Sabtu, 25 November 2017

6 Rahasia Dibalik Perbedaan Ice Cream dan Gelato

Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini? Makanan ringan yang sangat cocok untuk di jadikan cemilan. Bagi pencinta Gelato pun pasti penasaran dengan apa kandungan yang ada didalam gelato. Pasti bertanya-tanya juga kenapa Gelato dan Ice Cream itu berbeda bukan? Gelato itu pleasure, jika membuatnya dengan baik dan benar," tutur penyelenggara kompetisi gelato dari perusahaan produsen mesin gelato Montebianco, Italia

Produksi gelato di negeri asalnya memang sangat diperhatikan. Proses pebuatan gelato lebih rumit jika dibandingkan dengan es krim. Namun, menurut Albert, jika kita menaati peraturan, dan disiplin terhadap resep yang benar, akan terasa mudah. Albert, dan Roberto Geraci, seorang Artisan dan Konsultan Gelato dari Italia, mau berbagi standar pembuatan gelato yang berasal dari negaranya.

1. Kandungan Udara 

Udara dalam gelato dan es krim ternyata menjadi komponen yang sangat penting. Namun, kandungannya jadi pembeda antara keduanya. "Gelato membutuhkan udara hanya 30 persen dari jumlah udara yang digunakan es krim untuk mengembang," kata Albert di sela-sela Gelato Competition, SIAL Interfood, Kamis (23/11/2017). Oleh karena itu, es krim lebih mengembang teksturnya, karena lebih banyak udara, dibanding gelato yang padat.

2. Kandungan Lemak 

Lemak juga jadi salah satu pembeda antara es krim dan gelato. Banyak yang bilang gelato lebih rendah lemak, tetapi berapakah nilai pastinya? "Lemak pada es krim maksimum 25 persen, sedangkan dalam gelato lemak tidak boleh lebih dari delapan persen," terang Roberto Geraci. Lemak dalam gelato tak hanya berasal dari susu dan kuning telur. Namun juga buah yang menjadi campurannya. Jika buah sudah menggandung banyak lemak seperti alpukat, maka lemak tambahan tak diperlukan lagi.

3. Kandungan Gula 

Gula dalam gelato sangat terukur keseimbangannya. Proporsi gula memang tidak boleh mengalahkan rasa alami dari buah atau campuran seperti cokelat dan lainnya. "Harusnya memang manis dari buah saja yang alami, tapi kalau buah dirasa kurang, baru ditambah gula. Semakin manis buah, maka gulanya semakin dikit," ujar Albert.

4. Bahan-bahan Alami Termasuk Susu 

Bahan-baha alami mutlak digunakan dalam pembuatan gelato di Italia. Bahkan perusahaan geato di Italia, lazim memiliki kebun buah sendiri untuk menjaga produksi campuran buahnya di gelato. "Susu yang terbaik tentu langsung dari peternakannya, maksimal tidak boleh lebih dari seminggu. Walaupun masih dibolehkan menggunakan susu UHT," kata Albert.

5. Mesin Sesuai Standar 

Terakhir menurutnya yang tak kalah menentukan iaah mesin pembuat gelato. Di dalam mesin tersebut, terjadi penggabungan udara dengan pecahan partikel kristal yang sangat kecil ukurannya. "Pemisahan partikel kristal es yang sangat kecil untuk gelato, sangat berpengaruh terhadap kelembutan dan halusnya tekstur gelato," ujar Albert. Untuk mesin industri sendiri ia menyarankan, idealnya yang bisa memproduksi sekitar lima liter gelato tiap 10 menit.

6. Standar Penyimpanan Suhu 

Gelato juga punya standar penyimpanan suhu. Tak heran jika Anda ingin membeli kulkas untuk gelato, harganya akan lebih mahal dibanding kulkas es krim. Karena kulkas gelato akan menjaga suhu gelato di dalamnya tetap konsisten minus 14 derajat celcius. Sedangkan es krim masih bisa di angka nol derajat celcius.

6 Rahasia Dibalik Perbedaan Ice Cream dan Gelato Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Eka Frasisca

0 komentar:

Tentang GudangAlamat.Com

Selamat datang di gudangalamat.com situs penyedia pencarian alamat dan objek wisata di Indonesia dan dunia. Untuk mencari data alamat perusahaan maupun alamat lain yang ingin Anda cari, gunakanlah kolom pencarian alamat pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

Gudangalamat.com menyediakan direktori alamat perusahaan/kantor, database email dan nomor telpon penting di Indonesia, cari alamat perusahaan, cari nomer telepon, cari peta alamat dan lain sebagainya yang terangkum dalam database direktori alamat yang ada di gudangalamat.com