Rabu, 01 Juli 2015

Wisata Intelektual Perpustakaan-Perpustakaan Terbesar Di Dunia

Wisata Intelektual Perpustakaan-perpustakaan Terbesar di Dunia Salah satu tempat yang tidak asing ditelinga kita adalah Perpustakaan, siapa yang tidak tau akan tempat ini? Semua kalangan bahkan dari usia sebelum sekolahpun pasti sudah diperkenalkan tempat ini apalagi jika sudah mulai diajarkan membaca. Perpustakaan adalah wahana untuk memajukan alam pikir manusia dan mempunyai posisi penting dalam sejarah peradaban dunia.


Terdapat begitu banyak bacaan yang akan memperkaya informasi dan pengetahuan. Di dalam perpustakaan terdapat begitu banyak buka bacaan dengan berbagai macam tema, baik dari buku bacaan untuk anak-anak, tentang pertanian, sejarah, agama, dan masih banyak lagi. Selain itu perpustakaan kerap kali digunakan sebagai pusat riset untuk meneliti segala hal. Banyak gagasan-gagasan dan penemuan-penemuan besar berawal dari perpustakaan.

Melihat dari pentingnya perpustakaan bagi perkembangan kemajuan manusia, maka banyak Negara-negara yang membangun perpustakaan. Hampir seluruh Negara mempunyai perpustakaan dengan koleksi-koleksinya tersendiri yang sangat menarik untuk dibaca.
Berikut adalah beberapa perpustakaan terbesar yang ada di dunia yang dapat di jadikan sebagai wisata intelektual pilihan :

Library Of Congress

Library Of Congress

Library of Congress atau perpustakaan kongres terletak di Washingron DC , Amerika Serikat. Perpustakaan ini adalah perpustakaan nasional Amerika dan terbesar saat ini didunia. Didirikan pertama kali pada tahun 1880 dan memiliki koleski buku 32 juta dengan yang beragam. Perpustakaan ini telah melewati sejaraj yang begitu panjang.

Pada setenag abad terbentuknya pernah mengalami kebakaran. Hal itu menjadi masa sullit dalam pejalanan perpustakaan ini menjadi perpystakaan dengan koleksi terbanyak saat ini. Selain menjadi perpustakaan, Library Of Congress juga menjadi pusat riset bagi Kongres Amerika. Beragam hasil penelitian dapat di temukan disini sebagi tonggak sejarah perubaham dan kemajuan dunia. Bagi para pecinta ilmu pengetahuan, perpustakaan ini dapat menjadi pilihan untuk berwisata intelektual guna menambah wawasan keilmuan.

National Library Of China

National Library Of China

National Library Of China atau Perpustakaan Nasional China adalah perpustakaan yang menjadi salah satu kebanggaan orang China. Perpustakaan ini terletak di Zhongguancun S St, Haidian, Beijing, China.  Perpustakaan Nasional China ini begitu ramai di kunjungi, bahkan kerap kali untuk masuk ke dalamnya harus mengantri.Mungkin inilah salah satu kunci kesuksesan orang China. Perpustakaan ini terbuka unutk umum dan pengunjung akan merasa nyaman berada di perpustakaan ini karena fasilitasnya yang begitu lengkap.

Di perpustakaan ini pengunjung akan di manjakan dengan lebih dari 24.000.000 jenis buku dengan beragam topik. Selain itu bentuk dan luas bangunan dari pada geudng ini begitu mewah dan besar. Perpustakaan ini memiliki luas lantai total 170.000 meter persegi. Bila berkunjung ke China, perpustakaan ini patut untuk di kunjungi karena termasuk dari perpustakaan terbesar di Dunia.

Library of the Russian Academy of Sciences

Library Of The Russian Academy Of Sciences

Library of the Russian Academy of Sciences atau perpustakaan Akademi Sains Rusia adalah perpustakaan terbesar di Negara Rusia dan juga termasuk lima besar peringkat perpustakaan terbesar di Dunia. Selain menjadi perpustakaan, Library of the Russian Academy of Sciences juga menjadi pusat riset Rusia dan dunia.

Perpustakaan yang didirikan pada tahun 1918 ini memiliki koleksi lebih dari 14 juta naskah kuno maupun modern dari Eropa maupun Asia. Selain itu Perpustakaan ini memiliki koleksi yang lengkap terkait dokumen dari Liga Bangsa-bngasa , Persikatan Bangsa-Bangsa,UNESCO dan lain-lain.Namun pada awal tahun 2015 perpustakaan ini mengalami kebakaran. Hampir 2 juta koleksi bukunya hangus terbakar. Hal itu tidak mengurangi kemegahan perpustakaan yang besar ini. Pengunjung masih dapat membaca koleksi yang banyak di perpustakaan ini.

National Library Of Canada

National Library Of Canada

National Library of Canada adalah Perpustakaan Nasional Kanada yang bergabung dengan Library and Archives Canada (LAC) atau Perpustakaan dan Arsip Kanada. Penganggabungan kedua lembaga ini menjadikan Perpustakaan ini menjadi salah satu perpustakaan terbesar di dunia.  Perpustakaan ini terletak di Wallington, Ottawa Kanada. Dan didirikan pertama kali pada tahun 1872. Koleksi dan jenis buku yang banyak di perpustakaan ini akan membuat para pengunjung tidak akan kecewa untuk datang ke perpustakaan ini.

Koleksi itu meliputi Majalah Aborigin, Gambar arsitektur, Seni, Artefak, Sastra anak, Surat kabar Kanada, Majalah Kanada, Publikasi elektronik, Catatan elektronik Newsletter komunitas etnis, Fiksi dan non-fiksi, Film, Globes, Rekaman suara, Perangko, Arsip tekstual, Tesis dan disertasi, Katalog Perdagangan, Video, dan masih banyak lagi yang lainya. Dengan koleksi yang beragam, para pengunjung dapat bermanja diri berpetualang di dunia ilmu pikiran.

German National Library

German National library

Jerman terkenal karena otak dan kecerdasan orang-orangnya , salah satu faktor pendukung kemampuan otak dan kecerdasaan orang jerman adalah perpustakaannya. Pemerintah jermanmenyadari betul akan hal ini, oleh karena itu ia memberikan focus perhatian yang penting kepada perpustakaan. German National Library atau perpustakaan Nasional Jerman yang di bengaun oleh pemerintah Jerman dengan begitu mewah dan fasilitas yang super lengkap. Tidak hanya itu Pemerintah jerman membangun perpustakaan ini di berbgai kota yang ada di Jerman.

Perpustakaan Nasional Jerman adalah pusat arsif yang teramat penting bagi orang-orang Jerman. Keberadaan Perpustakaan ini mempunyai andil besar di dalam sejarah perkembangan masyarakat Jerman. Bukan hanya pemerintah yang mebangun perpustakaan ini, namun para pengusaha penerbitan di jerman, turut serta menwarakan bukunya untuk di koleksi oleh perpustakaan nasional pada awal-awal didirakannya perpustakaan ini.

Para wisatawan yang akan berkunjung ke Jerman jangan heran jika menemukan Perpustakaan Nasional Jerman dimana-dimana dan jangan lupa untuk masuk kedalamnya. Para pengunjung akan dipuaskan dengan koleksi buku yang banyak dan fasilitas yang super lengkap karena perpustakaan Nasional Jerman adalah salah satu perpustakaan terbesar di dunia.


Penasaran dan tertarik dengan isi dan bangunan Perpustakaan-perpustakaan dari Negara-negara diatas ? Yuk berlibur sambil menambah ilmu, tapi satu hal yang menjadi penghambat dan harus menabung untuk menuju kesana karena akan merogoh kocek yang sangat dalam untuk menuju kesana.

Wisata Intelektual Perpustakaan-Perpustakaan Terbesar Di Dunia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Julli Dellia

0 komentar:

Tentang GudangAlamat.Com

Selamat datang di gudangalamat.com situs penyedia pencarian alamat dan objek wisata di Indonesia dan dunia. Untuk mencari data alamat perusahaan maupun alamat lain yang ingin Anda cari, gunakanlah kolom pencarian alamat pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

Gudangalamat.com menyediakan direktori alamat perusahaan/kantor, database email dan nomor telpon penting di Indonesia, cari alamat perusahaan, cari nomer telepon, cari peta alamat dan lain sebagainya yang terangkum dalam database direktori alamat yang ada di gudangalamat.com