Senin, 31 Agustus 2015

Menelusuri Seluk-Beluk 5 Museum di Kawasan Kota Tua Jakarta

Menelusuri Seluk-Beluk 5 Museum Di Kawasan Kota Tua Jakarta Semakin hari Jakarta memang semakin diramaikan oleh gedung-gedung berkonsep modern. Namun bukan berarti kota metropolitan ini mengabaikan sejarah. Jakarta memiliki peran yang sangat penting dalam sejarah Indonesia, terutama saat Jakarta lebih dikenal dengan nama Batavia. Di Jakarta, terdapat kawasan yang sarat dengan nilai sejarah, yang lengkap dengan bangunan-bangunan kolonial yang hingga kini masih bertahan. Itulah kawasan Kota Tua.


Bagi Anda pecinta sejarah, Anda harus mengunjungi Kawasan Kota Tua. Selain menikmati suasana kolonial, Anda juga dapat mempelajari sejarah dengan berkunjung ke sejumlah museum yang ada di kawasan ini. Adapun letak semua museum ini saling berdekatan sehingga dapat dijangkau dengan berjalan kaki saja. Berikut 5 museum di Kawasan Kota Tua Jakarta.

1. Museum Fatahillah
Museum Fatahillah
Sumber Gambar : jaktrip.net
Inilah bangunan paling terkenal di Kota Tua karena letaknya berada persis di pelataran Kota Tua. Museum Fatahillah yang bernama resmi Museum Sejarah Jakarta ini terdiri dari banyak ruangan. Beberapa di antaranya adalah Ruang Tarumanegara, Jayakarta, Prasejarah Jakarta, Fatahilah, Sultan Agung, dan MH Thamrin. Di museum ini, Anda dapat belajar banyak mengenai sejarah ibukota Indonesia kita.

2. Museum Wayang
Museum Wayang
Sumber Gambar : jakartabytrain.com
Museum yang berada di sisi kiri Museum Fatahillah ini memamerkan berbagai jenis dan bentuk wayang Indonesia dan Mancanegara. Untuk koleksi wayang Indonesia terbagi menjadi empat, yakni wayang kulit, wayang golek, wayang klitik, dan wayang mainan. Wayang kulit yang berbentuk pipih ini terbagi lagi menjadi beberapa wayang kulit dari berbagai penjuru Indonesia, seperti wayang kulit Betawi, Cirebon, dan Banyumas.

Begitu juga dengan wayang golek yang menyerupai patung yang terbagi lagi menjadi beberapa, seperti wayang golek Bogor, Ciawi, Betawi, dan Pakuan. Selain memamerkan wayang, Museum Wayang juga memamerkan seluruh perlengkapan perwayangan, salah satunya adalah Lampu Blencong yang dapat membuat bayangan di belakang layar. Tak ketinggalan, museum ini juga memamerkan koleksi topeng Cirebon, Surakarta, Jogja, Malang, dan Bali.

3. Museum Seni Rupa dan Keramik
Sumber Gambar : www.ragamtempatwisata.com
Museum yang berada di sisi kanan Museum Fatahillah ini menampilkan keanekaragaman seni rupa, seperti sketsa, batik lukis, totem kayu, patung, dan grafis. Tak hanya itu, Anda pun dapat melihat koleksi keramik dari berbagai penjuru Indonesia, salah satunya adalah keramik MAJAPAHIT yang bersejarah penting. Keramik mancanegara juga ikut diperlihatkan di sini, seperti koleksi keramik Cina, Vietnam, Timur Tengah, dan Eropa.

Selain keramik, Museum Seni Rupa dan Keramik juga menampilkan berbagai lukisan dari pelukis terkenal yang terbagi ke dalam tujuh ruangan dengan masa yang berbeda. Ada ruang masa Raden Saleh, Masa Hindia Jelita, Persagi, Masa Pendudukan Jepang, Pendirian Sanggar, Sekitar Kelahiran Akademis Realisme, dan Seni Rupa Baru Indonesia. Di akhir penelusuran, lihatlah berbagai koleksi patung seniman Indonesia, seperti Oesman Effendi, Amri Yahya, Popo Iskandar, dan AS Budiman.

4. Museum Bank Indonesia
Museum Bank Indonesia
Sumber Gambar : jakartabytrain.com
Museum ini menyuguhkan informasi tentang peran Bank Indonesia selama perjalanan bangsa Indonesia, mulai dari sejak sebelum kedatangan para penjajah hingga Bank Indonesia berdiri pada tahun 1953. Tak usah khawatir akan merasa bosan, karena penyajian informasi dikemas dengan memanfaatkan multimedia, seperti televisi plasma, panel static, dan diorama, sehingga Anda akan merasa nyaman menikmati seluk-beluk Museum Bank Indonesia. Museum Bank Indonesia turut menampilkan koleksi benda pada masa kerajaan-kerajaan Nusantara, seperti koleksi uang numismatik.

5. Museum Bank Mandiri
Museum Bank Mandiri
Sumber Gambar : jakarta.panduwisata.id
Setelah menelusuri Museum Bank Indonesia, beralihlah ke Museum Bank Mandiri yang bersebelahan dengan Museum Bank Indonesia sekaligus museum terakhir dalam rangkaian Museum Kota Tua. Museum yang berasitektur Art Deco Klasik ini masih mempertahankan ornament bangunan, interior, dan furniture seperti saat pertama kali didirikan.

Museum Bank Mandiri memiliki banyak koleksi yang berkaitan dengan aktivitas perbankan di masa dulu, mulai dari mata uang kuno, surat berharga, brangkas, koleksi buku Tabanas tahun 70-an, dan perlengkapan operasional bank. Beberapa perlengkapan operasional bank antara lain mesin hitung uang mekanik, mesin cetak, mesin pembukuan, peti uang, kalkulator, alat press bendel, dan safe deposit box.

Berkunjung ke Kawasan Kota Tua akan terasa lengkap dengan mengunjungi museum-museumnya. Ayo ke Museum Kota Tua.

Menelusuri Seluk-Beluk 5 Museum di Kawasan Kota Tua Jakarta Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Julli Dellia

0 komentar:

Tentang GudangAlamat.Com

Selamat datang di gudangalamat.com situs penyedia pencarian alamat dan objek wisata di Indonesia dan dunia. Untuk mencari data alamat perusahaan maupun alamat lain yang ingin Anda cari, gunakanlah kolom pencarian alamat pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

Gudangalamat.com menyediakan direktori alamat perusahaan/kantor, database email dan nomor telpon penting di Indonesia, cari alamat perusahaan, cari nomer telepon, cari peta alamat dan lain sebagainya yang terangkum dalam database direktori alamat yang ada di gudangalamat.com