Kamis, 16 November 2017

10 Tempat Wisata Lokal Yang Mengagumkan

Berlibur adalah satu hal yang sangat dinantikan oleh banyak orang terutama bagi mereka yang selalu di sibukan oleh padatnya jadwal kerja setiap hari. Sebagian orang berencana berlibur ke luar negeri untuk mencari tempat indah. Namun jangan berkecil hati bagi yang tidak dapat berlibur ke luar negeri, di negara tercinta kita ini juga banyak sekali tempat-tempat wisata yang tidak kalah indah dengan yang ada di luar negeri.


Berenang Bersama Ubur-ubur di Danau Kakaban

Jika biasanya kita perlu menghindari ubur-ubur karena sengatannya, berbeda dengan ubur-ubur yang ada di Danau Kakaban ini. Ubur-ubur yang ada di Danau Kakaban, Kalimantan Timur sudah berevolusi sehingga tidak memiliki sengat. Jadi kamu dapat merasakan sensasi berenang di antara ubur-ubur tanpa perlu khawatir tersengat. Namun kamu perlu hati-hati, ya. Karena kamu tidak boleh memakai sepatu katak dan krim tubuh. Hal ini demi kelangsungan hidup ubur-ubur.

Tahukah kamu? Tak banyak, lho, lokasi di dunia ini yang memiliki ubur-ubur tanpa sengat. Namun di Indonesia sendiri setidaknya ada 3 tempat yang memiliki ubur-ubur tanpa sengat, yaitu di Danau Kakaban-Kalimantan Timun, Togean-Sulawesi Tengah, dan di Lenmakana-Raja Ampat.

Menikmati Keindahan Pulau Samosir dan Danau Toba

Siapa yang tak kenal dengan keindahan danau dan pulau yang satu ini. Danau dengan luas 1.145 km persegi ini memiliki pulau yang besarnya seluas Singapura. Selain itu danau terbesar di Asia Tenggara ini adalah danau terdalam di dunia karena kedalamannya mencapai 450 meter. Terbentuk dari letusan gunung berapi, danau ini memiliki warna yang berbeda sesuai dengan musimnya. Sangat cantik! Kamu pun dapat menikmati keindahan Danau Toba dari pulau di tengahnya, yakni Pulau Samosir. Memiliki letak geografis yang unik membuat Pulau Samosir banyak dikunjungi wisatawan. Di Pulau Samosir banyak wisata yang ditawarkan dari wisata budaya hingga wisata alam.

Berkunjung ke Habitat Asli Kadal Raksasa di Pulau Komodo

Dengan luas 390 km persegi pulau ini menjadi habitat asli komodo. Satu-satunya dinosaurus yang masih tersisa ini menghuni salah satu pulau di Nusa Tenggara Timur. Diperkirakan ada sekitar 2000 ekor komodo yang masih tinggal di sini. Namun selain komodo, di sini juga ada rusa dan beragam spesies ular dan biawak. Kamu pun bisa trekking di pulau ini untuk menikmati fauna yang ada dengan mendaki Gunung Ara yang memiliki ketinggian 538 mdpl. Selain itu ada juga Water Hole yang menjadi tempat minum serta istirahat saat trekking. Tempat lain yang bisa dikunjungi di Pulau Komodo ini adalah Pantai Pink dan Gili Laba.

Melihat Keunikan Rumah Teletubbies di Yogyakarta

Kamu bisa juga, nih, jalan-jalan ke Yogyakarta untuk mendapat suasana baru saat liburan. Ada Rumah Teletubbies yang bisa kamu kunjungi. Lokasinya ada di Dusun Sengir, Kelurahan Sumberharjo, Sleman, Yogyakarta. Sejak 2008 tempat ini sudah menjadi desa wisata. Ada 80 unit rumah dengan diameter 7 meter dan tinggi 4 meter. Meski terlihat kecil, namun setiap rumah terdiri dari dua lantai dan 4 ruangan. Cukup mengejutkan, bukan? Pondasi bangunannya pun 20 meter ke dalam tanah. Selain rumah, fasilitas umumnya juga sangat lengkap, loh. Ada puskesmas hingga aula dan juga mushola.

Mengenang Tragedi 2004 di Museum Tsunami, Banda Aceh

Siapa yang bisa melupakan bencana alam tsunami di Aceh pada 13 tahun lalu. Untuk mengenang tragedi tersebut, pihak terkait membangun Museum Tsunami. Lokasi museum ini ada di Jalan Iskandar Muda Aceh atau tepat berada di tengah Kota Banda Aceh. Ada beberapa lorong gelap yang menjadi pintu masuknya. Selain itu lorong dibuat gelap dengan suara air memercik keluar seakan ingin mengambarkan suasana seram saat tsunami terjadi. Di sini kamu bisa melihat foto-foto kondisi Banda Aceh usai tsunami. Kamu juga bisa melihat seluruh nama korban tsunami di sebuah ruangan pada museum ini. Bangunan seluas 2500 meter persegi ini kini menjadi pusat pendidikan serta objek wisata sejarah. Ada beragam video dokumentasi yang juga tersimpan di bangunan 4 lantai ini.

Berwisata ke Habitat Asli Orangutan di Tanjung Puting

Orangutan hanya ada di Indonesia, lho. Banyak wisatawan yang datang dari berbagai penjuru dunia hanya untuk melihat binatang langka ini. Yuk, kunjungi orangutan di Tanjung Puting, Kalimantan Tengah. Lokasinya berada di bagian tenggara Kabupaten Kotawaringin Barat di Provinsi Kalimantan Tengah. Tempat ini dikenal sebagai tempat konservasi orangutan. Taman nasional ini terdiri dari beragam hutan, dari hutan rawa gambut sampai hutan bakau dan pantai pesisir. Luas taman nasional ini diperkirakan sekitar 416.040 hektar. Kamu bisa ke taman ini dengan berangkat dari Kumai menggunakan speedboat. Kamu akan melewati Sungai Kumai hingga Sungai Sekonyer ke Camp Leakey. Perjalanan ini memakan waktu satu setengah jam.

Kamu juga bisa menemui beragam hewan di taman hutan ini. Ada orangutan sampai kera dan macan tutul. Kamu bahkan bisa menemukan beruang madu dan babi hutan serta rusa sambar di Tanjung Puting ini.

Kecantikan Gunung Kelimutu yang Tidak Boleh Dilewatkan

Berlokasi di Pulau Flores NTT, gunung ini ada di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu di Kabupaten Ende. Gunung cantik ini memiliki 3 danau yang tak kalah cantiknya. Danau Kelimutu memiliki 3 warna berbeda yang berubah seiring dengan beralihnya waktu, lho. Kawasan Gunung Kelimutu sudah menjadi kawasan konservasi alam sejak tahun 1992. Akses untuk mendekati danau cantik ini terdapat tangga dan jalan bebatuan. Tetap waspada dan hati-hati, ya!

Keindahan Panorama Kawah Dieng

Puncak kawah Dieng selalu menarik untuk dikunjungi. Kawasan pegunungan ini benar-benar mengundang decak kagum akan keindahannya dengan berbagai kawah yang berada di sekitarnya. Dari Kawah Sikidang hingga Kawah Candradimuka, semua siap membuatmu terpesona. Tak hanya wisata alam, di sini kamu juga bisa berwisata sejarah. Ada banyak candi yang bisa dikunjungi dan juga museum. Udara yang sejuk di kawasan Dieng juga akan membuatmu betah di sini. Kemudian ada juga Telaga Warna yang bisa kamu kunjungi kala mendatangi kawasan Dieng.

Mengunjungi Wisata Budaya di Pemakaman Trunyan

Kalau ke Bali jangan hanya mengunjungi Kuta saja, ya. Ada wisata adat yang bisa kamu kunjungi juga, nih. Namanya Desa Trunyan yang dikenal cukup unik. Desa ini lokasinya di daerah Kintamani. Desa ini terbilang unik karena memiliki tradisi pemakaman yang berbeda. Mereka yang mati dikuburkan secara terbuka di bawah pohon dan diletakkan begitu saja di atas tanah. Setelah itu anggota keluarga akan memberi sesaji di samping jenazah tersebut. 

Yang lebih unik lagi, jenazah tak berbau busuk meski diletakkan begitu saja. Hal ini karena ada pohon besar di tengah makam, yang bernama Taru Menyan dan pohon ini berbau harum. Menurut kepercayaan penduduk setempat, pohon berusia ribuan tahun ini lah yang menghilangkan bau busuk mayat. Berani mengunjungi tempat ini?

Menikmati Gua Unik di Gua Gong

Saat mengunjungi Pacitan jangan lewatkan berkunjung ke Gua Gong, ya. Kamu bisa mengunjungi gua ini dengan hanya berkendara 45 menit dari pusat Kota Pacitan. Untuk sampai ke mulut gua, kamu cukup jalan sekitar 200 meter saja dari tempat pertama kamu datang. Yang unik di Gua Gong ini adalah stalaktit dan stalagmit yang menjulang dengan guratan indah. Menariknya mereka dihias lampu warna warni yang semakin membuat interior gua cantik. Kamu tak perlu khawatir berjalan dalam gua, karena sudah ada tempat berjalan seperti tangga untuk pengaman. Terdapat 7 ruangan dalam gua ini. Di salah satunya ada batu gong yang jika dipukul mengeluarkan suara mirip gong.

Nah banyak kan tempat-tempat yang dapat anda kunjungi bersama keluarga untuk berlibur yang tidak kalah menyenangkan dari berlibur ke luar negeri.

(Artikel asli : https://bp-guide.id/AX1kpnc7 )

10 Tempat Wisata Lokal Yang Mengagumkan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Eka Frasisca

0 komentar:

Tentang GudangAlamat.Com

Selamat datang di gudangalamat.com situs penyedia pencarian alamat dan objek wisata di Indonesia dan dunia. Untuk mencari data alamat perusahaan maupun alamat lain yang ingin Anda cari, gunakanlah kolom pencarian alamat pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

Gudangalamat.com menyediakan direktori alamat perusahaan/kantor, database email dan nomor telpon penting di Indonesia, cari alamat perusahaan, cari nomer telepon, cari peta alamat dan lain sebagainya yang terangkum dalam database direktori alamat yang ada di gudangalamat.com