Minggu, 06 September 2015

7 Gunung Di Indonesia Yang Memiliki Hamparan Bunga Edelweis

7 Gunung Di Indonesia Yang Memiliki Hamparan Bunga Edelweis. Bunga Edelweis bukanlah sesuatu yang terdengar asing lagi, apalagi bagi kalangan pendaki gunung. Ingin melihat kecantikan Bunga Edelweis adalah salah satu alasan kuat mengapa seseorang mau bersusah-payah mendaki gunung. Bunga Edelweis sendiri dikenal sebagai bunga abadi karena tak pernah layu atau mati meskipun tak disiram. Karena itulah, Bunga Edelweis dianggap sebagai simbol cinta abadi. Tak jarang orang-orang memetiknya dan memberikannya kepada orang terkasih. Meskipun telah ada larangan memetik bunga ini. Bunga Edelweis sendiri merupakan bunga spesial, karena tak semua gunung memilikinya. Di Indonesia sendiri, bunga Edelweis kebanyakan tersebar di Pulau Jawa. Belum ada kabar, apakah bunga Edelweis juga tumbuh di gunung-gunung di luar Pulau Jawa, kecuali Gunung Rinjani. Indonesia memiliki beberapa gunung yang menampilkan hamparan Edelweis nan indah dipandang. Berikut 7 gunung di Indonesia yang memiliki hamparan Edelweis.


Gunung Gede, Jawa Barat
Gunung Gede, Jawa Barat
Sumber Gambar : anakbackpacker.wordpress.com
Gunung dengan ketinggian 2.958 diatas permukaan laut ini memiliki satu tempat menarik yaitu Alun-Alun Surya Kencana. Di tempat ini, anda dapat menyaksikan padang rumput luas yang dipenuhi oleh banyak Bunga Edelweis. Di lokasi ini juga, tertera larangan merusak habitat dan mengambil bagian-bagian tumbuhan Edelweis. Jadi, jangan sampai memetiknya ya.

Gunung Papandayan, Jawa Barat
Gunung Papandayan, Jawa Barat
Sumber Gambar : www.wiranurmansyah.com
Gunung yang berada di Kabupaten Garut ini disukai oleh banyak pendaki, termasuk pendaki pemula. Selain memiliki kawasan Hutan Mati yang eksotis, Gunung Papandayan juga memiliki Tegal Alun. Di Tegal Alun ini, bunga-bunga Edelweis tumbuh dengan segarnya. Memang di Pondok Saladah, Anda juga akan menemukan bunga Edelweis, namun jumlahnya tidak sebanyak di Tegal Alun. Perlu diketahui, meskipun areal ini sangat luas, pendaki tidak diperbolehkan untuk mendirikan tenda di Tegal Alun.

Gunung Pangrango, Jawa Barat
Gunung Pangrango, Jawa Barat
Sumber Gambar : akuntomountain.wordpress.com
Bagi Anda penggemar Soe Hok Gie, tentu nama Gunung Pangrango tak terdengar asing. Ya, salah satu bagian dari gunung ini menjadi tempat favorit Gie. Itulah Lembah Mandalawangi. Bahkan keindahan lembah yang dihuni oleh banyak Bunga Edelweis ini dituangkannya ke dalam puisi. Lembah Mandalawangi juga termasuk salah satu spot favorit Gunung Pangrango. Terbukti dari banyaknya pendaki yang lebih suka mendirikan tenda dan bermalam di Lembah Mandalawangi.

Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat
Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat
Sumber Gambar : koblakadventure.blogspot.com
Gunung cantik di Pulau Lombok ini merupakan salah satu gunung impian para pendaki. Bagaimana tidak? Gunung Rinjani memiliki Danau Segara Anak yang begitu cantik dan Plawangan Sembalun yang dipenuhi oleh banyak bunga Edelweis. Meskipun Plawangan Sembalun tak seluas Alun-Alun Surya Kencana dan Tegal Alun, Plawangan Sembalun tetap mempesona dengan kehadiran bunga abadi ini.

Gunung Semeru, Jawa Timur
Gunung Semeru, Jawa Timur
Sumber Gambar : www.yukpiknik.com
Inilah gunung paling terkenal di Indonesia. Masih terkait dengan Soe Hok Gie. Gunung Semeru menjadi gunung terakhir yang didaki oleh aktivis ini. Baru-baru ini sebuah film tentang 5 sahabat yang melakukan pendakian ke Semeru juga meningkatkan semangat anak muda untuk menjajal gunung berapi ini. Selama ini Gunung Semeru sangat terkenal dengan Ranu Kumbolo-nya yang begitu menawan. Namun ternyata keindahan Semeru tak sampai disitu saja. Masih ada Kalimati yang menawarkan keindahan hamparan Edelweis. Kalimati sendiri merupakan batas akhir pendakian.

Gunung Merbabu, Jawa Tengah
Gunung Merbabu, Jawa Tengah
Sumber Gambar : www.yukpiknik.com
Gunung Merbabu juga termasuk gunung idola di kalangan pendaki, dimana pendakiannya bisa dilakukan dari Magelang, Salatiga, dan Boyolali. Dari ketiga jalur ini, pendaki lebih sering memilih jalur Boyolali. Karena dengan melewati jalur ini, pendaki akan melewati padang sabana yang ditumbuhi oleh bunga-bunga Edelweis.

Gunung Lawu
Gunung Lawu
Sumber Gambar : rizkysmilefauzy.blogspot.com
Sedikit berbeda dari gunung-gunung sebelumnya. Bunga Edelweis di Gunung Lawu tidak berwarna putih, kuning, ataupun cokelat muda, melainkan berwarna ungu atau sedikit merah muda. Konon, Edelweis ini tidak mudah ditemukan. Ia bisa berada di lereng jurang dan di tengah kerimbunan bunga Edelweis berwarna dominan. Yang pasti, keberadaan Edelweis ungu ini tentu menumbuhkan rasa penasaran Anda untuk melihatnya. 

Bunga Edelweis memang cantik, unik, dan penuh filosofi. Setiap orang yang melihat keindahannya tentu akan tergoda untuk memetiknya. Namun jika Anda merasa sebagai pecinta alam sejati, tentu Anda tak akan memetiknya. Memandang keindahannya pastinya sudah lebih dari cukup.

7 Gunung Di Indonesia Yang Memiliki Hamparan Bunga Edelweis Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nanda f gustian

0 komentar:

Tentang GudangAlamat.Com

Selamat datang di gudangalamat.com situs penyedia pencarian alamat dan objek wisata di Indonesia dan dunia. Untuk mencari data alamat perusahaan maupun alamat lain yang ingin Anda cari, gunakanlah kolom pencarian alamat pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

Gudangalamat.com menyediakan direktori alamat perusahaan/kantor, database email dan nomor telpon penting di Indonesia, cari alamat perusahaan, cari nomer telepon, cari peta alamat dan lain sebagainya yang terangkum dalam database direktori alamat yang ada di gudangalamat.com