Selasa, 08 September 2015

7 Tempat Wisata Menarik Di Ternate Selain Pulau Maitara Dan Tidore

7 Tempat Wisata Menarik Di Ternate Selain Pulau Maitara Dan Tidore. Kota Ternate di timur Indonesia terkait erat dengan sejarah bangsa ini. Rempah-rempahnya sangat disukai oleh penjajah asing yang kemudian mengunjungi Ternate dan melakukan penjajahan untuk menguasai rempah-rempah dan tanah Ternate. Namun kini Indonesia telah merdeka dan diluar masa lalunya yang telah merasakan penjajahan, kini Ternate menjadi salah satu daerah indah yang dimiliki Indonesia. Salah satu daya tarik Ternate adalah Pulau Maitara dan Pulau Tidore yang terlihat pada uang pecahan seribu rupiah. Dari Ternate, tepatnya dari tebing pantai di Desa Ngade, Anda dapat memotret pemandangan kedua pulau ini.


Jika ingin menyaksikan pemandangan Maitara dan Tidore yang lebih indah, naiklah ke atas bukit Desa Ngade. Untuk menyeberang ke Pulau Maitara dan Pulau Tidore, Anda dapat menaiki perahu cepat dari Pelabuhan Bastiong. Di Pulau Matara, Anda dapat mengunjungi kampung nelayan di Dusun Ake Bai dan Dusun Doe-Doe, sementara di Tidore, Anda dapat mengunjungi Istana Kesultanan Tidore. Selain Pulau Maitara dan Pulau Tidore, masih banyak pesona lain yang dimiliki Ternate yang harus dijajal. Berikut 7 tempat wisata menarik di Ternate selain Pulau Maitara dan Tidore. 

Benteng Kastela
Benteng Kastela
Sumber Gambar : mengenalternate.wordpress.com
Terletak jauh dari pusat kota, terdapat benteng peninggalan Portugis bernama Benteng Kastela yang juga disebut Benteng Gam Lamo. Benteng Kastela ini dibangun pada tahun 1521 oleh Antonio de Brito, kemudian dilanjutkan pada tahun 1525 oleh Gonzalo Periera, dan akhirnya diselesaikan pada tahun 1540 oleh Jorge de Gastro. Memasuki benteng Anda akan disambut oleh tugu ucapan selamat datang. Masuk lagi ke dalamnya, Anda akan melihat relief pembunuhan Sultan Khaerun yang dilakukan oleh penjajah Portugis.

Batu Angus
Batu Angus
Sumber Gambar : www.triptrus.com
Batu Angus merupakan daerah yang menyuguhkan pemandangan bongkahan batuan dengan bentuk dan warna yang kontras dengan bebatuan di sekitarnya. Konon, batu-batu ini merupakan bekas aliran lava yang telah membeku saat terjadinya letusan Gunung Gamalama tahun 1907. Kini, Batu Angus menjadi tempat wisata dimana Anda dapat menyaksikan pemandangan Gunung Gamalama, bongkahan batu angus, dinding tebing yang terjal, laut biru, dan situs sejarah yang terkait dengan tewasnya seorang tentara Jepang akibat parasutnya yang tak terbuka normal saat terjun dari pesawat.

Pantai Sulamadaha
Pantai Sulamadaha
Sumber Gambar : www.pasirpantai.com
Berada tak jauh dari lokasi Batu Angus, terdapat Pantai Sulamadaha yang memiliki pasir putih dan ombak kecil. Airnya yang bening dan jernih memungkinkan Anda untuk menyaksikan kehidupan bawah laut dengan jelas. Uniknya di depan Pantai Sulamahada terdapat sejumlah warung yang menjual air guraka yakni minuman jahe-susu hangat dan pisang mulut bebek yakni pisang goreng yang dimakan dengan sambal.

Pantai Falajawa
Pantai Falajawa
Sumber Gambar : anekainfoislam.blogspot.com
Pantai Falajawa berada tak jauh dari pusat Kota Ternate sehingga mudah diakses dan sangat terkenal di kalangan wisatawan terutama muda-mudi. Penataan pantai yang rapi membuat banyak wisatawan tertarik untuk berkunjung. Jika lapar, Anda bisa langsung menyantap hidangan khas Ternate yang banyak dijual di sekitar pantai, seperti Nasi Jaha dan Lalampo. Salah satu daya tarik Pantai Falajawa adalah keberadaan Masjid Raya Al Munawar Ternate atau Masjid Terapung. Puas bersantai di Pantai Falajawa, Anda bisa berwisata religi ke Masjid Terapung kebanggan masyarakat Ternate ini.

Danau Tolire
Danau Tolire
Sumber Gambar : galerypelaut.wordpress.com
Danau yang terletak di Ternate Utara ini memiliki dua bentuk danau yaitu kecil dan besar. Danau Tolire Kecil berwarna geap, sedangkan Danau Tolire Besar berwarna hijau. Di sekitar Danau Tolire Anda dapat menyaksikan pemandangan air hijau muda dan dinding tebing yang mengelilingi permukaan air. Di Danau Tolire Besar terdapat berbagai jenis ikan. Namun karena masyarakat mempercayai danau ini memiliki penunggu, maka itu tak ada satu pun yang berani mengambil ikan dari danau ini.

Danau Laguna
Danau Laguna
Sumber Gambar : ink361.com
Danau Laguna berjarak 18 kilometer dari Kota Ternate, tepatnya berlokasi di Desa Ngade, Kelurahan Fitu. Karena itulah masyarakat sering menyebut Danau Laguna dengan sebutan Danau Ngade. Danau Laguna menyuguhkan pemandangan bentangan danau yang dikelilingi oleh perbukitan hijau dan gunung. Airnya yang tenang dimanfaatkan warga untuk melakukan budidaya ikan air tawar. Di Danau Laguna, Anda dapat berenang dan memancing sepuasnya.

Pantai Bobane Ici
Pantai Bobane Ici
Sumber Gambar : ayowisata.wordpress.com
Berjarak 20 kilometer dari sisi barat Ternate terdapat Pantai Bobane Ici yang berkontur lebih kecil dari Pantai Sulamahada. Karena ombaknya yang ganas dan permukaannya yang dipenuhi batu karang besar, wisatawan tidak disarankan untuk berenang. Namun jangan khawatir, Anda tetap dapat menikmati kolam renang dan menyantap ikan bakar sambil ditemani suara debur ombak.

Betapa indahnya alam Indonesia kita tercinta, bagi para travellers jangan lupa untuk mengelilingi Indonesia dan nikmati keindahan alamnya yang tidak kalah menarik dari pada luar negeri. Tentu saja alam Indonesia selalu menyediakan keindahannya saat Anda mengunjunginya.

7 Tempat Wisata Menarik Di Ternate Selain Pulau Maitara Dan Tidore Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Julli Dellia

0 komentar:

Tentang GudangAlamat.Com

Selamat datang di gudangalamat.com situs penyedia pencarian alamat dan objek wisata di Indonesia dan dunia. Untuk mencari data alamat perusahaan maupun alamat lain yang ingin Anda cari, gunakanlah kolom pencarian alamat pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

Gudangalamat.com menyediakan direktori alamat perusahaan/kantor, database email dan nomor telpon penting di Indonesia, cari alamat perusahaan, cari nomer telepon, cari peta alamat dan lain sebagainya yang terangkum dalam database direktori alamat yang ada di gudangalamat.com