Kamis, 03 September 2015

Museum Antonio Blanco, Tempat Terbaik Menyaksikan Keindahan Lukisan Wanita Bali

Museum Antonio Blanco, Tempat Terbaik Menyaksikan Keindahan Lukisan Wanita Bali  Bali tak hanya terkenal karena keindahan alamnya saja, tapi juga cita rasa seninya yang tinggi. Terbukti dari banyaknya galeri seni dan museum seni yang tersebar di berbagai penjuru Bali. Salah satu museum seni yang recommended di Bali adalah Museum Antonio Blanco. Antonio Blanco adalah pelukis keturunan Spanyol-Amerika yang lahir di Filipina dan bekerja di Amerika Serikat. Suatu waktu, ia tertarik untuk mengeksplor pulau-pulau di Samudera Pasifik.

Antonio Blanco dan Keluarga
Sumber Gambar : terraceatkuta.com
Nasib pun membawanya ke Hawaii, Jepang, Kamboja, dan akhirnya Bali. Di Bali, tepatnya di Ubud, Antonio merasa mendapatkan elemen yang sangat dibutuhkannya untuk melukis, mulai dari keindahan alam, keteduhan budaya, dan keramahan masyarakatnya. Sejak saat itu, Antonio mengisi harinya dengan melukis, menulis puisi, dan mewartakan keindahan Ubud kepada dunia seperti yang diminta oleh Raja Puri Saren Ubud. 

Museum Antonio Blanco berdiri di atas lahan yang diberikan oleh Raja Puri Saren Ubud kepada dirinya atas karya-karya lukisnya. Sayang sekali, sebelum museum ini diresmikan, Antonio Blanco telah menghembuskan nafas terakhirnya akibat penyakit ginjal dan jantung yang dideritanya. Pengelolaan museum pun dilanjutkan oleh putra beliau, Mario Blanco yang juga berprofesi sebagai pelukis.

Museum Antonio Blanco
Museum Antonio Blanco
Sumber Gambar : holidaycheck.com
Memasuki halaman museum, Anda akan disambut oleh suasana yang rindang, tata letak yang rapi, burung kakak tua, dan burung golden macaw. Kicauan burung-burung ini membuat suasana yang lebih semarak namun tetap terasa sejuk. Sebelum sampai ke museum, Anda harus menaiki anak-anak tangga dimana kedua sisinya menampilkan relief ular. Sesampainya di dalam ruangan museum, lantunan musik opera klasik akan menyambut Anda dan membuat suasana menjadi lebih melankolis. Hal ini sengaja dilakukan oleh pengelola museum agar para pengunjung dapat merasakan nyawa dari setiap lukisan.

Lukisan Tubuh Wanita
Lukisan Tubuh Wanita
Sumber Gambar : itravel.de
Antonio Blanco sangat konsisten dalam menciptakan berbagai lukisan tubuh wanita bertelanjang dada dengan caranya yang romantic. Mengapa? Karena baginya wanita memiliki nilai keindahan jasmani dan rohani yang dikagumi kaum adam. Meskipun begitu, sang maestro tak pernah menekankan tema ini dari sisi pornografi, melainkan lebih kepada nilai seni dan keindahannya. Adalah Ni Ronji, penari tradisional Bali yang juga istri dari sang maestro dan kerap menjadi objek lukisannya.

Antonio melihat daya tarik pada diri wanita yang gemar berjalan jauh sambil memanggul sesuatu di atas kepalanya, yang ternyata mempengaruhi bentuk payudara sang wanita. Aktivitas ini dianggapnya sebagai bentuk olahraga yang menciptakan payudara nan indah. Keindahan itulah yang kemudian menggugah Antonio untuk menulis artikel berjudul “Bali a Breast”.

Ada banyak kalangan yang menaruh perhatian kepada setiap lukisan Antonio Blanco yang menyanjung keindahan wanita. Beberapa tokoh penting yang mengaguminya antara lain Presiden Soekarno, Mick Jagger, dan Michael Jackson. Tak ketinggalan, Raja Spanyol menunjukkan rasa kagumnya dengan memberikan gelar “Don” kepada Antonio, sehingga namanya menjadi Don Antonio Blanco.

Koleksi
Koleksi
Sumber Gambar : tutinonka.wordpress.com
Museum Antonio Blanco memiliki sekitar 300 lukisan yang mayoritas menampilkan keindahan tubuh wanita Bali. Dalam cahaya lampu temaram dan musik opera klasik sebagai latar, Anda akan menikmati barisan lukisan berfigura unik. Suasana seni sangat kental terasa di setiap sudut museum yang bergaya Victorian-Bali ini. Beranjak dari galerinya, Anda dapat mengunjungi studio tempat sang maestro bekerja. Di ruangan ini, ada banyak lukisan yang belum diberikan figura. Bahkan dinding-dindingnya pun penuh oleh lukisan, coretan puisi, serta ucapan penyemangat dari para sahabatnya. 

Tak hanya menyaksikan barisan lukisan sang maestro, Anda juga dapat menyaksikan berbagai koleksi milik Antonio, seperti mesin tik, radio, setrika, telepon, dan sebuah ruangan berisikan lukisan Mario Blanco. Di akhir penelusuran museum, Anda akan melihat deretan foto Antonio Blanco bersama keluarganya. Selama penelusuran museum, Anda akan ditemani pemandu yang siap menerangkan arti setiap lukisan Antonio Blanco. Termasuk juga menceritakan keseharian sang maestro yang diketahuinya dari Ni Ronji, istri sang maestro.

Fasilitas
Selain galeri sang maestro, pengunjung dapat menikmati sejumlah fasilitas, seperti teater mini, toko souvenir, taman burung, restoran, toilet, dan areal parkir. Untuk masuk ke dalam Museum Antonio Blanco, Anda harus membayar tiket masuk seharga Rp 30.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 50.000 untuk wisatawan mancanegara. Tiket masuk kemudian ditukarkan dengan welcome drink. Bagi Anda para pecinta seni, khususnya seni lukis, Museum Antonio Blanco tentu menjadi pilihan yang sangat tepat untuk Anda kunjungi. Museum Antonio Blanco dapat Anda temukan di Jalan Campuhan, Ubud, Bali.

Museum Antonio Blanco, Tempat Terbaik Menyaksikan Keindahan Lukisan Wanita Bali Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Julli Dellia

0 komentar:

Tentang GudangAlamat.Com

Selamat datang di gudangalamat.com situs penyedia pencarian alamat dan objek wisata di Indonesia dan dunia. Untuk mencari data alamat perusahaan maupun alamat lain yang ingin Anda cari, gunakanlah kolom pencarian alamat pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

Gudangalamat.com menyediakan direktori alamat perusahaan/kantor, database email dan nomor telpon penting di Indonesia, cari alamat perusahaan, cari nomer telepon, cari peta alamat dan lain sebagainya yang terangkum dalam database direktori alamat yang ada di gudangalamat.com