Jumat, 04 September 2015

6 Telaga Dieng Yang Indah Selain Telaga Warna

6 Telaga Dieng Yang Indah Selain Telaga Warna. Dieng merupakan kawasan dataran tinggi yang mencakup Banjarnegara dan Wonosobo, dan termasuk kawasan wisata populer di Indonesia. Keindahan alam Dieng, kesejukan udaranya, dan budaya yang kental, membuat Dieng menjadi salah satu tujuan wisata favorit, tidak hanya bagi wisatawan lokal tapi juga wisatawan mancanegara. Kawasan Dieng sendiri terdiri dari gunung, kawah, dan danau vulkanik yang lebih dikenal dengan sebutan telaga. Satu telaga yang paling terkenal adalah Telaga Warna. Saat terkena sinar matahari, maka air telaga akan berubah menjadi warna merah, hijau, putih, biru, dan lembayung.

Konon, Telaga Warna terkait dengan legenda tempat mandi 7 bidadari, cincin bangsawan, dan tempat pencarian makna kehidupan. Untuk menikmati keindahan Telaga Warna, Anda bisa melihatnya dari Bukit Batu Ratapan Angin. Mengingat tanah dasar telaga mengandung belerang, sebaiknya Anda membawa masker saat berkunjung ke Telaga Warna. Selain Telaga Warna, masih ada telaga-telaga Dieng lainnya yang tak kalah indah, seperti berikut ini.

Telaga Pengilon

Telaga Pengilon
Sumber Gambar : tatigallery.blogspot.com
Bersebelahan dengan Telaga Warna, terdapat Telaga Pengilon yang memiliki arti tersendiri bagi masyarakat Dieng. Meskipun berdekatan, terdapat perbedaan antara Telaga Pengilon dan Telaga Warna. Jika Telaga Warna memiliki air warna-warni, maka air Telaga Pengilon akan terlihat berwarna cokelat dari kejauhan. Padahal jika dilihat dari dekat, air Telaga Pengilon benar-benar jernih. Karena kejernihannya inilah muncul kepercayaan masyarakat bahwa jika orang yang memiliki niat jahat menatap air Telaga Pengilon, maka bayangannya pada permukaan air akan terlihat buruk. Namun jika orang yang berniat baik yang menatap air telaga, maka bayangannya akan terlihat indah. Adapun air Telaga Pengilon mengandung sedikit belerang sehingga sering digunakan oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Telaga Menjer
Telaga Menjer
Sumber Gambar : hyeriminme.blogspot.com
Telaga Menjer menawarkan suasana tenang dan sepi yang akan membuat pikiran Anda menjadi tenang seolah sedang melakukan yoga. Jika Anda menyukai petualangan, Anda dapat berkeliling telaga ini melewati perbukitan dan perkebunan teh. Dari perkebunan teh ini, Anda dapat melihat pemandangan Telaga Menjer dengan utuh. Namun jika tak ingin berjalan, Anda dapat mengelilingi Telaga Menjer dengan menaiki rakit bambu. Selain sebagai tempat wisata, Telaga Menjer juga digunakan sebagai pembangkit listrik, pengairan, dan pemacingan. Dengan adanya Telaga Menjer, kebutuhan air masyarakat Dieng menjadi terbantu.

Telaga Merdada
Telaga Merdada
Sumber Gambar : jejakku.co
Telaga Merdada merupakan telaga terluas di Kawasan Dieng dan hanya akan ada pada saat musim hujan, karena memang seluruh air telaga merupakan tampungan air hujan. Tepat di hadapan telaga terdapat Bukit Semurup dan Bukit Pangonan yang akan memanjakan mata. Dulunya kawasan sekitar telaga dijadikan sebagai tempat pembibitan jamur. Namun kemudian saat terjadi krisis ekonomi, tempat pembibitan jamur ini ditutup. Hingga kini, Anda masih dapat melihat bangunan-bangunan bekas tempat pembibitan. Air Telaga Merdada juga dimanfaatkan untuk mengairi lahan-lahan kentang.

Telaga Cebong
Telaga Cebong
Sumber Gambar : selasar.com
Telaga Cebong berada di kaki Bukit Sikunir. Adapun penamaan Cebong didasarkan pada bentuk telaga yang menyerupai cebong. Tepian Telaga Cebong dimanfaatkan sebagai lahan parkir dan tempat istirahat bagi para pendaki sebelum mendaki Bukit Sikunir. Namun terkadang orang-orang tak sadar bahwa di samping lahan parkir terdapat telaga yang adalah Telaga Cebong. Lanskap Telaga Cebong sendiri akan terlihat sempurna dari atas Bukit Sikunir. Bagi Anda yang ingin merasakan hawa dingin Dieng, Anda dapat memanfaatkan tepian Telaga Cebong untuk berkemah.

Sama seperti telaga lainnya, Telaga Cebong juga menjadi urat nadi kehidupan bagi masyarakat Desa Sembungan, dimana air telaga dimanfaatkan untuk mengairi areal persawahan dan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Air Telaga Cebong sendiri mengalir ke hilir hingga membentuk Air Terjun Sikarim yang cantik.

Telaga Dringo
Telaga Dringo
Sumber Gambar : arsiyawenty.wordpress.com
Letak Telaga Dringo yang masih tersembunyi mengharuskan Anda untuk mengajak pemandu wisata untuk dapat menjangkaunya. Untuk sampai ke Telaga Dringo, Anda harus melewati lembah, perbukitan, dan lahan pertanian kentang, yang membuat perjalanan Anda akan semakin berwarna. Setibanya di Telaga Dringo, rasa lelah selama perjalanan akan terbayarkan tatkala Anda menatap pemandangan sekitar telaga yang menawan. Di kawasan telaga yang rimbun oleh pepohonan cemara ini, Anda dapat melakukan piknik bersama keluarga.

Telaga Swiwi
Telaga Swiwi
Sumber Gambar : budparbanjarnegara.com
Jika Telaga Merdada merupakan telaga terluas, maka Telaga Swiwi dapat dibilang sebagai telaga terkecil di kawasan Dieng. Namun jangan anggap remeh Telaga Swiwi, karena di telaga ini Anda dapat memancing, bermain perahu dayung, becak air, dan tentunya beristirahat di gazebo yang tersedia.

6 Telaga Dieng Yang Indah Selain Telaga Warna Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nanda f gustian

0 komentar:

Tentang GudangAlamat.Com

Selamat datang di gudangalamat.com situs penyedia pencarian alamat dan objek wisata di Indonesia dan dunia. Untuk mencari data alamat perusahaan maupun alamat lain yang ingin Anda cari, gunakanlah kolom pencarian alamat pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

Gudangalamat.com menyediakan direktori alamat perusahaan/kantor, database email dan nomor telpon penting di Indonesia, cari alamat perusahaan, cari nomer telepon, cari peta alamat dan lain sebagainya yang terangkum dalam database direktori alamat yang ada di gudangalamat.com