Jumat, 14 Agustus 2015

6 Wisata Sejarah dan Budaya Menarik di Jogja

6 Wisata Sejarah dan Budaya Menarik di Jogja. Berbicara mengenai Kota Yogyakarta memang tidak ada habisnya. Kota yang satu ini menawarkan banyak sekali jenis wisata mulai dari wisata belanja, wisata alam, sampai wisata kuliner yang unik dan patut dikunjungi. Selain itu Jogja juga mempunyai wisata sejarah dan budaya yang harus Anda sambangi selagi di sana.

Berikut Sekilas informasi wisata menarik di Jogja :


1. Kraton Yogyakarta
Kraton Yogyakarta
Sumber Gambar : calyawisata.com
Objek wisata budaya dan sejarah yang pertama yaitu kraton Jogja. Sebagai daerah yang istimewa, Jogja mempunyai bentuk pemerintahannya sendiri yang dipimpin oleh seorang sultan. Di kraton inilah Sri Sultan tinggal, selain menjadi kediaman sultan kraton juga dijadikan sebagai salah satu wadah untuk melestarikan budaya Jawa dari derasnya arus moderenisasi. Para wisatawan yang datang berkunjung ke kraton Jogja bisa memasukinya dan berkeliling. Di sini Anda dapat melihat bagaimana abdi dalem melakukan tugasnya masing-masing.

Setelah menyaksikan kegiatan abdi dalem, Anda bisa lanjut untuk melihat-lihat koleksi benda kesenian milik kraton yang terpajang rapi di beberapa ruangan. Tidak hanya benda kesenian saja yang bisa Anda lihat, kraton Jogja juga menyuguhkan pertunjukan seni khas Jawa yaitu pertunjukan wayang. Dari mulai pertunjukan wayang kulit, wayang golek, wayang orang, sampai pertunjukan tari-tarian.

Jika berkunjung ke kraton Jogja, luangkan sedikit waktu untuk menengok ke alkid (alun-alun kidul) yang berlokasi di belakangnya. Di alun-alun kidul ini Anda dapat mencoba permainan yang sudah familiar di telinga wisatawan yaitu permainan melewati dua pohon beringin besar yang biasa disebut masangin ( masuk dua beringin). Syarat untuk melakukan permainan masangi ini tidak sulit, yang Anda butuhkan hanya selembar kain yang cukup menutup kedua mata Anda. Kemudian Anda harus mulai berjalan sejauh kira-kira 20 meteran dari Sasono Hinggil untuk kemudian melewati dua pohon beringin.

Menurut mitosnya hanya orang-orang yang hatinya bersih yang bisa lurus melewati kedua pohon beringin besar tersebut. Sudah banyak orang mencobanya tapi banyak dari mereka yang belum berhasil melewatinya karena berbelok.

2. Taman Sari
Taman Sari
Sumber Gambar : linairawan.com
Menurut cerita, zaman dahulu taman sari ini adalah taman istana dari Kraton Jogja. Setelah puas berkeliling di kraton Anda bisa langsung mengunjungi taman sari karena lokasinya tidak jauh dari kraton. Hanya 15 menit waktu yang Anda butuhkan untuk sampai di taman sari dengan hanya berjalan kaki. Di taman ini Anda akan menemukan tempat bekas pemandian yang dibagi menjadi 3 kolam yaitu kolam yang diperuntukan untuk putra atau putri raja disebut Umbul Kawitan. Kolam yang kedua disebut Umbul Pamuncar yang khusus diperuntukan untuk para selir. Sementara kolam yang ketiga dinamai Umbul Panguras yang khusus untuk raja.

Disekeliling istana dibuat taman bunga dan danau buatan yang cantik. Walaupun umur bangunan di tempat ini sudah lama tapi arsitekturnya masih menawan hati banyak wisatawan yang berkunjung. Tidak hanya sampai di situ saja wisata budaya dan sejarah yang bisa Anda nikmati di sini. Terdapat beberapa ruangan yang bisa Anda lihat seperti masjid bundar yang ada di bawah tanah sampai tempat penginapan raja dan deretan lukisan batik.

3. Benteng Vredeburg
Benteng Vredeburg
Sumber Gambar : jogjapos.com
Benteng Vrederburg adalah salah satu benteng yang dibangun oleh pemerintah Belanda pada masa tahun 1765 yang lokasinya tidak jauh dari kawasan Kraton. Tujuan sebenarnya didirikan benteng ini adalah untuk pertahanan jika sewaktu-waktu masyarakat Jogja menyerang. Tapi saat ini sudah dialih fungsikan menjadi museum yang menyimpan koleksi lukisan, foto-foto, serta benda sejarah lainnya yang berhubungan dengan sejarah perjuangan masyarakat Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari Belanda. Arsitektur dari bangunan ini masih dipertahankan sampai saat ini untuk menjaga kelestarian Benteng Vrederburg yang merupakan saksi bisu perjuangan rakyat di masa kolonial Belanda.

4. Kotagede
Kotagede
Sumber Gambar Kerajinan Kotagede : queensilverkotagede.wordpress.com
Anda bisa mengunjungi sisi tenggara dari Kota Yogyakarta untuk wisata budaya dan sejarah. Di tenggara Anda akan menemukan sebuah Kota yang kental akan sejarah yang merupakan peninggalan Kerajaan Mataram Kuno. Melihat reruntuhan dari sisa bangunan istana Kedhaton akan mengantarkan Anda merasakan suasana pada masa itu. Reruntuhan istana berupa tiga batu yang dikelilingi pohon-pohon beringin. Para pendiri kerajaan juga dimakamkan di tempat ini. Peninggalan sejarah lainnya yaitu sisa runtuhan benteng dan pasar tradisional yang sudah berumur berabad-abad menurut sejarah. Untuk menikmati wisata yang satu ini Anda tidak perlu membayar tiket alias free.

Selain peninggalan sejarah Kerajaan mataram Kuno, Kotagede juga terkenal sebagai sentra kerajinan perak. Jika mengunjungi Kotagede, sempatkan juga untuk melihat cara pembuatan perhiasan perak di tempat workshop yang ada. Tidak hanya kerajinan perak saja yang di buat oleh penduduk asli dari Kotagede melainkan juga kerajinan emas dan kerajinan kayu ukir. Anda bisa membeli kerajinan-kerajinan tersebut untuk oleh-oleh.

5. Pasar Malam Saat Sekaten
Pasar Malam Saat Sekaten
Sumber Gambar : cakrawalajogja.blogspot.com
Waktu yang paling tepat jika Anda ingin berkunjung ke Kraton Jogja yaitu saat perayaan sekaten. Sekaten adalah salah satu wisata budaya Yogyakarta yang bisa Anda nikmati ketika berada di kota ini. Waktu perayaan sekaten sendiri yaitu bertepatan dengan perayaan kelahiran Rasulullah. Jika Anda datang waktu perayaan sekaten, Anda akan menemukan pasar malam yang rutin digelar tiap tahun selama satu sampai dua bulan lamanya.

6. 
Mubeng Benteng
Mubeng Benteng
Sumber Gambar : solopos.com
Mubeng Benteng atau mengitari benteng adalah salah satu ritual adat Jawa yang masih dilestarikan dan dilaksanakan ketika malam satu Suro. Ritual dilakukan oleh abdi dalem yang mulai berjalan tanpa suara mengelilingi benteng kraton dengan penerangan obor. Rutenya sendiri dimulai dari Keben dan akan kembali lagi ke Keben.

keenam tempat tersebut dapat Anda jadikan sebagai referensi untuk Anda yang mengagumi kota Jogja dan ingin mengetahui lebih dalam tentang sejarah dan budayanya.

6 Wisata Sejarah dan Budaya Menarik di Jogja Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nanda f gustian

0 komentar:

Tentang GudangAlamat.Com

Selamat datang di gudangalamat.com situs penyedia pencarian alamat dan objek wisata di Indonesia dan dunia. Untuk mencari data alamat perusahaan maupun alamat lain yang ingin Anda cari, gunakanlah kolom pencarian alamat pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

Gudangalamat.com menyediakan direktori alamat perusahaan/kantor, database email dan nomor telpon penting di Indonesia, cari alamat perusahaan, cari nomer telepon, cari peta alamat dan lain sebagainya yang terangkum dalam database direktori alamat yang ada di gudangalamat.com