Selasa, 25 Agustus 2015

Air Terjun Sigura-gura, Yang Tertinggi Di Indonesia di Utara Pulau Sumatera

Air Terjun Sigura-gura, Yang Tertinggi Di Indonesia di Utara Pulau Sumatera Sumatera Utara bukan hanya Danau Toba, Kebun Markisa Brastagi, Pantai Sorake Nias, dan Taman Alam Lumbini, . Masih banyak pesona lain yang ditawarkan Sumatera Utara seperti air terjun. Salah satunya adalah Air Terjun Sigura-gura yang berada di Kabupaten Toba Samosir. Di kalangan pelancong, nama Air Terjun Sigura-gura tentu tak terdengar asing lagi, terutama bagi mereka yang sudah pernah melancong ke Sumatera Utara.

Air Terjun Sigura-gura
Siapapun yang mengunjungi Air Terjun Sigura-gura pasti dibuat terpesona dengan gagahnya aliran airnya. Air Terjun Sigura-gura sendiri memiliki ketinggian 250 meter, mengalahkan Air Terjun Madakaripura di Jawa Timur dan Air Terjun Payakumbuh di Sumatera Barat. Dengan ketinggian itu, Air Terjun Sigura-gura didaulat sebagai air terjun tertinggi di Indonesia. 

Akses
Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, Air Terjun Sigura-gura berlokasi di Kabupaten Toba Samosir, daerah yang menjadi tujuan utama para wisatawan baik lokal maupun mancanegara, sehingga tak sulit untuk menjangkaunya. Untuk sampai ke Air Terjun Sigura-gura, anda dapat memulai perjalanan dari Kota Medan dengan jarak tempuh ± 250 kilometer dengan kendaraan pribadi.

Meskipun perjalanan yang harus ditempuh terbilang cukup jauh, dipastikan perjalanan anda tidak akan terasa membosankan. Mengapa? Karena sepanjang perjalanan, anda akan disuguhi panorama keindahan Danau Toba. Objek wisata satu ini selalu dipadati pengunjung, terutama saat hari libur, terlihat dari banyaknya kendaraan yang berjejer di areal parkir. Jika ingin suasana yang tak terlalu ramai, sebaiknya anda menghindari akhir pekan ataupun hari libur.

Aktivitas di Air Terjun Sigura-gura
Dari kejauhan, Air Terjun Sigura-gura akan terlihat seperti air terjun raksasa. Bahkan dari kejauhan pun, suara dentuman airnya akan terdengar dengan jelas. Air Terjun Sigura-gura memang mengalir dengan debit yang sangat deras. Memasuki kawasan air terjun, anda akan merasakan udara yang sejuk karena banyaknya pepohonan rindang yang mengelilingi Air Terjun Sigura-gura. Berendam tentu menjadi pilihan wajib untuk para pelancong. Bagaimana tidak? Setelah melewati perjalanan panjang yang melelahkan, berendam di dalam air terjun ditemani suasana yang asri akan memberikan sensasi segar pada tubuh.

Dan yang perlu diingat, jika anda ingin berfoto dan menyusuri air terjun ini, anda harus berhati-hati, karena ada banyak bebatuan terjal yang licin. Selain berendam, anda juga dapat melakukan aktivitas lain yang lebih menantang yaitu arung jeram. Sungai yang ada di sekitar air terjun berarus cukup deras. Konturnya pun cukup bebatuan, sehingga sangat cocok untuk melakukan arung jeram. Alirannya yang deras dapat memacu adrenalin anda teman-teman tim arung jeram anda. Karena alirannya yang deras ditambah dengan keindahan alamnya, sungai di Air Terjun Sigura-gura ini kerap terpilih menjadi tuan rumah kompetisi arung jeram, baik nasional maupun internasional.

Selain arung jeram, masih ada aktivitas lainnya yang tidak kalah menantang yaitu panjat tebing. Namun aktivitas ini terbilang berbahaya karena anda harus menaiki tebing bebatuan yang tinggi dan licin. Jika anda belum terlatih secara khusus, sebaiknya anda tidak mencoba aktivitas ini, karena sangat beresiko. Kecuali anda telah terlatih dan telah terbiasa panjat tebing di tebing yang licin, anda pantas mencobanya. Tak jauh dari air terjun, anda dapat melihat Bendungan Sigura-gura yang terkenal.

Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)
Selain untuk dinikmati keindahannya, Air Terjun Sigura-gura juga dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air. Di kawasan ini terdapat Bendungan Sigura-gura yang berjarak sekitar 20-an kilometer dari hulu Sungai Asahan. Inilah bendungan kedua terbesar di Indonesia setelah Bendungan Sutami. Bendungan Sigura-gura akan menjamin ketersediaan air yang diperlukan oleh PLTA Sigura-gura. Menurut sejarah, Bendungan Sigura-gura dibangun pada tahun 1978 dan selesai pada tahun 1981. Pada waktu itu, bendungan ini dimanfaatkan sebagai PLTA untuk Pabrik Aluminium (INALUM).

Air Terjun Sigura-gura tak hanya menjadi kebanggaan masyarakat Sumatera Utara saja, tapi juga kita semua masyarakat Indonesia. Jika wisatawan mancanegara saja mau berkunjung, mengapa kita tidak? Yang pasti selama anda berada di kawasan ini, jagalah kebersihannya agar Air Terjun Sigura-gura tetap lestari dan mempesona.

Air Terjun Sigura-gura, Yang Tertinggi Di Indonesia di Utara Pulau Sumatera Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Julli Dellia

0 komentar:

Tentang GudangAlamat.Com

Selamat datang di gudangalamat.com situs penyedia pencarian alamat dan objek wisata di Indonesia dan dunia. Untuk mencari data alamat perusahaan maupun alamat lain yang ingin Anda cari, gunakanlah kolom pencarian alamat pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

Gudangalamat.com menyediakan direktori alamat perusahaan/kantor, database email dan nomor telpon penting di Indonesia, cari alamat perusahaan, cari nomer telepon, cari peta alamat dan lain sebagainya yang terangkum dalam database direktori alamat yang ada di gudangalamat.com