Rabu, 27 September 2017

Tempat Wisata Favorit Di Pulau Lombok

Lombok telah menjadi destinasi wisata yang terkenal setelah Bali. Setelah beberapa lama Bandara Internasional Lombok ( BIL ) di operasikan, Para wisataan mancanegara dapat dengan mudah dan leluasa mendatangi pulau Lombok. Pulau Lombok yang di juluki dengan pulau seribu masjid ini begitu banyak mempunyai tempat-tempat wisata yang menarik. Terdapat Begitu banyak pantai yang indah yang berjajar di setiap sisi pulau . Baik itu diwilayah barat,timur,selatan dan utara. Di pulau ini juga terdapat begitu banyak Gili atau pulau kecil yang begitu Indah. Selain Menawarkan keindahan pantai, Lombok juga menawarkan tempat wisata reliji dan budaya yang kerap ramai di kunjungi oleh para wisatawan.

Begitu banyak tempat yang indah kerap kali membat para wisatawan bingung untuk memilih harus berkunjung ke mana, namun kali ini akan di jabarkan secara garis besar tempat wisata yang menjadi favorit di pulau Lombok.


Tempat Wisata Favorit Di Pulau Lombok


Pantai Senggigi

Pantai senggigi adalah pantai yang sudah lama terekenal. Bahkan pantai ini pada dulunya menjadi tempat pertama yang wajib di kunjungi oleh para wisatawan yang berkunjung ke Lombok. Lokasi pantai ini sangat dekat dengan pusat kota mataram, kurang lebih 8 km. Di pantai ini wisatawan dapat melakukan swimming dan surfing. Selain itu di areal pantai terdapat petugas yang menyewakan kano dan ban untuk berenang.

Para wisatawan juga dapat memesan sate bulayak. Kuliner khas Lombok yang begitu nikmat. Di tepi pantai banyak sekali penjual sate bulayak ini. Komposisi utama sate bulayak adalah daging ayam. Sangat tepat di makan ketika selesai berenang di tepi pantai Senggigi sembari menikmati panorama laut yang indah, apalagi ketika senja.

Pantai senggigi mempunyai fasilitas yang lengkap, banyak hotel yang di bangun di tempat ini, mulai dengan tarif yang murah,bergaya tradisional sampai dengan hotel yang bertaraf internasional. Para wisatawan juga dapat membeli souvenir khas Lombok dan Memsan tiket pesawatpun dapat di lakukan disini.

Selain itu di dekat pantai senggigi terdapat pantai batu bolong dengan pura bat bolong yang bagus untuk di kunjungi. Dii sebelahnya juga terdapat pantai batu layar dengan makam bat layar yang ramai di kunjungi para peziarah pada hari-hari tertentu.

Pantai Kuta

Pantai ini terdapat di wilayah selatan Lombok tengah. Dapat di tempuh dengan jarak waktu setengah jam dengan kendaraan bermotor dari Bandara Internasional Lombok.

Pantai ini berpasir putih dan begitu indah. Namun banyak yang mengatakan Pasir pantai Kuta lebih mirip seperti merica. Selain indah pantai ini juga begitu sangat sakral dan fenomenal, karena di dalam mtologi Sasak , di tempat ini Putri Mandalika melakukan bunuh diri untuk menghindari perselisihan para pangeran yang hendak melamarnya. Setiap tahunnya di pantai ini dijadikan tempat berlangusngnya ritual bau Nyale (cacing Laut ). Nyale kerap kali di anggap oleh masyarakat setempat sebagai manifestasi Putri mandalika setelah terjun dari bebukitan yang ada di pantai Kuta untuk bunuh diri. Oleh karena itu masyarakat mengadakan ritual bau nyale salah satunya untuk mengingat pengorbanan Putri Mandalika.

Di Pantai Kuta terdapat banyak penginapan,Para wisatawan tidak pernah akan kecewa berkunjung ke tempat ini. Bukit-bukit kecil di sekitar pantai menambah keindahaan tempat ini. Hamparan laut selatan dengan gemurh ombaknya sangat bagus untuk melakkan surfing. Tepi pantai yang luas dan bersih sangat baik untuk bersantai sembari memakan bah nanas yang kerap kali di jajakn oleh pedagang asongan di tempat ini.

Rumah Adat Sasak Sade

Rumah adat Sasak di Sade desa Rembitan terletak di Lombok Tengah, 20 km dari bandara Internasional Lombok. Di sini wisatawan dapat melihat rumah tradisional sasak secara langsung. Terdapat banyak rumah adat dengan atap jerami dan pagar bamboo yang masih terpelihara. Warga setempat secra adat tidak boleh mengganti rumahnya dengan gaya modern karena semua sudah menjadi ketentuan adat yang tidak boleh di langgar. Rumah adat ini kerap ramai di kunjungi oleh wisatawan sebagai tambhan pengetahuan tentang sejarah dan bagaimana masyarakat suku sasak itu hidup pada masa lampau.

Masyarakat yang menetap di rumah adat sade kerap kali melakukan pementasan kesenian daerah untuk para wisatawan. Di areal pemukiman rumah tradisional terdapat begitu banyak oleh-oleh dan kerajina songket tenun sasak yang bisa di beli oleh para wisatawan.

Setiba di tempat ini para wisatawan akan langsung di sambut oleh para guide dengan bayaran seikhlasnya Para guide ini akan mengajak wisatawan untuk berkeliling pemukiman. Tidak hanya itu para guide akan menjelaskan sejarah Rumah adat sade dan mempersilahkan wisatawan untuk masuk melihat secra langsung bagian dalam rumah adat Sasak di Sade.

Gunung Rinjani

Gunung rinjani, Gunung terbesar kedua di Indonesia. Gunung ini menjadi puncak keindahan di pulau Lombok. Di puncak gunung ini terdapat anak danau yang biasa di sebut dengan segara anak. Di tepian danau ini para pendaki dapat melakukan kemah dan memancing ikan. Dari pncak gunung para pendaki dapat melihat pulau Lombok secara keseluruhan.

Jumlah wistawan yang mendaki gunung ini semakin meningkat setiap tahun. Jalur pendakian yang aman dan para petugas jasa porter yang banyak akan memberikan kemudahaan bagi siapa saja yang ingin mendaki gunung ini.

Jalur pendakian yang umum biasanya melewati desa sembalun yang terletak di lembah gunung rinjani. Para wisatawan bisa menggunkan mobil atau motor ke tempat ini dan setelah itu melakukan pendakian ke gunung rinjani yang telah menjadi Geopark dunia ini.

Tiga Gili

Tiga Gili ( Three Gili ) adalah tempat yang paling terkenal dan ramai di kunjungi oleh para wisatawan yang berkunjung ke Lombok. Tiga Gili atau yang terdiri dari Gili trawangan, Gili Air,dan Gili Meno ini terdapat di Kabupaten Lombok Utara. Para wisatawan yang ingin ke Gili dapat menyebrang melalui Bangsal di wilayah pemenang. Tarif penyembrangan dari Bangsal ke Gili relative murah, dari Rp 17000 sampai Rp. 100.000 tergantung paket dan kelas yang di inginkan. Bisa menggunakan perahu atau speed boat yang cepat.

Di antara tiga Gili, Gili trawangan menjadi tempat yang utama untuk di kunjungi. Tidak ada polisi dan polusi udara di tempat ini karena kendaran bermotor roda dua dan empat tidak diperbolehkan. Kendaran utama di Gili adalah andong atau cidomo dan sepeda . Para wisatawan dapat menyewa sepeda atau menaiki andong untuk mengelilingi pulau ini.

Hal yang menyenagkan di tempat ini adalah melakukan diving karena ombak yang tenang dan terumbu karangnya yang indah. Pasir pantainya berwarna putih. Para wisatawan tidak pernah akan melupakan pengalaman indah di gili ini karena atmosphernya yang jauh dari keramaian hiruk pikuk perkotaan. Sangat tepat untuk bersantai dan melepas penat setelah melakukan rutinitas pekerjaan yang memusingkan.

Tempat Wisata Favorit Di Pulau Lombok Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Putri Viona

0 komentar:

Tentang GudangAlamat.Com

Selamat datang di gudangalamat.com situs penyedia pencarian alamat dan objek wisata di Indonesia dan dunia. Untuk mencari data alamat perusahaan maupun alamat lain yang ingin Anda cari, gunakanlah kolom pencarian alamat pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

Gudangalamat.com menyediakan direktori alamat perusahaan/kantor, database email dan nomor telpon penting di Indonesia, cari alamat perusahaan, cari nomer telepon, cari peta alamat dan lain sebagainya yang terangkum dalam database direktori alamat yang ada di gudangalamat.com