Kamis, 14 Januari 2016

Mengenali Ciri Busi Mobil yang Sudah Tidak Bekerja Maksimal

Mengenali Ciri Busi Mobil yang Sudah Tidak Bekerja Maksimal. Semua mobil di dunia pasti menggunakan busi untuk menjalankan mesin. Peran dan fungsi dari busi di setiap mobil sangat vital, karena jika tidak ada busi maka mesin tidak akan bisa berjalan. Hampir semua pemilik kendaraan roda empat ini sudah pernah melihat bentuk dari busi, tetapi ada satu hal yang mungkin tidak dimengerti para pecinta mobil yakni ciri-ciri busi mobil yang sudah menurun kualitasnya.


Busi berfungsi untuk menghasilkan percikan api listrik sebagai alat membakar bahan bakar dan udara di dalam silinder. Tidak dapat dipungkiri bahwa umur dari busi tidak selamanya bisa berfungsi baik. Dalam jangka waktu terntentu busi akan mengalami penurunan fungsi. Maka dari itu penting bagi Anda untuk tahu cir busi yang sudah tidak layak pakai.

Mengenali Ciri Busi Mobil yang Sudah Tidak Bekerja Maksimal
Mengenali Ciri Busi Mobil yang Sudah Tidak Bekerja Maksimal

Berikut ini beberapa ciri busi yang sudah tidak layak pakai:


1. Biasanya busi yang masih bekerja dengan maksimal akan menunjukkan waran abu-abu terang atau kemerahan pada ujung insulator dan electrode. Namun apabila keadaan busi sudah tertutup banyak kotoran dan berwarna hitam pekat maka dipastikan kondisi busi sudah tidak layak pakai, segera buang dan ganti dengan yang baru.

2. Selain memperhatikan kondisi busi, Anda bisa memperhatikan suara dari mesin. Jika kondisi mesin sering ngadat atau tidak berakselerasi cepat maka bisa jadi kondisi busi sudah tidak baik. Suara knalpot yang sering meledak-ledak juga menjadi satu indikator busi harus segera diganti.

3. Perhatikan konsumsi bahan bakar Anda, jika jauh lebih boros dari biasanya maka hal itu bisa menjadi awal kinerja buruk dari busi. Busi yang tidak layak pakai jika dipaksakan akan menghasilkan pembakaran tidak sempurna dan memaksa mesin untuk menggunakan bahan bakar dalam jumlah banyak.

Selain mengamati kondisi busi, alangkah baiknya jika Anda mengetahui langkah-langkah untuk mengganti busi mobil. Untuk lebih jelasnya berikut langkahnya:

1. Langkah pertama adalah membersihkan bagian busi memakai semprotan angin berfrekusensi tinggi. untuk menghilangkan kerak yang menempel pada busi haru menggunakan semprotan berkekuatan tinggi karena tidak bisa dihilangkan secara manual dengan menggosoknya.

2. Langkah kedua adalah dengan melepaskan kawat busi dengan cara memutar tutup berupa karet sambil menariknya. Jangan menarik kabel secara langsung tanpa diputar dahulu karena dapat menimbulkan kerusakan fatal.

3. Perhatikan benda disekitar, janan sampai jatuh ke dalam silinder atau piston karea kerusakan pada piston akan jauh lebih parah daripada mengganti busi.

4. Setelah busi terlepas pastikan Anda sudah menyiapkan busi baru yang sesuai dengan spesifikasi mesin mobil. Pasang secara perlahan dan hati-hati jangan sampai terlalu kencur harus menempel sempurna.

Itulah tadi beberapa tips dan ciri dari busi yang sudah tidak bekerja maksimal. Artikel ini merupakan artikel yang bersumber dari situs mobil123.com. Semoga bermanfaat.

Mengenali Ciri Busi Mobil yang Sudah Tidak Bekerja Maksimal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tri Haryadi

0 komentar:

Tentang GudangAlamat.Com

Selamat datang di gudangalamat.com situs penyedia pencarian alamat dan objek wisata di Indonesia dan dunia. Untuk mencari data alamat perusahaan maupun alamat lain yang ingin Anda cari, gunakanlah kolom pencarian alamat pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

Gudangalamat.com menyediakan direktori alamat perusahaan/kantor, database email dan nomor telpon penting di Indonesia, cari alamat perusahaan, cari nomer telepon, cari peta alamat dan lain sebagainya yang terangkum dalam database direktori alamat yang ada di gudangalamat.com