Kamis, 03 September 2015

Gunung Pancar, Wisata Alam Di Tengah Hutan Pinus Jawa Barat

Gunung Pancar, Wisata Alam Di Tengah Hutan Pinus Jawa Barat Di Jawa Barat sangat terkenal dengan tujuan wisata alamya. Beberapa di antaranya yang populer antara lain Puncak Bogor, Ciwidey, Lembang, Ciater, dan Cipanas. Selain tempat-tempat ini, masih ada satu tempat wisata alam lagi yang tak kalah menarik yaitu Gunung Pancar yang terkenal dengan hutan pinusnya. Jika Anda merasa lelah dengan rutinitas dan hingar-bingar perkotaan, mampirlah ke Gunung Pancar untuk rehat sejenak dengan menikmati kesegaran udaranya dan berendam di kolam pemandian air panasnya.

Legenda
Area Status Gunung Pancar
Sumber Gambar : gunungpancar-adventure.com
Masyarakat lokal mempercayai Gunung Pancar sebagai pondasi utama bumi. Konon, saat bumi diciptakan, belum ada gunung, bumi pun masih rata dengan tanah. Karena itulah, bumi sering mengalami gempa. Keadaan bumi yang tak stabil memunculkan gunung pertama di bumi sebagai pondasi agar bumi lebih tenang. Itulah sebabnya gunung ini dikenal dengan “Pancar” yang berarti “muncul yang pertama”. Masyarakat setempat meyakini bahwa jika Gunung Pancar hancur maka alam semesta akan hancur. Selain itu, Gunung Pancar juga diyakini sebagai pusat kerajaan makhluk gaib. Percaya atau tidak, itu semua bergantung kepada keyakinan kita masing-masing. Terima saja bahwa itulah legenda Gunung Pancar yang dipercayai masyarakat.
Gunung Pancar
Gunung Pancar
Sumber Gambar : www.tophdgallery.com
Kawasan Gunung Pancar berada di ketinggian 800 meter dpl dengan suhu udara berkisar 24°C saat malam hari dan 33°C saat siang hari. Bentang vegetasi gunung ini terdiri dari hutan tanaman, hutan alam dataran rendah, dan semak belukar. Ada berbagai jenis tanaman yang dapat ditemukan di Gunung Pancar antara lain pinus, puspa, rotan, rasamala, saninten, jamuju, dan masih banyak lagi. Di kawasan ini juga banyak ditemukan sejumlah satwa yang hidup dengan bebasnya. Bila beruntung, Anda dapat bertemu dengan owa, kera, babi hutan, jelarang, ayam hutan merah, elang, kutilang, dan jalak.

Aktivitas di Gunung Pancar
Gunung Pancar menghadirkan pemandangan khas hutan lindung yang dikelilingi oleh banyak pohon pinus nan menawan dan aneka pohon lainnya. Sayup-sayup Anda juga akan mendengar suara para satwa yang berkeliaran dengan bebas. Di kawasan wisata alam ini, Anda dapat melakukan berbagai aktivitas, seperti hiking, jogging, camping, berkuda, bersepeda, bermain tenis, dan berwisata budaya. Bila ingin berada lebih lama di hutan pinus ini, Anda dapat mendirikan tenda. 

Salah satu daya tarik Gunung Pancar adalah pemandian air panasnya yang berada di tengah-tengah hutan pinus. Air panas ini berasal dari mata air alami yang mengalir melalui pancuran menuju kolam rendaman. Kebanyakan wisatawan pasti menyempatkan diri untuk berendam, menikmati air panasnya untuk mendapatkan kesegaran dan menghilangkan rasa pegal. Untuk masuk ke lokasi Air Panas Gunung Pancar, Anda cukup membayar Rp 10.000 per orang. Di sini terdapat dua kolam air panas, yaitu kolam rendam terbuka dan tertutup. Air panas Gunung Pancar ini mengandung mineral yang baik untuk terapi otot.

Namun jika berminat, Anda dapat membeli bubuk belerang di depan kolam rendam tertutup untuk dimasukkan ke dalam bak. Kolam rendam terbuka tidak dipungut bayaran, sementara kolam rendam tertutup memungut bayaran Rp 15.000 per 30 menit. Pertama kali mencelupkan kaki, airnya akan terasa sangat panas. Semakin dekat Anda ke pancuran, maka akan semakin panas airnya. Bila tak kuat menahan rasa panasnya, sebaiknya Anda menjauhi pancuran. Sepuasnya berendam, Anda dapat beristirahat di pondok terbuka dengan membayar Rp 10.000 per jam. Selain pondok terbuka, masih ada fasilitas lainnya seperti warung makan, kios buah, dan toko souvenir.

Tak hanya berbatas pada wisata alam dan pemandian air panas saja, Gunung Pancar juga menawarkan wisata budaya yang menarik. Ada banyak makam keramat berusia tua di kawasan ini. Beberapa tokoh yang dimakamkan di kawasan ini antara lain Raden Surya Kencana, Raden Lawulung, Kalijaga, Ki Mas Bungsu, dan sejumlah tokoh lokal. Biasanya pada hari-hari tertentu, kawasan wisata ini juga menyuguhkan pertunjukan seni budaya.

Rute Perjalanan
Untuk sampai ke kawasan wisata alam Gunung Pancar, Anda dapat menempuh perjalanan dari manapun. Jika Anda berangkat dari Jakarta, Anda dapat mengikuti rute Cawang-tol menuju Bogor-tol Sentul City-Jalan Sentul Raya-Babakan Madang-Jalan Sumur Batu-Jalan Uli-Jalan Air Panas. Meskipun rutenya cukup sulit dan membelit, perjalanan Anda akan terbayarkan setibanya di gerbang Taman Wisata Alam Gunung Pancur dan disambut oleh pepohonan pinus yang menawan.

Gunung Pancar, Wisata Alam Di Tengah Hutan Pinus Jawa Barat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Julli Dellia

0 komentar:

Tentang GudangAlamat.Com

Selamat datang di gudangalamat.com situs penyedia pencarian alamat dan objek wisata di Indonesia dan dunia. Untuk mencari data alamat perusahaan maupun alamat lain yang ingin Anda cari, gunakanlah kolom pencarian alamat pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

Gudangalamat.com menyediakan direktori alamat perusahaan/kantor, database email dan nomor telpon penting di Indonesia, cari alamat perusahaan, cari nomer telepon, cari peta alamat dan lain sebagainya yang terangkum dalam database direktori alamat yang ada di gudangalamat.com