Senin, 31 Agustus 2015

Taman Nasional Way Kambas, Rumah Bermain Para Gajah di Selatan Sumatera

Taman Nasional Way Kambas, Rumah Bermain Para Gajah Di Selatan Sumatera Mendengar kata gajah, biasanya kita akan teringat pada habitat asli gajah di Taman Nasional Way Kambas yang terletak di Lampung. Jika di kebun binatang, kita biasa melihat gajah yang terkurung dan seolah menunjukkan wajah sedih. Keadaan itu tak akan terlihat di Taman Nasional Way Kambas. Di taman nasional ini, Anda akan melihat para gajah bebas berkeliaran sebagaimana berada di hutan.

Taman Nasional Way Kambas
Sumber Gambar : indonesian.travel.com
Sejarah Way Kambas
Pada tahun 1937, pendatang Belanda mendirikan Way Kambas untuk melatih gajah-gajah Sumatera untuk dijadikan hewan tunggangan orang-orang Belanda. Namun setelah Proklamasi Kemerdekaan RI, Belanda sudah meninggalkan tanah air. Pemerintah RI pun mengambil alih Way Kambas dan tetap menjadikannya sebagai tempat pelatihan gajah dan memberikannya status taman nasional sejak tahun 1985. Hanya saja, gajah-gajah Way Kambas tidak dilatih untuk mengangkat kayu ataupun sebagai transportasi, melainkan lebih kepada hiburan, seperti bermain sepak bola. Taman Nasional Way Kambas menjadi pelopor atraksi-atraksi gajah yang lucu di Indonesia. 

Mengelilingi Taman Nasional Way Kambas
Untuk mengelilingi Way Kambas, Anda dapat menaiki perahu motor dengan mengikuti aliran Sungai Way Kambas untuk mengamati spesies-spesies langka, seperti puspa, cemara laut, dan tanaman pidada. Bila beruntung, Anda bisa bertemu dengan Bangau Tontong dan Burung Kuau Raja. Tak hanya menjadi pusat pelatihan gajah, Way Kambas juga merupakan hutan konservasi badak Sumatera dan harimau Sumatera yang populasinya semakin sedikit.

Sayangnya, pengunjung yang hendak mengamati badak dan harimau Sumatera harus memegang izin khusus terlebih dahulu. Karena kehadiran pengunjung dapat dianggap sebagai ancaman bagi harimau dan badak, sehingga keduanya dapat menyerang pengunjung.

Fasilitas Taman Nasional Way Kambas
Berjarak sekitar 500 m dari pintu masuk terdapat Satwa Gajah Eco Lodge yakni taman yang ditumbuhi banyak tanaman buah-buahan tropis. Tempat ini juga menawarkan cottage dengan fasilitas yang cukup lengkap, yang didukung oleh tenaga surya. Tersedia juga restoran yang menyajikan banyak menu Indonesia dan Barat. Ada juga Way Kanan Resort yang banyak didatangi banyak kalangan, mulai dari wisatawan lokal, mancanegara, hingga peneliti dari seluruh dunia.

Way Kambas tidak hanya menjadi habitat bagi para gajah, tapi juga habitat bagi banyak flora & fauna yang sering dijadikan objek penelitian oleh para peneliti.  Jika ingin penginapan yang lebih sederhana, Anda dapat bergerak sekitar 30 kilometer dari pintu masuk. Disana terdapat beberapa penginapan sederhana dengan kisaran harga Rp 100.000- Rp 200.000. Yang sulit ditemukan di TN Way Kambas adalah warung makan. Hanya ada sebuah warung di Pusat Pelatihan Gajah dan itupun hanya buka saat siang hari. Jadi sebaiknya Anda membawa perbekalan sendiri.

Tips Memotret
Ada banyak wisatawan dan penggiat fotografi yang merasa kecewa karena tak melihat banyak gajah. Padahal sebenarnya ada ratusan gajah di Way Kambas. Hal itu terjadi karena mereka datang terlalu siang. Sementara momen terbaik untuk melihat gajah adalah saat pagi sebelum pukul 06.00. Setelah pukul 06.00, gajah-gajah akan dilepaskan ke padang rumput dan mereka akan berpencar. Tentunya sebelum dilepas, gajah-gajah ini terlebih dahulu dimandikan di kolam.

Oleh karena itu, sebaiknya datanglah sebelum pukul 07.00 agar Anda dapat mengabadikan momen gajah sedang mandi. Tak hanya pagi hari, momen senja pun dapat menjadi pilihan. Karena menjelang senja, para gajah yang tersebar di savana akan berkumpul kembali. Jika ingin mendapatkan momen terbaik saat pagi maupun sore hari, sebaiknya Anda menginap satu malam di TN Way Kambas.

Aksesbilitas
Taman Nasional Way Kambas berjarak 100-an kilometer dari Bandar Lampung dan untuk mencapainya, Anda harus berkendara selama 2 jam. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat mencapai Way Kambas dalam waktu kurang dari 2 jam. Namun jika Anda menaiki kendaraan umum, Anda harus menaiki bus tujuan Way Jepara dari Terminal Rajabasa, kemudian turun di Gajah Batu.

Setibanya di Gajah Batu, Anda harus melanjutkan perjalanan menuju Way Kanan dengan menaiki ojek, kemudian turun di Pusat Pelatihan Gajah. Karena ketersediaan ojek hanya sampai pukul 15.00 saja, sebaiknya Anda berangkat pagi-pagi sekali. Untuk dapat masuk ke TN Way Kambas, Anda harus mengajukan izin di pintu masuk taman nasional ataupun ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam 11 yang ada di Bandar Lampung.

Taman Nasional Way Kambas, Rumah Bermain Para Gajah di Selatan Sumatera Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Julli Dellia

0 komentar:

Tentang GudangAlamat.Com

Selamat datang di gudangalamat.com situs penyedia pencarian alamat dan objek wisata di Indonesia dan dunia. Untuk mencari data alamat perusahaan maupun alamat lain yang ingin Anda cari, gunakanlah kolom pencarian alamat pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

Gudangalamat.com menyediakan direktori alamat perusahaan/kantor, database email dan nomor telpon penting di Indonesia, cari alamat perusahaan, cari nomer telepon, cari peta alamat dan lain sebagainya yang terangkum dalam database direktori alamat yang ada di gudangalamat.com