Kamis, 29 Maret 2018

3 Festival yang Patut Anda Datangi Ketika Ke Maluku Utara

Menikmati liburan merupakan salah satu hal yang selalu wajib dilakukan dikala memiliki waktu luang untuk menghilangkan stress dan penatnya kesibukan sehari-hari. Banyak sekali tempat wisata di Indonesia yang bisa menjadi referensi liburan anda bersama keluarga maupun teman-teman anda. Salah satu daerah yang terkenal dengan wisatanya ini wajib anda kunjungi. Seperti yang dikatakan oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya bahwa ada 3 dari 33 event pariwisata di Maluku Utara yang menjadi andalan nasional. Maluku utara memang terkenal dengan pesona wisata yang indah maka tak heran jika eventnya pun masuk sebagai Top Calender of Event Wonderfull Indonesia 2018.


"Tahun ini tiga dari ke 33 eventnya Maluku Utara masuk jadi top 100 Calendar of Event Nasional," ujar Arif Yahya saat sambutan di acara peluncuran Calendar of Event Maluku Utara, di Kementerian Pariwisata, Jakarta, Rabu (14/2/2018). Tiga acara pariwisata unggulan nasional tersebut ialah Festival Teluk Jailolo, Festival Tidore, dan Festival Kora-kora. Menpar berharap ketiganya bisa jadi contoh dan parameter ke 30 event lainnya. "Ketiga unggulan ini sudah dikurasi oleh para kurator, dilihat ketepatan waktunya, konsistensinya, juga cultural and comercial valuenya. Harus jadi contoh," ungkap Arief Yahya.

1. Festival Teluk Jailolo 

Festival Teluk Jailolo akan berlangsung di Jailolo, Halmahera Barat, Maluku Utara, kembali digelar pada tanggal 3-5 Mei 2018. Tahun ini, Festival Teluk Jailolo yang merupakan festival tahunan yang memasuki tahun ke-10. Festival ini bisa dibilang paket lengkap, karena cukup banyak rangkaian acaranya, yang meliputi budaya hingga kuliner. Secara garis besar menjadi empat rangkaian acara besar, mulai Ritual Budaya, Atraksi Budaya, Gelar Seni Budaya Moloku Kie Raha dan acara puncak Sasadu On The Sea. Bagi wisatawan, tak hanya bisa menikmati suguhan berbagai penampilan hingga kuliner, tetapi juga bisa ikut serta di berbagai lomba. Mulai underwater competition, fun dive, fun bike, dan Ekspedisi Talaga Rano.

2. Festival Tidore 

Festival Tidore di Kota Tidore Kepulauan ini sekaligus merayakan hari hari jadi Kota Tidore. Tahun ini serangkaian acara dalam festival tersebut berlangsung mulai 23 Maret-12 April 2018. Festival ini sebagai upaya menggali, mengembangkan sekaligus melestarikan warisan sejarah budaya Kesultanan Tidore dan memperkenalkan serta mempromosikan Tidore dengan seni, alam dan budaya sebagai daya tarik wisatawan. Festival ini memiliki tiga agenda utama, mulai Parade Juanga (keliling pulau dengan kapal formasi perang oleh sultan dan bala tentaranya), Perjalanan Paji (keliling pulau di darat dengan formasi perang menceritakan revolusi Sultan Nuku), dilanjut dengan Kirab Agung Kesultanan Tidore.

3. Festival Kora-kora 

Festival Kora-kora tahun ini digelar mulai 1-3 Desember 2018, untuk memeriahkan peringatan Hari Jadi Ternate yang ke 768. Umumnya diisi dengan kegiatan bahari sehingga sekaligus sebagai sarana untuk membangkitkan semangat bahari di masyarakat Ternate. Sejumlah kegiatan menarik akan tersaji seperti lomba mancing tradisional, lomba foto bawah laut, lomba dayung perahu kora-kora dan pawai perahu kora-kora hias. Berbagai kegiatan umumnya dipusatkan di Pantai Ternate. Khusus lomba foto bawah laut tersebar di sejumlah titik penyelaman yang selama ini dikenal memiliki panorama bawah laut yang sangat menarik, di antaranya di Pulau Hiri. 

3 Festival yang Patut Anda Datangi Ketika Ke Maluku Utara Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Eka Frasisca

0 komentar:

Tentang GudangAlamat.Com

Selamat datang di gudangalamat.com situs penyedia pencarian alamat dan objek wisata di Indonesia dan dunia. Untuk mencari data alamat perusahaan maupun alamat lain yang ingin Anda cari, gunakanlah kolom pencarian alamat pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

Gudangalamat.com menyediakan direktori alamat perusahaan/kantor, database email dan nomor telpon penting di Indonesia, cari alamat perusahaan, cari nomer telepon, cari peta alamat dan lain sebagainya yang terangkum dalam database direktori alamat yang ada di gudangalamat.com