Kamis, 08 November 2018

Ternyata 6 Penyakit Ini Berpotensi Besar Sebabkan Gagal Jantung

Kasus gagal jantung di Indonesia setidaknya mencapai angka hingga 150 ribu setiap tahunnya, tentunya bukan angka yang bisa dianggap kecil. Apalagi gagal jantung ini bukan jenis penyakit yang bisa diremehkan, angka kematiannya begitu tinggi, mengingat belum ada pengobatan yang benar-benar efektif bisa mengatasinya. Ingat jantung adalah organ tubuh manusia yang paling vital, memiliki peran begitu penting dalam mengatur aliran darah ke seluruh tubuh, sehingga ketika terjadi kerusakan, maka berpengaruh pada kinerja bagian tubuh lainnya.

Gagal jantung adalah sebuah kondisi dimana organ tubuh ini tak lagi bisa memompa darah sebagaimana mestinya, kian waktu kemampuannya dalam memompa darah menjadi lambat, bahkan bisa sama sekali tidak dapat digunakan memompa darah. Sebenarnya terjadinya penyakit yang satu ini bisa dipicu oleh berbagai macam hal, diantaranya adalah riwayat dari penyakit-penyakit lain, seperti diantaranya adalah:



1. Jantung koroner, penyakit ini dipicu karena konsumsi makanan yang banyak mengandung lemak jahat atau istilahnya adalah kolesterol, sehingga menyebabkan pembuluh darah ditumpuki dengan senyawa tersebut, ketika terjadi penyempitan pembuluh darah nantinya aliran darah juga berlangsung tidak normal, semakin lama semakin sulit sehingga membuat jantung harus bekerja ekstra untuk memompanya, sehingga elastisitas dari pembuluh darah juga terus mengalami penurunan, akibatnya bisa memicu gagal jantung.

2. Aritmia, jantung bekerja sesuai dengan ritmenya, ketika terjadi perubahan ritme dari kinerja jantung ini, bisa jadi terlalu cepat atau sebaliknya menjadi terlalu lambat, kondisi ini juga tak bisa dianggap remeh, karena bisa memicu terjadinya kerusakan jantung.

3. Cacat jantung, biasanya kondisi yang satu ini sudah terjadi sejak lahir, ketika berada di dalam kandungan perkembangan janin tersebut tidak berjalan secara optimal, karena kurangnya asupan nutrisi yang dikonsumsi oleh ibu hamil, ataupun bisa juga terjadi disebabkan oleh infeksi dari bakteri atau virus pada janin sehingga bayi yang lahir mengalami cacat jantung.

4. Diabetes, meningkatkan kadar gula yang ada dalam darah bukan hal yang bisa dianggap sepele, karena kenyataannya hal ini dapat memicu kerusakan pembuluh darah, menyebabkan penderitanya mengalami kebocoran pembuluh darah, bagian yang paling sering mengalami hal tersebut adalah pada daerah sekitar jantung, sehingga tak bisa dipungkiri jika penderita penyakit diabetes juga berpotensi tinggi mengalami kondisi gagal jantung.

5. Hipertensi, penyakit yang rentan menyerang orang-orang lanjut usia, bukan hal yang dapat dianggap remeh, tekanan darah tinggi sepenuhnya memang kesalahan dari diri sendiri, karena kebanyakan diantaranya terjadi pengaruh pola hidup yang tidak sehat, jarang melakukan aktivitas fisik atau olahraga sampai dengan tidak pernah memperhatikan pola makan, akibatnya tekanan darah menjadi tinggi dan dapat memicu kerusakan organ kardiovaskuler.

6. Kerusakan pada katub jantung, jantung dibekali dengan sebuah katub yang bekerja secara otomatis menutup dan juga membuka untuk memastikan darah bisa mengalir ke seluruh bagian tubuh, juga memisah-misahkan antara darah yang kaya akan kandungan oksigen juga darah yang miskin oksigen.

Ketika katub mengalami kerusakan secara otomatis mekanisme aliran darah ini berjalan tidak normal. Sehingga darah yang mengandung oksigen dan nutrisi tercampur dengan darah yang miskin oksigen, mempengaruhi kinerja bagian tubuh yang lainnya.

Waspadai karena bisa jadi 6 kondisi tersebut nantinya akan berakibat pada gagal jantung. Kerusakan pada jantung agaknya bukan hal yang bisa dianggap remeh, karena resiko kematiannya yang begitu tinggi.

Ternyata 6 Penyakit Ini Berpotensi Besar Sebabkan Gagal Jantung Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Tri Haryadi

0 komentar:

Tentang GudangAlamat.Com

Selamat datang di gudangalamat.com situs penyedia pencarian alamat dan objek wisata di Indonesia dan dunia. Untuk mencari data alamat perusahaan maupun alamat lain yang ingin Anda cari, gunakanlah kolom pencarian alamat pada kotak telusur dibagian atas sebelah kanan dengan cara memasukkan kata kunci yang ingin Anda cari.

Gudangalamat.com menyediakan direktori alamat perusahaan/kantor, database email dan nomor telpon penting di Indonesia, cari alamat perusahaan, cari nomer telepon, cari peta alamat dan lain sebagainya yang terangkum dalam database direktori alamat yang ada di gudangalamat.com