Sabtu, 12 September 2015

9 Desa Wisata di Bantul Anti Mainstrem

9 Desa Wisata di Bantul Anti Mainstrem. Geliat desa wisata semakin besar. Konsep wisata back to nature ini memang tengah gencar-gencarnya dibangun. Tak hanya soal keasrian, desa wisata juga menawarkan pengalaman berinteraksi langsung dengan masyarakat lokal, sehingga wisatawan dapat mengenal tradisi dan budaya setempat. Di Indonesia sendiri, konsep desa wisata lebih banyak ditemukan di Yogyakarta, seperti di Gunungkidul, Sleman, Kulon Progo, dan Bantul. Dan kali ini kita akan membahas sejumlah desa wisata yang berada di Bantul. Untuk Anda yang ingin berwisata anti mainsteam, berikut ulasan dari 9 desa wisata di Bantul.

Desa Wisata Tembi

Desa Wisata Tembi
Sumber Gambar : paketwisatajogja.net
Nama desa ini diadaptasi dari lembaga kebudayaan Rumah Budaya Tembi. Di tempat ini, Anda dapat melihat proses pembuatan aneka kerajinan khas Yogyakarta, seperti dompet dan aneka anyaman. Anda pun dapat belajar membatik di sini.

Desa Kasongan
Desa Kasongan
Sumber Gambar : hasanarizky.blogspot.com
Di Desa Kasongan, Anda akan melihat deretan rumah galeri yang menawarkan barang-barang kerajinan gerabah, seperti guci, lampu hias, patung, miniature alat transportasi, aneka tas, dan hiasan menarik lainnya untuk dipajang di rumah. Salah satu patung legendaries Desa Kasongan adalah Loro Blonyo, yakni patung sepasang pengantin yang diyakini dapat memberi keberuntungan bila ditaruh di dalam rumah. Bila Anda tertarik untuk mengikuti proses pembuatan kerajinan gerabah, Anda dapat mengikuti kursus singkat yang ditawarkan beberapa rumah galeri.

Desa Manding
Desa Manding
Sumber Gambar : yogyatrip.com
Desa wisata ini memiliki deretan showroom yang menjual aneka produk kerajinan kulit, seperti jaket, tas, sepatu, sandal, dompet, aneka pigura, dan gantungan kunci. Produk-produk Manding ini kebanyakan terbuat dari kulit sapi dan diproduksi secara rumahan. Meskipun dibuat secara rumahan, produk-produk kerajinan kulit ini berkualitas baik dan tahan lama. Harga yang ditawarkan pun murah bila dibandingkan dengan produk serupa yang dijual di pusat perbelanjaan. Karena itulah, banyak wisatawan yang memburu produk kerajinan di Desa Manding.

Desa Krebet
Desa Krebet
Sumber Gambar : yogyatouristresorts.blogspot.com
Selama ini kita mengenal batik tergambar di atas kain. Namun di Desa Krebet, batik-batik cantik dihasilkan di atas kayu. Proses membatik kayu ini butuh keterampilan tersendiri dan tingkat ketelitian yang lebih tinggi. Motif batik kayu yang dihasilkan warga Dusun Krebet antara lain motif parangbarong, parangrusak, garuda, sidomukti, sidorahayu, kawung, dan lainnya. Ada banyak produk kerajinan yang dihasilkan, mulai dari wayang, topeng, patung kayu, aksesoris rumah, dan hiasan batik kayu lainnya. Harganya sendiri mulai dari yang paling murah sampai yang berharga jutaan.

Perlu diketahui, pemasaran produk batik kayu Desa Krebet tidak hanya di dalam negeri, tapi juga mancanegara. Satu lagi, Desa Krebet menawarkan fasilitas homestay bagi Anda yang ingin lebih jauh mengenal kerajinan batik kayu, merasakan suasana alam pedesaan, dan belajar bertani.

Desa Panjangrejo
Desa Panjangrejo
Sumber Gambar : dadimandiri.blogspot.com
Selain Kasongan, kerajinan gerabah juga dilakukan oleh warga Desa Panjangrejo. Di desa ini, Anda akan menemukan banyak galeri yang memajang hasil kerajinan gerabah seperti vas bunga, pot bunga, tempat lilin, dan masih banyak lagi. Harga produknya pun relatif murah. Jadi tak akan menghabiskan banyak kocek Anda.

Desa Puton
Desa Puton
Sumber Gambar : www.tempatwisatafavorit.com
Desa Puton memiliki banyak potensi wisata. Dari sisi alam, terdapat peternakan dan perikanan. Dari sisi budaya, terdapat karawitan, wayang kulit, Sholawatan, Gejog Lesung, pertunjukan band, dan tari tradisional. Warga Desa Puton sendiri juga menggeluti kerajinan pahat batu, seni lukisan, kerajinan kayu, kerajinan gedebog pisang, batik, dan sudi takir. Bagi Anda yang ingin mengenal lebih jauh Desa Puton dan seisinya, Anda dapat mengambil fasilitas homestay. Mengenai fasilitas, Desa Puton memiliki banyak sekali fasilitas, mulai dari musholla, arena pemancingan, arena bermain & kemah, pondok makan, sarana kesenian, galeri, panggung seni, atraksi budaya, hingga sepeda wisata. Selama berada di Desa Puton, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khasnya, seperti peyek, kacang sangan, dan sego wiwit.

Desa Karang Tengah
Desa Karang Tengah
Sumber Gambar : cari-toko.com
Desa Karang Tengah menawarkan suasana pedesaan yang alami dan tenang, serta penginapan bernuansa tradisional yang terbuat dari kayu. Di samping itu, Desa Karang Tengah juga memiliki tempat pembudidayaan sutra liar dan indighovera yang menjadi bahan pokok pewarnaan batik. Di desa ini, Anda dapat belajar membatik. Jika tidak, Anda dapat membeli hasil kerajinan batik Desa Karang Tengah yang dibuat dengan pewarna alami.

Desa Gilangharjo
Desa Gilangharjo
Sumber Gambar : yogyakarta.panduanwisata.id
Desa Gilangharjo menawarkan suasana indah khas pedesaan. Di desa ini, Anda dapat mempelajari cara mengolah lahan pertanian, mengunjungi berbagai situs sejarah yang menjadi cikal bakal terbentuknya Kerajaan Mataram, dan berlatih seni tradisional. Satu lagi yang tak boleh tertinggal adalah mengikuti proses pembuatan kerajinan topeng dan kayu yang menjadi kekhasan Desa Gilangharjo.

Desa Kebonagung
Desa Kebonagung
Sumber Gambar : paketwisatayogyakarta.com
Inilah desa wisata pertanian dimana sejauh mata memandang, Anda akan melihat aktivitas warga ketika membajak sawah, menanam bibit, hingga panen. Tak hanya itu, Anda pun dapat menikmati kesegaran dan keindahan Bendung Tegal, mempelajari sistem irigasi, mencoba olahraga dayung, dan berkeliling Bendung Tegal dengan perahu naga. Pengalaman wisata Anda di Desa Kebonagung akan lebih berkesan saat menikmati acara tradisional seperti Kenduri dan Wiwit.

Anda juga dapat mempelajari hal lainnya, seperti karawitan, macapat, dan jathilan. Saat hendak pulang dari Desa Kebonagung, jangan lupa membawa oleh-oleh khasnya seperti batik tulis, batik keramik, batik topeng kayu, dan tatah sungging.

9 Desa Wisata di Bantul Anti Mainstrem Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nanda f gustian

0 komentar:

Tentang GudangAlamat.Com

Selamat datang di gudangalamat.com situs penyedia pencarian alamat dan objek wisata di Indonesia dan dunia. Untuk mencari data alamat perusahaan maupun alamat lain yang ingin Anda cari, gunakanlah kolom pencarian alamat pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

Gudangalamat.com menyediakan direktori alamat perusahaan/kantor, database email dan nomor telpon penting di Indonesia, cari alamat perusahaan, cari nomer telepon, cari peta alamat dan lain sebagainya yang terangkum dalam database direktori alamat yang ada di gudangalamat.com