Rabu, 19 Agustus 2015

Alun-Alun Kota Batu Malang, Wisata Gratis yang Semarak

Alun-Alun Kota Batu Malang, Wisata Gratis Yang Semarak Belakangan, Kota Batu Malang mengalami banyak perubahan. Sesuai dengan visinya yang ingin menjadikan Kota Batu sebagai kota wisata, pemerintah Kota Batu memanfaatkan setiap potensi daerah dan mengemasnya dalam bentuk objek wisata yang menarik.

Alun-Alun Kota Batu Malang
Bahkan alun-alun Kota Batu pun tidak lepas daro pemugaran. Dulunya alun-alun Kota Batu tidak jauh beda dengan alun-alun pada umumnya, namun kini Alun-alun Batu harus menjadi tujuan wisata Anda selanjutnya. Mengapa? Karena alun-alun ini sungguh cantik.

Ada banyak ornament dan aktivitas yang bisa Anda lakukan di tempat ini. Saat budget Anda sedang tipis, datanglah ke Alun-alun Kota Batu untuk menyenangkan diri. Di area seluas 1 hektar ini, ada banyak permainan seru yang harus dicoba oleh anak-anak, sementara orang dewasa, bisa berfoto di lampion cantik. 

Buah Raksasa dan Bianglala
Buah Raksasa dan Bianglala
Kota Batu yang khas dengan buah apelnya membuat alun-alun ini dihiasi oleh banyak apel buatan. Dan yang menonjol adalah buah apel dan stroberi raksasa yang ternyata masing-masing adalah toilet dan ruang informasi. Cukup unik bukan? Bianglala berukuran besar juga sangat menarik perhatian.

Dengan merogoh kocek yang sangat murah, Anda bisa menaiki bianglala dan menikmati pemandangan Kota Batu dari ketinggian 60 meter. Tidak perlu takut tidak puas, bianglala ini akan berputar sangat pelan. Kurang lebih 10 menit, bianglala ini akan membawa Anda melambung ke angkasa untuk melihat lampu-lampu bangunan yang menjelma menjadi miniature.

Bianglala ini merupakan fasilitas favorit pengunjung, baik anak-anak maupun dewasa. Perlu diketahui, hasil penjualan tiket bianglala inilah yang menjadi sumber dana pemeliharaan alun-alun Batu.

Keran dan Arena Air Warna-Warni
Keran dan Arena Air Warna-Warni
Selain bianglala, Alun-alun Kota Batu juga memiliki empat spot keran air yang memancarkan air siap minum seperti yang biasa terlihat di luar negeri. PDAM Kota Batu mengelola keran air ini secara langsung, sehingga dapat dijamin aman. Namun karena orang Indonesia tidak terbiasa minum air dari keran, maka keran air ini lebih sering digunakan untuk mencuci tangan.

Yang juga tidak kalah menarik adalah sebuah arena lapang yang memancarkan air langsung dari tanah dengan ketinggian seperti tinggi orang dewasa dan disinari lampu warna-warni. Objek ini selalu menarik siapapun untuk memotretnya, sayangnya naik-turunnya air mancur tidak dapat diprediksi, sehingga cukup sulit untuk memotretnya. Untuk mendapatkan hasil memuaskan, Anda harus melakukan beberapa kali jepret. 

Playground, Jogging Track, dan Panggung Seni
Jogging Track
Sama halnya dengan alun-alun pada umumnya, Alun-alun Kota Batu juga menyediakan play ground untuk anak-anak dan jogging track. Selain sebagai tempat rekreasi, tempat ini juga kerap digunakan sebagai panggung seni. Ada banyak musisi yang telah berpentas di alun-alun ini, seperti D’Masiv, Ahmad Dhani, Mulan Jameela, dan musisi Yogyakarta yang tergabung dalam Saunine Orchestra. Saat malam tiba, menikmati Kota Batu yang ditemani taman lampion warna-warni akan menjadi keindahan tersendiri.

Tiket dan Cafetaria
Tiket dan Cafetaria
Bisa dibilang, Alun-alun Kota Batu merupakan objek wisata gratisan, dimana pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menikmati fasilitasnya. Pengunjung hanya perlu membayar tarif untuk menaiki bianglala. Usai berkeliling, langkahkanlah kaki Anda menuju cafeteria di seberang alun-alun. Makanan dan minuman yang tersedia di cafeteria ini memang tidak jauh berbeda dari cafeteria umumnya, namun uniknya, cafetaria ini seakan menjadi objek wisata bagi penggemar Iwan Fals.

Setiap hari sabtu dan minggu, ada sekelompok band yang terdiri dari bapak-bapak berusia 30-an yang memiliki suara mirip suara Iwan Fals. Mereka siap menghibur para pengunjung. Tidak sedikit pengunjung yang datang ke cafetaria hanya untuk menyaksikan penampilan kelompok band ini. Untuk mengapresiasi penampilan mereka, disediakan kotak di depan panggung bagi Anda yang ingin memberikan dana apresiasi. 

Peraturan
Penting diketahui, bahwa Alun-alun Kota Batu sangat bersih dan bebas dari sampah serta asap rokok. Di setiap tempat tersedia kotak sampah kering dan bersih. Bagi Anda yang cukup bernyali merokok di alun-alun ini, Anda harus mempersiapkan uang dendanya.

Jika memang Anda tidak bisa menahan hasrat untuk merokok, Anda bisa mengunjungi smoking area yang berada di tepi alun-alun, tanpa menyiapkan uang denda. Pengunjung juga tidak diperbolehkan menginjak rumput, memetik bunga, dan memasukkan tubuh ke dalam air mancur demi menjaga kebersihan dan keindahan Alun-alun Kota Batu Malang.

Alun-Alun Kota Batu Malang, Wisata Gratis yang Semarak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Julli Dellia

0 komentar:

Tentang GudangAlamat.Com

Selamat datang di gudangalamat.com situs penyedia pencarian alamat dan objek wisata di Indonesia dan dunia. Untuk mencari data alamat perusahaan maupun alamat lain yang ingin Anda cari, gunakanlah kolom pencarian alamat pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

Gudangalamat.com menyediakan direktori alamat perusahaan/kantor, database email dan nomor telpon penting di Indonesia, cari alamat perusahaan, cari nomer telepon, cari peta alamat dan lain sebagainya yang terangkum dalam database direktori alamat yang ada di gudangalamat.com