Jumat, 14 Agustus 2015

Trik Wisata Hemat ke Bromo

Trik Wisata Hemat ke Bromo. Indonesia mumpunyai banyak sekali tempat-tempat indah yang menarik minat wisatawan untuk mengunjunginya salah satunya adalah Gunung Bromo. Namun, satu permasalahan yang biasanya menghambat Anda untuk merealisasikan rencana tour ke Bromo adalah budget yang tidak sedikit karena tempat tinggal Anda yang berada jauh di luar kota atau di pulau yang berbeda. Untuk mengatasi masalah budget Anda bisa simak beberapa trik hemat menuju Bromo berikut ini.

1. Memilih rute ke Bromo


Mengenal tempat atau objek wisata yang rencananya akan Anda kunjungi adalah hal yang wajib untuk Anda yang menginginkan wisata dengan biaya murah. Cari sebanyak mungkin informasi mengenai wisata Bromo dengan bertanya kepada teman, saudara, orang yang sudah pernah berkunjung kesana atau browsing lewat internet. Dari situ Anda akan mengetahui rute-rute yang bisa Anda lewati untuk sampai ke Bromo. Karena Anda menginginkan wisata dengan biaya yang hemat sebaiknya Anda memilih rute yang biasa dilewati oleh para backpaker. 

Biaya yang nantinya akan Anda keluarkan untuk sampai ke Bromo tentunya beragam sesuai dengan tempat dari mana Anda berangkat. Misalkan jika Anda memulai perjalanan dari Yogyakarta Anda bisa menggunakan transportasi bus atau kereta apai sesuai dengan budget untuk sampai ke Kota Malang atau Kota Surabaya. Karena dari kedua kota itulah rute perjalanan para backpaker ke Bromo dimulai. Berikut ini adalah contoh rute yang digunakan backpaker yang bisa menjadi referensi untuk perjalanan Anda.

A. Rute Malang

Setelah Anda tiba di stasiun, selanjutnya Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan mikrolet dengan tujuan Desa Tumpang. Setelah sampai di desa tersebut perjalanan selanjutnya Anda bisa menggunakan jeep untuk sampai ke Bromo. Tapi masalahnya jeep baru akan berangkat apabila quota sudah terpenuhi. Ini adalah kelemahannya ketika Anda memutuskan untuk menggunakan rute Malang. Jika Anda berangkat dengan beberapa orang teman atau keluarga tentu masalah quota bisa cepat terpenuhi.

Jeep-jeep yang bisa mengantar Anda untuk sampai ke Bromo ini biasanya baru akan berangkat saat tengah malam. Di sekitar tempat tersebut juga belum ada hoteluntuk tempat singgah. Untuk mengatasinya sebaiknya Anda menyewa sepeda/motor untuk perjalanan selanjutnya ketika memutuskan melewati rute via Tumpang ini. Kelebihan dari rute ini yaitu banyak tempat wisata yang bisa Anda nikmati sebelum sampai ke tempat tujuan misalnya objek wisata coban pelangi.

B. Rute surabaya

Ketika Anda sudah menginjakkan kaki di stasiun atau bandara yang ada di Surabaya. Dari sana Anda bisa langsung ke terminal Probolinggo. Sesampai di terminal selanjutnya Anda bisa menaiki angkutan khusus yang akan membawa Anda menuju ke Bromo. Angkutan khusus ini dapat Anda temukan di sebelah selatan terminal. Sebelum naik angkutan Anda harus memastikan terlebih dahulu jika angkutan tersebut adalah angkutan khusus yang dimaksud dengan melihat ciri-cirinya. Ciri dari angkutan khusus ke Bromo yaitu kendaraan ELF dengan warna hijau tua.

Jika Anda baru sampai terminal saat malam, kendaraan yang bisa Anda pilih yaitu menggunakan travel lokal Kota probolinggo yang juga melayani rute menuju Bromo setiap harinya berangkat ke Bromo untuk mengantar tamu yang datang dari Yogyakarta sekitar jam 6 sampai 8 malam.

Trik Wisata Hemat ke Bromo
Sumber Gambar : aliyamuafa.wordpress.com

2. Mencari penginapan selama di Bromo

Sebagai tempat wisata yang ramai dikunjungi banyak wisatawan, Bromo menyediakan banyak penginapan yang berada di sekitarnya untuk tempat istirahat wisatawan dengan harga yang beragam. Ketika memilih penginapan atau homestay di sekitar Gunung Bromo sebaiknya Anda membandingkan harga yang ditawarkan dari homestay satu dengan homestay yang lain untuk mendapatkan harga yang minimal. Untuk masalah penginapan ini sebaiknya Anda menyewa homestay yang boleh di sewa per kamar. Hal itu tentunya akan lebih efektif dan meminimalisasi pengeluaran.

3. Pilih Objek Wisata

Perjalanan wisata ke Bromo memang menyenangkan karena Gunung Bromo menawarkan banyak keindahan yang bisa Anda nikmati untuk menghilangkan stress. Di samping itu masih banyak objek wisata menarik lainnya yang bisa Anda kunjungi selama di sana. Inilah beberapa objek wisata di sekitar wisata yang bisa Anda jadikan referensi selama berada di Bromo.

Kunjungan pertama tentu ke kawah Gunung Bromo, untuk mencapai kawah Anda bisa menggunakan jeep lalu berjalan kaki sepanjang 1,5 km dan selanjutnya menaiki anak tangga sebanyak 250. Setelah mengunjungi kawah tempat berikutnya yang bisa Anda coba kunjungi yaitu Gunung Penanjakan. Gunung Penanjakan merupakan sebuah puncak gunung yang berlokasi di barat Gunung Bromo. Di tempat inilah banyak orang datang di waktu pagi untuk menikmati sunrise Bromo yang indah.

Jika Anda tidak tertarik untuk mendaki puncak, tempat lain yang bisa Anda kunjungi yaitu Pura Poten yang tidak lain adalah Pura milik umat hindu yang ada di sekitar kaki Gunung Bromo. Pura ini akan Anda lewati ketika sedang menempuh perjalanan menuju kawah.

Sisi timur Bromo juga menawarkan pemandangan yang tidak kalah menarik yaitu Bukit Teletubbies dan juga savana. Pemandangan terbaik dari tempat ini bisa Anda lihat jika Anda mengunjunginya saat musim semi.

Itulah beberapa trik yang bisa Anda jadikan referensi sebelum memulai perjalanan ke Bromo. Banyaknya biaya yang harus Anda keluarkan untuk perjalanan wisata ke Bromo sangat tergantung pada banyaknya informasi yang Anda miliki tentang objek wisata, rute perjalanan, ataupun penginapan murah yang ada di Bromo. Semakin banyak info yang Anda ketahui maka akan semakin sedikit budget yang akan dikeluarkan.

Trik Wisata Hemat ke Bromo Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nanda f gustian

0 komentar:

Tentang GudangAlamat.Com

Selamat datang di gudangalamat.com situs penyedia pencarian alamat dan objek wisata di Indonesia dan dunia. Untuk mencari data alamat perusahaan maupun alamat lain yang ingin Anda cari, gunakanlah kolom pencarian alamat pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

Gudangalamat.com menyediakan direktori alamat perusahaan/kantor, database email dan nomor telpon penting di Indonesia, cari alamat perusahaan, cari nomer telepon, cari peta alamat dan lain sebagainya yang terangkum dalam database direktori alamat yang ada di gudangalamat.com