Pendidikan di Kota Magelang

Taman Kyai Langgeng, Paduan Wisata dan Pendidikan di Kota Magelang. Ada sebuah objek wisata alam di Kota Magelang dengan nama yang unik yaitu Taman Kyai Langgeng. Mengapa dinamakan Kyai Langgeng? Karena di dalam taman tersebut terdapat makam Kyai Langgeng yang merupakan pejuang pada zaman Perang Diponegoro. Untuk mengenang jasa beliau, dibuatlah nama Kyai Langgeng sebagai nama tempat objek wisata alam ini. Taman Kyai Langgeng merupakan taman yang memiliki keindahan alam dengan dilengkapi flora dan fauna yang lengkap. Adapun taman wisata ini memadukan unsur pariwisata dan pendidikan. Hal ini dapat dilihat dari keberadaan perpustakaan di dalam Taman Kyai Langgeng yang bersih. Perpustakaan ini diresmikan pada 17 Mei 2003 oleh Prof. Dr. Bambang Soedibyo dengan nama Desa Buku Taman Kyai Langgeng.

Taman Kyai Langgeng, Paduan Wisata dan Pendidikan di Kota Magelang

Seputar Magelang, via : www.magelangonline.com

Taman seluas 28 ha ini memiliki lingkungan yang bersih, panorama yang indah, dan udara yang sejuk oleh karena letaknya yang berada di lereng Gunung Merapi. Di lokasi wisata ini, Anda akan menemukan banyak tempat duduk di bawah pohon rindang dan gubug. Dari tempat itu, Anda dapat melihat perawahan hijau, perbukitan yang rapi, lembah sungai, dan keanggunan deretan gunung seperti Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Andong, Gunung Merapi, dan Gunung Merbabu. Suasana taman semakin indah dan ceria manakala terdengar kicauan burung yang begitu semarak.

Selain menawarkan keindahan alam, Taman Kyai Langgeng juga menjadi sarana penelitian. Seperti yang diutarakan sebelumnya bahwa taman ini memadukan unsur pariwisata dan pendidikan. Di Desa Buku Taman Kyai Langgeng atau Perpustakaan Taman Kyai Langgeng, Anda bisa membaca banyak buku, surat kabar, majalah, kamus, ensiklopedia, dan sebagainya. Taman ini juga merupakan sarana tepat untuk melakukan penelitian alam, karena ada banyak sekali flora seperti Cempaka Ganda, Apel Bludru, Pohon Maja, Dewa Daru, Naga Sari, Ruser, Lobi-lobi, Kemiri, Kelengkeng Putih, Kunto Bimo, Ringin Kurung, Kayu Cendana, Matoa, Kenari, Ruser, dan Palem Raja. Sementara fauna di taman ini terdiri dari ayam hutan, rusa, arwana, kijang, aligator, ular piton, menjangan, kera, burung elang, dan masih banyak lagi.

Area taman wisata ini juga dilengkapi fasilitas arung jeram di Sungai Progo. Keasrian dan jernihnya aliran Sungai Progo akan memuaskan Anda yang menyukai olahraga Arung Jeram dengan jarak 9 kilometer selama 3 jam perjalanan. Satu yang juga menarik bagi wisatawan yang datang pada hari libur adalah penampilan berbagai hiburan seperti orkes Melayu, orkes Dandut, orkes musik khas daerah, kuda lumping, dan reog. Wisatawan juga dapat mengikuti senam massal dan jalan santai setiap hari minggu, mulai pukul 06.00 hingga pukul 08.00 WIB.

Mengenai fasilitas, Taman Kyai Langgeng yang sering juga disebut “Dufan” ala Magelang menyediakan fasilitas yang memadai seperti pondok wisata, hutan wisata, perpustakaan dan gubuk baca, taman lalu lintas, rumah apung, rumah aquarium, camping ground, tempat olahraga, tempat bersantai, Joglo Pandan Arum, areal permainan Go Cart, jet coaster, kereta mini, kereta air, becak air, kuda-kudaan, delman tak berkuda, dan lain-lain.

Taman Kyai Langgeng, Paduan Wisata dan Pendidikan di Kota Magelang
Seputar Magelang, via : www.magelangonline.com

Bagi Anda yang ingin melakukan Arung Jeram, Anda akan mendapatkan fasilitas tambahan berupa asuransi, snack, makan, dan transportasi kembali ke pos pemberangkatan. Selain memanfaatkan fasilitas-fasilitas di atas, ada satu yang tidak boleh Anda lewatkan yaitu duduk di kokpit Pesawat Merpati F-28 di sudut Taman Kyai Langgeng. Puas menjelajahi seisi Taman Kyai Langgeng, jangan lupa mengunjungi kios-kios dagangan di area taman yang menjual cinderamata, kerajinan, buah-buahan, dan peralatan berenang-arung jeram.

Taman Kyai Langgeng berlokasi di Jalan Cempaka 6, Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Untuk sampai ke lokasi ini, Anda bisa memulai perjalanan dari Terminal Magelang dengan menaiki bus jurusan Magelang-Wonosobo atau Magelang-Tidar. Untuk masuk ke Taman Kyai Langgeng, seluruh wisatawan yang berusia di atas 3 tahun dikenakan tarif Rp 15.000 pada hari Senin hingga Jumat dan Rp 20.000 pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional. Adapun harga tiket masuk sudah termasuk beberapa unit permainan yang meliputi becak air, becak mini, kereta air, kereta mini, komidi putar, komidi layang, sepur mini, bianglala, dan mobil keliling. Sementara untuk menikmati wahana lainnya, dikenakan tarif tertentu.

Jika Anda adalah seorang traveler atau Anda sedang berada di Magelang, jangan lupa menyempatkan diri Anda untuk mengunjungi taman ini. Selamat berlibur!

Taman Kyai Langgeng, Paduan Wisata dan Pendidikan di Kota Magelang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nanda f gustian

0 komentar:

Tentang GudangAlamat.Com

Selamat datang di gudangalamat.com situs penyedia pencarian alamat dan objek wisata di Indonesia dan dunia. Untuk mencari data alamat perusahaan maupun alamat lain yang ingin Anda cari, gunakanlah kolom pencarian alamat pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

Gudangalamat.com menyediakan direktori alamat perusahaan/kantor, database email dan nomor telpon penting di Indonesia, cari alamat perusahaan, cari nomer telepon, cari peta alamat dan lain sebagainya yang terangkum dalam database direktori alamat yang ada di gudangalamat.com