Selasa, 23 Juni 2015

Yuk Buru Oleh-oleh Palembang di 5 Tempat Ini

Yuk Buru Oleh-oleh Palembang di 5 Tempat Ini. Berwisata ke suatu tempat terasa tidak lengkap bila tidak membawa sesuatu yang khas dari tempat tersebut. Selain bisa mengenang suatu perjalanan, oleh-oleh juga bisa dijadikan sebagai hadiah bagi para sahabat dan handai taulan. Palembang, salah satu kota di Pulau Sumatera memiliki landmark lain selain Ampera, yakni pempek dan songket. Kedua hal ini sering diburu oleh para wisatawan untuk dibawa ke tempat asal. Selain pempek dan songket, sebenarnya masih ada oleh-oleh lain yang bisa dibawa, seperti kemplang, kerupuk, aksesori khas Palembang dan T-shirt Palembang. Bagi Anda yang berminat berburu oleh-oleh di Palembang, baiknya Anda segera mendatangi kelima tempat ini :

1. Pasar Cinde

Pasar Cinde


Pasar yang telah ada sejak tahun 1958 ini selalu ramai dikunjungi. Selain letaknya yang strategis di pusat kota, pasar ini juga cukup lengkap. Di pasar ini ada banyak penjual kerupuk, kemplang, bumbu khas Palembang, dan kue ringan. Masyarakat Palembang sering mengatakan,”Kalau nak beli kue, ke pasar cinde bae, lah banyak macemnyo, murah pulo”, yang berarti “Kalau mau beli kue, lebih baik ke Pasar Cinde karena jumlahnya banyak, beraneka macam, harganya pun murah”. Untuk Anda penyuka barang antik, datanglah pada Hari Minggu. Umumnya wisatawan yang datang ke pasar ini bertujuan untuk membeli oleh-oleh kerupuk dan kemplang panggang dengan kisaran harga Rp 20.000-Rp 40.000, per Kg tergantung kualitas. Untuk mencapai Pasar Cinde, Anda bisa menaiki angkutan umum manapun yang bertujuan Ampera.

2. Pasar 16

Pasar 16
Pasar 16 ilir yang terletak di tepi Sungai Musi merupakan salah satu pasar modern di Palembang yang menjual pakaian, tekstil, dan songket dengan harga miring. Selain itu, Pasar 16 ilir juga sangat terkenal dengan toko-toko emasnya yang tersebar di berbagai sudut pasar. Di pasar ini, para pengunjung bisa mendapatkan kebutuhan sehari-hari dengan harga murah. Tidak heran bila penduduk Palembang lebih sering berbelanja di Pasar 16, dimana calon pembeli bisa melakukan tawar-menawar harga. Bagi Anda yang hendak mengunjungi pasar ini, harap bersiap siaga menghadapi hiruk-pikuk pasar, dimana seluruh penjual terbiasa berteriak-teriak menjajakan dagangannya. Pasar 16 sangat cocok menjadi tempat perburuan emas, pakaian, songket, tas, dan aksesoris khas Palembang lainnya. Untuk mencapai pasar 16, Anda bisa menaiki angkutan umum manapun yang bertujuan ke Ampera.

3. Kawasan Ramayana

Kawasan Ramayana

Kompleks pertokoan Ilir Barat Permai yang lebih dikenal dengan nama Kawasan Ramayana merupakan salah satu pusat penjualan songket Palembang. Di sini Anda bisa menemukan berbagai songket mulai dari yang biasa hingga yang menggunakan benang emas murni. Harga songket berkisar Rp 750.000,- sampai jutaan rupiah tergantung dari kualitas songket. Untuk sampai ke Kawasan Ramayana, Anda bisa menaiki becak dari Internasional Plaza (IP) yang terletak di Jl. Sudirman 147, atau bisa juga berjalan kaki sambil melihat jalan-jalan Palembang.

4. Pempek Candy

Pempek Candy

Pempek yang merupakan panganan khas Palembang menjadi oleh-oleh penting yang selalu diingat dari Palembang. Pempek yang terbuat dari campuran ikan dan sagu ditambah dengan pedasnya cuko memang sungguh enak. Pempek Candy merupakan salah satu toko Pempek paling populer di Palembang dan sering dijadikan sebagai oleh-oleh. Pempek Candy sendiri melayani pembelian satuan dan paket. Bagi Anda yang hendak menjadikannya sebagai oleh-oleh, sebaiknya Anda membeli paket pempek saja. Ada banyak paket pempek yang tersedia mulai dari harga termurah Rp 80.000, hingga yang termahal Rp 546.000, tergantung dari jumlah pempek. Pempek Candy memiliki banyak outlet yang tersebar di kota Palembang, namun yang paling mudah dijangkau ialah yang berlokasi di Jl. Sudirman.

5. Outlet Nyenyes

Outlet Nyenyes

Jika Bali memiliki Joger, Jogja memiliki Dagadu, Surabaya memiliki Cak-Cuk, maka Palembang memiliki Nyenyes yang dalam bahasa Palembang, Nyenyes berarti cerewet. Adapun Outlet Nyenyes tidak hanya menjual kaos, tapi juga souvenir lain, seperti gantungan kunci dan stiker. Kaos Nyenyes berisikan kata-kata dan gambar yang mewakili kehidupan di Palembang, seperti “Sedia Pempek Sebelum Lapar, Pempek Kapal Selam, Aku Nak Jadi Dokter, dan Budak Palembang”. Harga kaos bervariasi mulai dari Rp 110.000,- tergantung ukuran. Terdapat 4 outlet Nyenyes di Kota Palembang yakni di Jalan Sudirman, Jalan Merdeka, Jalan Kapt. A. Rivai dan PTC Mall, Jalan R. Sukamto.

Setelah Anda tau kalau buah tangan di Palembang tidak kalah menarik dengan kota lain, tunggu apa lagi? Bagi Anda yang sedang berlibur ke Palembang, serbu oleh-oleh di atas untuk keluarga tercinta!

Yuk Buru Oleh-oleh Palembang di 5 Tempat Ini Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nanda f gustian

0 komentar:

Tentang GudangAlamat.Com

Selamat datang di gudangalamat.com situs penyedia pencarian alamat dan objek wisata di Indonesia dan dunia. Untuk mencari data alamat perusahaan maupun alamat lain yang ingin Anda cari, gunakanlah kolom pencarian alamat pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

Gudangalamat.com menyediakan direktori alamat perusahaan/kantor, database email dan nomor telpon penting di Indonesia, cari alamat perusahaan, cari nomer telepon, cari peta alamat dan lain sebagainya yang terangkum dalam database direktori alamat yang ada di gudangalamat.com