Senin, 07 September 2015

6 Tempat Wisata Bantul Selain Pantai Parangtritis Yang Tak Kalah Menarik

6 Tempat Wisata Bantul Selain Pantai Parangtritis Yang Tak Kalah Menarik. Sebagaimana daerah-daerah di Yogyakarta yang memiliki banyak tempat wisata, Bantul pun demikian. Salah satu pesona Bantul yang paling terkenal adalah Pantai Parangtritis. Pantai yang erat dengan legenda Ratu Kidul ini memang masih menjadi tujuan wajib oleh wisatawan luar Yogyakarta. Meskipun selalu ramai dan sudah mainstream, pesona Pantai Parangtritis memang tak terbantahkan. Di pantai ini Anda dapat berkeliling dengan bendi ataupun mencoba bermain ATV lalu melesat di atas gundukan pasir. Bermain layang-layang juga bisa menjadi pilihan. Angin laut yang kencang memungkinkan layang-layang Anda melayang tinggi.


Satu lagi yang tak boleh tertinggal dari Pantai Parangtritis adalah pemandangan senjanya saat langit biru berubah kekuningan-oranye hingga menjadi hitam gelap. Meskipun sudah malam, Anda tetap dapat menikmati keindahan Parangtritis sambil menggelar tikar di pinggir pantai dan menyantap jagung bakar. Namun selain Pantai Parangtritis, masih banyak pesona Bantul lainnya yang harus Anda ketahui, seperti berikut ini. 

Gumuk Parangkusumo
Gumuk Parangkusumo
Sumber Gambar : www.panoramio.com
Gumuk Pasir Parangkusumo merupakan salah satu objek wisata populer saat ini karena penampilannya yang menyerupai Gurun Sahara, Afrika. Dalam bahasa Jawa, Gumuk berarti gundukan. Jadi, Gumuk Pasir berarti gundukan pasir. Gumuk Parangkusumo tercipta akibat terbentuknya endapan pasir dari material vulkanik Gunung Merapi. Pasir tersebut terbawa arus sungai sampai ke muara, terhantam ombak samudera, dan jadilah gurun pasir. Di Gumuk Parangkusumo ini, Anda dapat mengelilingi gumuk dengan menaiki kuda dan mencoba sandboarding.

Pantai Kuwaru
Pantai Kuwaru
Sumber Gambar : indonesiaexplorer.net
Di Pantai Kuwaru, Anda akan menyaksikan pemandangan pepohonan cemara, merasakan angin sepoi-sepoi, dan tentunya debur ombak khas pantai selatan. Masyarakat sekitar memang giat melakukan penghijauan. Karena itulah suasana Pantai Kuwaru terasa rindang. Di Pantai Kuwaru, Anda dapat bermain di kolam renang, ATV motor, kereta mini, motor trail, dan mandi bola. Bahkan di hari-hari tertentu seperti hari libur tersedia wahana komidi putar, biang lala, dan rumah balon yang akan menyemarakkan kunjungan Anda. Anda juga tak perlu khawatir akan kelaparan, karena di pantai ini tersedia warung-warung makanan yang menyedikan beragam menu makanan.

Kebun Buah Mangunan
Kebun Buah Mangunan
Sumber Gambar : mp3smas.blogspot.com
Mampirlah ke Kebun Buah Mangunan untuk menyaksikan pesona Sungai Oya dan perbukitan dari gardu pandang. Selain Sungai Oya, berada di ketinggian juga memungkinkan Anda untuk menikmati pemandangan Pantai Parangtritis di sisi selatan dan pemandangan Kota Bantul di sisi barat. Kebun Buah Mangunan sendiri menjadi tempat budidaya berbagai macam buah-buahan, seperti durian, rambutan, mangga, jeruk, duku, sawo, manggis, jambu air, belimbing, dan cempedak. Tak ketinggalan, tanaman jati, pinus, dan magium ditanam untuk menambah kesejukan Kebun Buah Mangunan. Bagi Anda yang ingin merasakan tinggal di Kebun Buah Mangunan, Anda dapat memilih penginapan ala homestay.

Jurang Pulosari
Jurang Pulosari
Sumber Gambar : mandrapahlawa.blogspot.com
Di jurang atau curug yang sedang naik daun ini, Anda akan dimanjakan oleh suasana khas pedesaan. Pepohonan yang rimbun, jalan setapak berbatu, dan bunyi gemericik aliran air akan menemani perjalanan Anda menuju Jurang Pulosari dari lokasi parkir. Meskipun siang hari, kondisi Jurang Pulosari sangat sejuk. Salah satu kelebihan Jurang Pulosari adalah adanya kolam di bawah jurang yang memungkinkan wisatawan untuk berenang dan bermain air. Fasilitas yang tersedia di sini pun cukup lengkap, mulai dari petunjuk arah, jembatan, tangga jalan setapak, warung, hingga kamar mandi.

Bukit Mbucu
Bukit Mbucu
Sumber Gambar : spadepicnic.wordpress.com
Bukit Mbucu yang terletak di Piyungan, Bantul ini menawarkan pemandangan sore yang menawan. Di atas bukit ini, Anda akan disuguhi pemandangan hamparan sawah dan pedesaan. Saat matahari tenggelam dan lampu-lampu kota mulai hidup, pemandangan yang Anda saksikan akan menyerupai pemandangan di Bukit Bintang Jalan Wonosari. Namun tentu suasananya lebih tenang. Jika ingin menginap, Anda dapat mendirikan tenda di Bukit Mblucu ini. 

Goa Cerme
Goa Cerme
Sumber Gambar : speleoside.wordpress.com
Goa Cerme terletak di Imogiri, tepatnya di Dusun Srungo, Selopamioro. Penamaan Cerme sendiri berasal dari kata Ceramah yang menandakan pembicaraan oleh walisongo. Memang dulu Goa Cerme digunakan sebagai tempat penyebaran agama Islam oleh para walisongo. Selain itu, Goa Cerme juga menjadi tempat pertemuan untuk membahas rencana pendirian Masjid Agung Demak dan tempat diadakannya upacara syukuran meminta berkah pada Tuhan.

Goa Cerme memiliki keindahan stalaktit dan stalakmit, sejumlah kelelawar, dan tentunya aliran air bawah tanah. Ada banyak ruangan di dalam Goa Cerme, seperti panggung pertemuan, kahyangan, paseban. Lumbung padi, batu gilang, dan watu gantung. Caving menjadi pilihan yang tepat untuk menikmati keindahan Goa Cerme.

Itulah sekilas informasi tempat wisata menarik di Bantul yang tidak kalah indah dengan tempat lain, jika destinasi perjalanan wisata Anda tepat berada di Bantul jangan lupa untuk mengunjungi tempat-tempat diatas!

6 Tempat Wisata Bantul Selain Pantai Parangtritis Yang Tak Kalah Menarik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Julli Dellia

0 komentar:

Tentang GudangAlamat.Com

Selamat datang di gudangalamat.com situs penyedia pencarian alamat dan objek wisata di Indonesia dan dunia. Untuk mencari data alamat perusahaan maupun alamat lain yang ingin Anda cari, gunakanlah kolom pencarian alamat pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

Gudangalamat.com menyediakan direktori alamat perusahaan/kantor, database email dan nomor telpon penting di Indonesia, cari alamat perusahaan, cari nomer telepon, cari peta alamat dan lain sebagainya yang terangkum dalam database direktori alamat yang ada di gudangalamat.com