Selasa, 14 November 2017

Gorontalo "Surga Terindah" Yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Liburan

Berbicara tentang potensi wisata, Gorontalo nggak mau ketinggalan dengan daerah-daerah Indonesia lainnya. Kota yang sering dijuluki sebagi “Kota Serambi Madinah” ini ternyata memiliki objek wisata yang beragam dan menarik untuk dikunjungi.


Belakangan ini mungkin anda pernah mendengar tentang Pulo Cinta yang disebut-sebut sebagai Maldives-nya Indonesia. Nah, pulau yang berbentuk hati tersebut ada di Gorontalo lho! Hmm, kalau ada yang sekeren itu harusnya lebih banyak lagi dong tempat wisata menarik di sana?
Yak, benar sekali! Penasaran apa saja objek wisata gorontalo yang menarik untuk di jelajahi? Kita Muda bakal kasih daftarnya buat kamu di bawah ini. Simak ya!

1. Menikmati keheningan alam di Air Terjun Hiyaliyo Da’a Gorontalo

Air Terjun Hiyaliyo Da’a (Ujung Hulu) atau Air Terjun Didingga adalah air terjun unik di Gorontalo yang wajib kamu kunjungi. Dengan tinggi sekitar 30 meter, airnya nggak langsung jatuh ke sungai, tapi turun mengaliri tebing secara rapi. Susana di air terjun ini masih alami dan masih “perawan” karena belum dijamah wisatawan.

Untuk bisa menikmati keindahan air terjun ini membutuhkan perjuangan. Pertama, kamu harus menempuh perjalanan selama 3 jam dari Kota Gorontalo ke desa Didingga. Setelah itu, kamu masih harus melewati hutan lindung dengan bantuan guide lokal dengan tarif seikhlasnya. Karena jalan menuju tempat ini masih rintisan dan medannya agak terjal, stamina kamu harus bagus ya.

2. Masih wisata air terjun, kali ini kita melipir ke Air Terjun Permai Taludaa

Air terjun ini juga salah satu air terjun yang masih “perawan” di Gorontalo. Suasana di sini sangat tenang dan pemandangannya luar bisa indah. Kamu juga bisa menjumpai banyak pohon buah-buahan karena air terjun ini berada di kawasan agrowisata Desa Taludaa.

 Nah, untuk bisa ke sini kamu membutuhkan waktu 3 jam berkendara dari Kota Gorontalo ke Desa Taludaa (lewat jalur selatan). Lalu, kamu harus berjalan kaki sejauh 2 km melewati perkebunan warga hingga masuk hutan. Perjuangan melewati hutan, menyisiri sungai, dan menaiki bukit akan terbayarkan saat kamu sampai dan menyaksikan keindahan alam di sini.

3. Berwisata sejarah sambil melihat Danau Limboto dari Benteng Otanaha

Benteng yang terletak di atas bukit ini adalah peninggalan sejarah yang dibangun bangsa Portugis. Kalau sekilas dilihat, benteng ini mirip Koloseum di Roma ya. Benteng ini berada di sebelah barat kota, yaitu di daerah Dembe I sekitar 8 Km dari Kota Gorontalo. Karena letaknya di atas bukit, kamu bisa menikmati panorama Kota Gorontalo dan Danau Limboto dari sini. Kalau ingin mengunjungi obyek wisata bersejarah ini, kamu bisa menempuh perjalanan dengan motor atau mobil selama 30 menit dari pusat kota. Untuk mencapai puncak benteng kamu harus menaiki 351 anak tangga dulu. Nah, untuk bisa merasakan keindahan Gorontalo di atas benteng kamu akan dikenakan tiket masuk Rp 5.000.

4. Kalau dilihat saja sih kurang puas, sempatkan juga untuk mengunjungi Danau Limboto

Danau ini harus jadi daftar wajib untuk di kunjungi karena pemandangan yang keren banget. Buat kamu yang suka foto-foto, di sini banyak objek menarik untuk diabadaikan. Kamu juga bisa memancing, berenang, keliling dengan menaiki perahu sampai berwisata kuliner menyantap berbagai masakan ikan hasil tangkapan warga di danau ini.

Akses menuju danau ini mudah kok, kamu cukup berkendara selama 45 menit dari Bandara Jalaluddin Gorontalo. Kalau kamu dari pusat kota, kamu harus menempuh perjalanan sejauh 2 km ke Kecamatan Limboto (lewat jalan Trans Batudaa-Bongomeme).

5. Berlayar ke Pulau Diyonumo, surga tersembunyi di Gorontalo

Pulau yang masih perawan dan fasilitasnya belum seperti tempat-tempat wisata lainnya. Meski begitu kamu bisa menikmati pemandangan pantai yang menawan di pulau ini. Apalagi kalau sedikit mendaki ke bagian bukitnya, kamu akan tercengang saat melihat hamparan rerumputan dan birunya air laut di sekitar pulau. Pas banget buat foto-foto deh!

Untuk mencapai pulau ini, kamu membutuhkan waktu sekitar 2—3 jam dari pusat Kota Gorontalo ke Kecamatan Sulamata. Dari Kecamatan Sulamata kamu akan meneruskan perjalanan ke Desa Deme 2 dan dari desa tersebut kamu akan naik perahu warga menuju pulau (hanya 15 menit saja kok!).

6. Mengintip kehidupan Suku Bajo di Desa Torosiaje

Desa yang didiami oleh suku Bajo, yang dikenal sebagai suku laut, ini dibangun di atas air. Meski pemukiman (rumah-rumah panggung) dibangun di atas air, desa ini memiliki lapangan bulu tangkis, gedung taman kanak-kanak, sekolah dasar, sekolah menengah pertama, dan masjid-masjid. Nah, kalau kamu ingin tahu serunya hidup dekat laut, tempat ini bisa menjadi pilihan. 

Butuh waktu sekitar tujuh jam dari Kota Gorontalo untuk menuju perkampungan di Kecamatan Popayato, Kabupaten Pohuwato ini. Setibanya di Popayato, perjalanan dilanjutkan dengan ojek perahu sekitar 10—15 menit menuju perkampungan di atas air.

7. Berenang bareng hiu paus di Pantai Botubarani

Kalau kamu ingin menikmati sensasi berenang dan memberi makan hiu paus, kamu bisa nih datang ke Pantai Botubarani kalau lagi liburan di Gorontalo. Kamu nggak perlu takut berenang dekat hiu karena mereka tergolong jinak dan ada nelayan yang siap menjadi guide.

Pantai ini lokasinya sangat dekat kok dengan Kota Gorontalo, sekitar 30—40 menitan berkendara dari Gorontalo ke desa Botubarani. Untuk melihat hiu paus yang hanya berjarak 20-30 meter dari tepi pantai, kamu harus menyewa perahu seharga Rp.15.000/per orang.

8. Menjelajah keindahan bawah laut Taman Laut Olele

Pecinta diving dan snorkeling wajib banget datang ke sini. Kamu akan dimanjakan dengan keindahan terumbu karang dan aneka spesies ikan di laut yang ada di kawasan Teluk Tomini ini. Selain Taman Laut Bunaken, tempat ini adalah salah satu surga bawah laut di Sulawesi. Taman Laut Olele berada di Desa Olele Kec. Kabila Bone, sekitar  ± 20 km dari Kota Gorontalo. Kamu bisa ke sini dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

9. Jalan-jalan ke pulau cantik tak berpenghuni, Pulau Saronde

Belum lengkap rasanya berkunjung ke Gorontalo kalau nggak singgah ke Pulau Saronde. Pulau seluas dua hektar ini memiliki pantai berpasir putih dengan laut yang jernih. Pantai Saronde adalah spot yang cocok untuk menikmati sunset.

Untuk menuju ke Saronde, kamu akan berkendara selama 2,5 jam dari Kota Gorontalo ke Pelabuhan Kwandang, Gorontalo Utara. Lalu, kamu akan menyeberang ke pulau dengan perahu ketinting selama 45 menit. Kalau berkunjung ke sini, kamu bisa menginap di cottage di atas laut atau menyewa tenda dan berkemah di alam terbuka.

10. Buat pasangan muda nih, Pulo Cinta bisa masuk bucket list kalian!

Ini dia pulau yang sering disebut-sebut Maldives-nya Gorontalo alias Pulo Cinta! Ehem, pulau ini sangat cocok buat para pasangan muda yang berbulan madu.  Untuk menikmati keindahan alam pulau ini dan menginap di resort cantik yang disediakan, kamu harus merogoh kocek yang cukup dalam. Tapi sepadan kok saat kamu bisa menikmati suasana tempat ini yang beneran mirip Maldives!

Akses ke sini nggak terlalu susah, kamu hanya membutuhkan 2 jam perjalanan dari pusat kota. Pertama-tama nih, dari Kota Gorontalo kamu harus ke Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalamo. Nah, setibanya di sana kamu cari Objek Wisata Bolihutuo dan naik perahu dari situ untuk menyeberang ke Pulo Cinta.

Gorontalo "Surga Terindah" Yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Liburan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Eka Frasisca

0 komentar:

Tentang GudangAlamat.Com

Selamat datang di gudangalamat.com situs penyedia pencarian alamat dan objek wisata di Indonesia dan dunia. Untuk mencari data alamat perusahaan maupun alamat lain yang ingin Anda cari, gunakanlah kolom pencarian alamat pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

Gudangalamat.com menyediakan direktori alamat perusahaan/kantor, database email dan nomor telpon penting di Indonesia, cari alamat perusahaan, cari nomer telepon, cari peta alamat dan lain sebagainya yang terangkum dalam database direktori alamat yang ada di gudangalamat.com