Minggu, 06 September 2015

6 Tempat Wisata di Sabang yang Menarik Untuk Dikunjungi

6 Tempat Wisata di Sabang yang Menarik Untuk Dikunjungi. Sabang merupakan kota yang berada di Pulau Weh sekaligus pintu gerbang menuju Indonesia di ujung barat. Sabang sendiri merupakan daerah yang sangat unik untuk Indonesia karena keberadaan tugu Nol Kilometer yang disebut sebagai penanda ujung barat Indonesia. Kini, Sabang telah menjelma menjadi tujuan wisata bahari yang menawarkan keindahan alam bawah laut bagi para penyelam. Di lautan Sabang, Anda dapat menemukan ratusan spesies ikan dan terumbu karang alami.


Perairan Sabang sendiri merupakan tempat pertemuan Samudera Hindia dan Selat Malaka. Akan tetapi, bukan hanya wisata bahari saja yang dimiliki Sabang. Tapi juga danau, pantai, air terjun, pemandian, hutan, dan gunung. Bagi Anda yang ingin berwisata ke Sabang, pastikan Anda mengunjungi tempat-tempat menarik ini setibanya di Sabang. 

Tugu Nol Kilometer Indonesia
Tugu Nol Kilometer Indonesia
Sumber Gambar : webtempatwisata.com
Tugu ini tentu menjadi tujuan wajib Anda setibanya di Sabang. Tugu Nol Kilometer Indonesia berjarak 29 km dari pusat Kota Sabang, lebih tepatnya berada di Desa Ujung Bau. Di tempat ini, Anda akan dimanjakan oleh panorama birunya laut dan suasana alam yang indah. Tetaplah disana sampai Anda menyaksikan keindahan panorama matahari terbenam. Tentu menikmati matahari terbenam di titik nol kilometer di ujung barat Indonesia akan terasa berbeda. Selain menikmati panorama alam, Anda juga wajib menelusuri jejak sejarah di Sabang melalui benteng-benteng peninggalan Belanda, Jepang, dan Portugis yang posisinya menghadap laut lepas.

Danau Aneuk Laot
Danau Aneuk Laot
Sumber gambar : www.pilarsulut.com
Danau yang terletak di tengah kota Sabang ini menjadi sumber mata air bagi masyarakat Pulau Weh. Saat siang hari panorama Danau Aneuk Laot sangat indah ditambah dengan suasananya yang sejuk. Saat senja pemandangan semakin sempurna dengan berubahnya warna air laut menjadi oranye.

Pulau Rubiah
Pulau Rubiah
Sumber Gambar : pujadias.wordpress.com
Meskipun tak berpenghuni, Pulau Rubiah sering dikunjungi oleh wisatawan yang ingin memancing, mengingat Pulau Rubiah merupakan habitat banyak ikan seperti ikan kerapu. Disamping itu, Pulau Rubiah juga memiliki kekayaan ikan hias dan terumbu karang unik seperti angel fish, lion fish, dan school of parrot fish. Untuk mengitari Pulau Rubiah, Anda dapat menyewa perahu sekitar 2 jam. Selain kaya akan keindahan alam bawah laut, daratannya juga tidak kalah menarik. Tempat ini menyimpan sejarah bernuansa Islam yaitu asrama Haji dan makam Sitti Rubiah yang menjadi latar penamaan tempat ini.

Pantai Gapang
Pantai Gapang
Sumber Gambar : www.wisataceh.com
Berjarak 4 kilometer dari pusat kota Sabang, terdapat objek wisata Pantai Gapang yang memiliki air yang jernih dan pasir putih nan indah yang dilengkapi dengan restoran, cottage yang disewakan, dan sekolah menyelam. Saat Anda sedang dalam perjalanan menuju Tugu Nol Kilometer, Anda akan melewati sejumlah pantai, salah satunya ialah Pantai Gapang.

Iboih
Iboih
Sumber Gambar : kotabandaaceh.blogspot.com
Objek wisata Iboih berjarak 5 kilometer dari kota Sabang. Terdapat dua pantai di Iboih yaitu Pantai Teupin Sirkui yang berkarang dan Pantai Teupin Layeu yang berpasir putih, namun wisatawan lebih mengenalnya dengan Pantai Iboih. Dari semua pantai di Pulau Weh, Pantai Iboih merupakan yang paling favorit, karena alam bawah lautnya yang indah. Untuk menikmatinya, Anda dapat melakukan diving, snorkeling, atau berperahu dengan glass bottom boat. Belum puas menikmatinya sebentar saja? Anda dapat menyewa cottage. Selain menikmati keindahan lautnya, Anda juga dapat memancing dan mengamati aneka satwa seperti monyet, burung beraneka warna, dan reptil di hutan Iboih.

Air Terjun Pria Laot
Air Terjun Pria Laot
Sumber Gambar : www.pergiberwisata.com
Air terjun yang berhulu di Gunung Saung Keris ini berada di tengah hutan. Air Terjun Pria Laot berlokasi di Desa Pria Laot, Iboih. Karena posisinya yang berada di tengah hutan, Anda harus berjalan kaki selama 20 menit dari lokasi parkir. Anda akan disuguhi pemandangan hutan yang rindang dan berbagai flora liar. Bila Anda berkunjung pada rentang bulan Juni hingga Agustus, maka Anda dapat menyaksikan banyak kupu-kupu yang baru lahir dari kepompong.

Selama berada di Sabang, pastikan Anda menyantap makanan khas Sabang yaitu mie kepiting, percampuran mie khas Aceh dan kepiting. Anda dapat menjumpai banyak pedagang Mie Kepiting di Pantai Kasih. Itulah tadi 6 tempat wisata di Sabang yang menarik untuk dikunjungi. Pastikan Anda tidak melewatkannya ya!

6 Tempat Wisata di Sabang yang Menarik Untuk Dikunjungi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Julli Dellia

0 komentar:

Tentang GudangAlamat.Com

Selamat datang di gudangalamat.com situs penyedia pencarian alamat dan objek wisata di Indonesia dan dunia. Untuk mencari data alamat perusahaan maupun alamat lain yang ingin Anda cari, gunakanlah kolom pencarian alamat pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

Gudangalamat.com menyediakan direktori alamat perusahaan/kantor, database email dan nomor telpon penting di Indonesia, cari alamat perusahaan, cari nomer telepon, cari peta alamat dan lain sebagainya yang terangkum dalam database direktori alamat yang ada di gudangalamat.com