Selasa, 01 September 2015

Indahnya Desa Wisata Kalibiru Di Perbukitan Menoreh Kulon Progo

Indahnya Desa Wisata Kalibiru Di Perbukitan Menoreh Kulon Progo. Desa Wisata Kalibiru yang berada di Kulon Progo, Yogyakarta sedang naik daun. Ada banyak pelancong yang mengunggah foto-foto mereka di papan kayu pohon pinus Kalibiru, memperlihatkan pemandangan yang menawan dan tentunya membuat iri. Desa Kalibiru memang menjadi jawaban bagi para pelancong yang membutuhkan sesuatu yang baru di Yogyakarta. Selain berfoto di atas papan kayu pohon pinus, kegiatan trekking Kalibiru juga tengah populer. Desa Kalibiru sendiri berada di Perbukitan Menoreh, di ketinggian 450 mdpl. Atau lebih tepatnya di Desa Hagrowilis, Kecamatan Kokap. Untuk sampai ke Kalibiru, Anda membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam dari Yogyakarta.

Sejarah
Sebelum asri dan mempesona seperti sekarang, dulunya Kalibiru sempat tandus akibat aksi pembalakan hutan. Butuh waktu lama untuk mengembalikan pesona Kalibiru yang dulu menjadi tempat Pangeran Dipenogoro melawan Belanda. Kini, berkat usaha penduduk setempat dalam menghutankan desa, menghijaukan desa, Kalibiru telah kembali menawan. Tak hanya menjadi sumber kesegaran, penghijauan ini juga telah menggerakkan perekonomian masyarakat dan menjadi sumber penghidupan.

Desa Wisata Kalibiru sendiri pertama kali dibuka secara swadaya pada tahun 2008. Mereka membangun jalan setapak, pendopo, cottage, kios oleh-oleh, dan arena flying fox sebagai bukti keseriusan mereka untuk membuat desa wisata.

Aktivitas Seru
Ada banyak aktivitas yang ditawarkan di desa ini, namun yang paling favorit adalah trekking. Bagi Anda yang berjiwa petualang, trekking ditemani rimbunnya pepohonan Kalibiru bisa menjadi pilihan yang tepat. Apalagi saat hari menjelang sore, dimana pemandangan senja menjadi target utama setibanya di titik terakhir. Ada beberapa pilihan jalur tempuh saat melakukan trekking. Mulai dari jalur 1,5 kilometer, 3 kilometer, 5 kilometer, hingga 7 kilometer. Bila Anda memilih jalur trekking terpanjang, Anda dapat melihat pemandangan Waduk Sermo dari dekat.

Sepanjang melakukan trekking melalui jalur setapak, Anda akan ditemani oleh rindangnya pepohonan. Dan bersiaplah dengan kejutan yang tiba-tiba muncul di tengah perjalanan. Sewakyu-waktu Anda akan bertemu dengan sejumlah hewan langka, seperti elang Jawa, landak, celeng, termasuk Harimau Kumbang. Setela melewati pepohonan rindang, Anda akan menemukan pohon pinus yang menjadi ikon wisata Kalibiru. Nah, pohon pinus inilah yang sering Anda lihat di sejumlah foto para pelancong. Pada bagian puncak pohon terdapat tempat duduk yang terbuat dari papan kayu. Naiklah ke atas dengan menggunakan tangga gantung yang disediakan. Di atas puncak pohon pinus ini, Anda dapat mengagumi eloknya Perbukitan Menoreh dengan leluasa. Saat cuaca sedang cerah, Anda tak hanya dapat melihat Waduk Sermo, tapi juga ombak pantai selatan dan gunung merapi. Letaknya yang berada di perbukitan nan tinggi membuat udara Kalibiru terasa sejuk dan bersih bebas polusi.

Indahnya Desa Wisata Kalibiru Di Perbukitan Menoreh Kulon Progo
Sumber Gambar : bundagawul.wordpress.com
Keindahan di depan mata akan semakin bertambah saat lembayung senja muncul dan suasana yang terang-semarak berubah menjadi melankolis. Saat itulah, Anda dapat merenung dan bersyukur atas mahakarya Sang Pencipta. Selain trekking dan duduk santai di atas pohon pinus, Anda juga dapat mencoba bermain flying fox. Sama seperti trekking, Anda juga dapat memilih untuk menggantung tali yang mana. Ada jalur sepanjang 50 meter dan ada yang sepanjang 85 meter. Tarifnya pun cukup terjangkau. Hanya Rp 10.000 untuk pengunjung dewasa dan Rp 5000 untuk pengunjung anak-anak.

Masyarakat Kalibiru
Selain menawarkan bentang alam yang indah, kondisi sosial budaya Kalibiru juga menarik untuk diperhatikan. Masyarakat sekitar dikenal sangat ramah, santun, dan senang bergotong-royong. Masyarakat Kalibiru juga tetap mempertahankan keragaman seni budaya tradisional yang mereka miliki, sehingga turut menghadirkan eksotisme nan khas bagi wisatawan. Seperti dikatakan sebelumnya, masyarakat secara bahu-membahu membangun kembali desa mereka yang sempat tandus.

Komitmen untuk menjaga lingkungan itu mereka lakukan bersama. Dan itu dapat dilihat dari semua infrastruktur bangunan Kalibiru yang menggunakan bahan-bahan alami seperti bambu dan kayu serta didesain dengan arsitektur Jawa Kuno.

Fasilitas
Sebagaimana desa wisata pada umumnya, Desa Wisata Kalibiru juga menghadirkan sejumlah fasilitas yang menunjang acara wisata Anda. Di desa ini sangat mudah menemukan pondok wisata, joglo, gardu pandang, area outbond, bahkan perpustakaan. Bagi Anda yang ingin lebih puas berwisata di Kalibiru, Anda dapat mengambil paket wisata, seperti wisata alam, pedesaan, keluarga, dan budaya.

Itulah sekilas pembahasan tentang desa wisata Kalibiru yang harus Anda kunjungi saat berlibur.

Indahnya Desa Wisata Kalibiru Di Perbukitan Menoreh Kulon Progo Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nanda f gustian

0 komentar:

Tentang GudangAlamat.Com

Selamat datang di gudangalamat.com situs penyedia pencarian alamat dan objek wisata di Indonesia dan dunia. Untuk mencari data alamat perusahaan maupun alamat lain yang ingin Anda cari, gunakanlah kolom pencarian alamat pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

Gudangalamat.com menyediakan direktori alamat perusahaan/kantor, database email dan nomor telpon penting di Indonesia, cari alamat perusahaan, cari nomer telepon, cari peta alamat dan lain sebagainya yang terangkum dalam database direktori alamat yang ada di gudangalamat.com