Sabtu, 05 September 2015

9 Pantai Di Bantul Yang Wajib Dikunjungi

9 Pantai Di Bantul Yang Wajib Dikunjungi Wisata Jogja seolah tak pernah ada habisnya. Selalu saja ada tempat di Jogja yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu tempat di Jogja yang memiliki banyak tempat wisata adalah Bantul. Mulai dari pantai, goa, hingga desa wisata, semua ada di Bantul. Mengenai pantai, jumlah pantai di Bantul memang tidak sebanyak pantai di Gunungkidul. Namun lokasi Bantul yang lebih dekat dengan kota Jogja menjadikan pantai-pantai di Bantul ini banyak diburu wisatawan. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak ulasan 9 pantai yang ada di Bantul.

1. Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis
Sumber Gambar : wisataindonesia.com
Inilah pantai paling terkenal seantero Jogja. Pantai Parangtritis mudah dijangkau dengan menggunakan transportasi umum. Ingin menyaksikan Pantai Parangtritis secara keseluruhan? Naiklah ke Tebing Gembirawati yang berada di belakang pantai. Tak hanya itu, di sekitar tebing itu terdapat juga reruntuhan Candi Gembirawati. Puas memandang dari ketinggian, turunlah dan nikmatilah aktivitas menyusuri garis pantai dengan bendi ataupun melesat di atas gundukan pasir pantai dengan menggunakan ATV.

2. Pantai Parangkusumo
Pantai Parangkusumo
Sumber Gambar : jalanjogja.com
Pantai Parangkusumo diyakini sebagai pintu gerbang menuju istana laut selatan. Deretan penjual bunga dan wangi kemenyan bakar adalah nuansa yang sangat jarang ditemui di pantai lainnya. Nuansa sakral kian terasa ketika menyaksikan serangkaian sesajen di Batu Cinta yang berada dalam Puri Cepuri yakni tempat pertemuan Ratu kidul dan Senopati. Konon, bila kita memanjatkan permohonan di dekat Batu Cinta, maka permohonan kita akan terkabul. Tak hanya itu, berziarah ke Batu Cinta juga diyakini dapat melepaskan beban berat dan menumbuhkan semangat hidup kembali. Selain ke Batu Cinta, anda juga dapat mengelilingi Pantai Parangkusumo dengan menaiki kereta kuda.

3. Pantai Depok
Pantai Depok
Sumber Gambar : insanfm.blogspot.com
Di antara pantai-pantai di Bantul, Pantai Depok menjadi pantai yang paling dirancang sebagai pusat wisata kuliner seafood. Di pantai ini, anda akan menjumpai banyak warung makan tradisional yang menyuguhkan hidangan seafood. Hidangan paling populer dan murah di Pantai Depok adalah ikan cakalang. Sementara jenis lainnya adalah ikan kakap merah, ikan kakap putih, ikan bawal, kepiting, cumi-cumi, dan udang.

4. Pantai Samas
Pantai Samas
Sumber Gambar : transmojo.blogspot.com
Pantai Samas yang berada di sisi barat Pantai Parangtritis dapat dijangkau dengan mudah. Perjalanan menuju Pantai Samas pun terasa menyenangkan karena melewati banyak pohon kelapa dan bentangan sawah hijau. Pantai Samas terkenal dengan keindahan pantainya, angin yang kencang, ombak yang besar, delta sungai, dan danau air tawar yang membentuk telaga dan dimanfaatkan sebagai tempat pengembangan ikan. Namun karena bibir pantai agak curam, pengunjung dilarang untuk berenang di pantai ini. Untuk menikmati keindahan Pantai Samas secara keseluruhan, naiklah ke Mercusuar Patehan.

5. Pantai Pandansari
Pantai Pandansari
Sumber Gambar : www.njogja.co.id
Pantai Pandansari juga dikenal dengan nama Pantai Patehan. Sama halnya dengan Pantai Sambas, Pantai Pandansari juga memiliki ombak yang cukup tinggi sehingga pengunjung tidak diperbolehkan untuk berenang. Keindahan Pantai Pandansari juga dapat Anda nikmati dari ketinggian dengan menaiki mercusuar yang ada di pantai ini. Tak hanya menikmati keindahan pantai, Anda juga dapat mengunjungi perkebunan buah naga dan hutan cemara udang yang dimanfaatkan sebagai pencegah abrasi.

6. Pantai Goa Cemara
Pantai Goa Cemara
Sumber Gambar : webtempatwisata.com
Ada banyak pohon cemara udang, dimana ranting-ranting pohonnya melengkung dan membentuk goa. Itulah mengapa pantai ini dinamakan Pantai Goa Cemara. Pantai ini masih berada di kawasan yang sama dengan Pantai Patehan. Fungsi pohon-pohon cemaranya pun sama yakni untuk mencegah abrasi dan tiupan angin besar. Karena Pantai Goa Cemara masih tergolong baru dibuka oleh pemerintah, belum banyak pengunjung yang mengetahui keberadaan pantai ini.

7. Pantai Baru
Pantai Baru
Sumber Gambar : arifatih.wordpress.com
Masih di kawasan yang sama dengan Pantai Pandansari dan Pantai Goa Cemara, Pantai Baru juga didominasi oleh pemandangan pohon cemara udang. Pantai Baru menawarkan udara dan angin yang cukup besar, dan suasana yang tenang. Karena belum banyak orang yang mengetahui keberadaan Pantai Baru, suasana pantai ini tidak terlalu ramai, bersih, dan tentunya nyaman, sangat cocok untuk Anda yang ingin merasakan ketenangan.

8. Pantai Kuwaru
Pantai Kuwaru
Sumber Gambar : wordpress.com
Pantai Kuwaru juga masih menawarkan pemandangan yang sama dengan pantai-pantai sebelumnya yakni pemandangan pohon-pohon cemara udang. Di pantai ini Anda dapat merasakan hembusan angin yang kencang dan bermain pasir pantai. Di Pantai Kuwaru, Anda dapat berenang di kolam renang, bermain ATV motor, kereta mini, motor trail, dan mandi bola. Bahkan di hari-hari tertentu seperti hari libur tersedia wahana rumah balon, komidi putar, dan biang lala.

9. Pantai Pandansimo
Pantai Pandansimo
Sumber Gambar : wordpress.com
Pantai Pandansimo merupakan pantai paling ujung di kawasan Bantul. Keberadaan kincir angin yang menjadi sumber energi listrik merupakan salah satu daya tarik Pantai Pandansimo. Pantai ini juga menyuguhkan pemandangan pohon cemara udang seperti pantai-pantai sebelumnya. Puas menikmati keindahan pantai, Anda dapat berbelanja ikan segar langsung dari para nelayan.

9 Pantai Di Bantul Yang Wajib Dikunjungi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Julli Dellia

0 komentar:

Tentang GudangAlamat.Com

Selamat datang di gudangalamat.com situs penyedia pencarian alamat dan objek wisata di Indonesia dan dunia. Untuk mencari data alamat perusahaan maupun alamat lain yang ingin Anda cari, gunakanlah kolom pencarian alamat pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

Gudangalamat.com menyediakan direktori alamat perusahaan/kantor, database email dan nomor telpon penting di Indonesia, cari alamat perusahaan, cari nomer telepon, cari peta alamat dan lain sebagainya yang terangkum dalam database direktori alamat yang ada di gudangalamat.com